Informasi

Pengertian Heatsink, Fungsi dan Cara Kerja Heatsink Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian Heatsink, Fungsi dan Cara Kerja Heatsink Pada Komputer Lengkap – Heatsink adalah komponen pada komputer maupun laptop yang yang digunakan untuk mendinginkan komponen tertentu yang berusaha untuk dilindungi.

Heatsink merupakan alat pengendali panas pasif yang menyerap panas yang dipancarkan atau dihasilkan oleh komponen elektronik lalu dipindahkan ke media fluida di sekitarnya, bisa berupa udara maupun cairan. Umumnnya heatsink juga dilengkapi dengan kipas untuk membantu proses pendinginan.

Komponen komputer dan laptop yang umumnya dilengkapi oleh processor (CPU) dan kartu grafis (VGA). Pada komputer yang memiliki spesifikasi tinggo atau server tidak jarang juga menambahkan heatsink pada bridge dan juga RAM.

Fungsi Heatsink

Fungsi utama heatsink yaitu untuk mengendalikan atau mendinginkan temperatur pada komponen komputer dan laptop yang melakukan aktivitas berat menghasilkan banyak energi panas. Tugas utama digunakannya heatsink ini yaitu untuk menjaga temperatur CPU dan VGA.

Selain mendinginkan komponen laptop dan komputer, heatsink juga berperan dalam operasional perangkat kompuetr atau laptop agar bisa dijalankan. Apabila kondisi CPU terlalu panas akibat kondisi heatsink yang sudah buruk, maka jangankan meningkatkan performa program yang terinstall, memulai komputer maupun laptop tidak akan bisa karena umumnya komputer dan laptop telah diberi kode pengaman pada sistem BIOS-nya untuk mendeteksi anomali pada perangkatyang kita gunakan. Salah satu hal penting yang dijadikan indikator pengaman sistem yaitu temperatur CPU.

Apabila temperatur CPU pada komputer atau laptop terlalu tinggi, maka perangkat akan melakukan auto shutdown untuk memastikan tidak terjadi kerusakan pada komponen. Jika komputer atau laptop sering mendadak restart sendiri, bisa jadi hal tersebut terjadi karena kinerja heatsink telah menurun. Apabila terlalu sering terjadi hal tersebut, disarankan untuk mengganti heatsink agar komponen komputer atau laptop aman.

Selain itu, heatsink juga berfungsi membantu mencegah kerusakan data. Apabila sedang mengerjakan sesuatu menggunakan komputer atau laptop dan ternyata temperatur CPU terlalu tinggi, maka perangkat akan melakukan auto restart atau mungkin auto shutdown. Jika hal tersebut terjadi dan belum sempat menyimpan hasil kerja maka akan berpotensi terhadap kerusakan data kerja anda.

Pada umumnya, kondisi heatsink masih cukup baik hingga 3 tahun pemakaian secara normal.

Cara Kerja Heatsink

Cara kerja heatsink dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu active heatsink dan passive heatsink. Pada dasarnya, heatsink bekerja dengan cara memindahkan panas dari komponen komputer tertentu seperti CPU dan VGA ke udara bebas. Dengan terbebasnya panas dari komponen tersebut, maka kinerjanya juga akan optimal. Proses pemindahan panas ini menerapkan prinsip ilmu fisik, dimana panas dapat dipindahkan melalui 3 cara yaitu konveksi, radiasi, dan konduksi. Heatsink bekerja dengan mengombinasikan metode konduksi dan konveksi.

Heatsink VGA umumnya dilengkapi dengan kipas yang sudah menempel langsung pada heatsink tersebut. Heatsink dengan kipas tersebut disebut dengan passive heatsink karena kipas pada heatsink jenis ini langsung terkoneksi pada rangkaian besi heatsinknya.

Sedangkan heatsink CPU tidak memiliki kipas yang terintegrasi secara langsung tapi jika CPU dibuka maka akan ditemukan CPU di bawah rangkaian heatsink yang lengkap dengan kipasnya. Jika dibuka heatsink tersebut akan mendapati CPU dilindungi oleh pasta. Pasta tersebut merupakan media heatsink, dimana termasuk media cair. Panas yang dihasilkan CPU akan ditransfer ke pasta CPU tersebut lalu diteruskan pada logam heatsink yang ada di atasnya. Heatsink pada CPU ini disebut active heatsink karena kipas yang ada pada rangkaian komponen heatsink tidak terintegrasi secara langsung pada perangkat yang didinginkan. Selain itu, heatsink pada CPU juga mempunyai kipas yang mendapat daya dari koneksi motherboard atau dikatakan tidak memperoleh daya melalui CPU.

Demikian artikel tentang “Pengertian Heatsink, Fungsi dan Cara Kerja Heatsink Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares