fbpx

Informasi

Pengertian Web Browser, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Web Browser Lengkap

By

on

Pengertian Web Browser, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Web Browser Lengkap – Web Browser atau penjelajah web, peramban web atau penelusur web adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Pengertian web browser adalah suatu aplikasi yang dapat menjelajahi, mengambil, dan menyajikan konten yang terdapat pada berbagai sumber informasi di jaringan internet (WWW).

Selain itu, pengertian web browser adalah suatu perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pengakses, penerima, serta penyaji informasi yang ada di internet.

Lebih singkatnya, definisi web browser adalah alat penjelajah halaman situs website di internet. Web browser ini bisa mengidenifikasi sumber informasi dengan mengidentifikasi sumber seragam berupa halaman website, video, gambar, atau jenis konten lainnya.

Fungsi Web Browser

Fungsi utama web browser yaitu untuk membuka suatu halaman website di internet. Selain itu, fungsi web browser diantaranya yaitu:

  • Memastikan keamanan suatu website.
  • Mendukung permintaan data.
  • Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan.
  • Mendukung penggunaan mesin pencari (search engine).

Manfaat Web Browser

Adapun manfaat web browser diantaranya yaitu:

  • Memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai informasi di internet.
  • Dapat membuat pengguna menyimpan berbagai konten yang ada dalam internet ke dalam dokumen komputer.
  • Dapat digunakan untuk membuka berbagai situs yang bermanfaat bagi kegiatan manusia.

Cara Kerja Web Browser

Agar dapat mengakses web browser tertentu di perangkatnya, maka pengguna tersebut harus menginstal software atau aplikasi web browser ke dalam perangkatnya terlebih dahulu. Hanya dengan cara ini sebuah web browser bisa dijalankan di perangkat (komputer, laptop, gadget).

Setelah software web browser terinstall, selanjutnya pengguna bisa membuka aplikasi tersebut. Setelah membuka web browser, pengguna bisa mengetikkan alamat website pada bagian address bar di laman web browser.

Setelah memasukkan alamat website dan eksekusi (enter) maka aplikasi web browser akan bekerja dan mengambil data dari website yang dituju, biasanya dalam kode html. Kemudian, browser akan diarahkan pada halaman yang dituju, misalnya memasukkan Google.co.id maka browser akan mengakses dan membuka website Google setelah melalui verifikasi.

Contoh Web Browser

Berikut ini beberapa contoh web browser diantaranya yaitu:

  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Opera
  • Safari

Itulah informasi tentang Pengertian Web Browser, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Web Browser Lengkap , semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares