Informasi

Pengertian Output Device, Fungsi dan Macam Jenis Output Device Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian Output Device, Fungsi dan Macam Jenis Output Device Pada Komputer Lengkap – Output Device atau perangkat keluaran adalah peranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer.

Output device atau perangkat keluaran adalah sebuah komponen perangkat yang merupakan bagian dari personal komputer, output device merupakan perangkat yang bertugas untuk menampilkan data yang telah di proses oleh bagian processor, sebelumnya data di ambil oleh perangkat masukan atau input device.

Output komputer atau output devices merupakan suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suatu keluaran/tampilan seperti grafik, gambar, kertas atau hard copy.

Macam-Macam Output Device Pada Komputer

Berikut jenis-jenis output device pada komputer diantaranya yaitu:

Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang menggunakan komputer.

Printer

Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.

Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.

Projector

Proyektor atau Projector adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

Network Card

Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.

Tv Tuner Card

Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.

Modem

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.

BACA JUGA :  Cara Menggunakan Music Timer di iOS 12 Atau Yang Lebih Lawas, Mudah!

Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.

Microphone

Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini berfungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

Sound Card

Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.

Headset/Headphone

Headset/Headphone adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah di sistem oleh komputer.

Plotter

Plotter adalah suatu output komputer seperti sebuah printer yang berfungsi untuk melakukan percetakan berupa hard copy dari desain digital yang sebelumnya sudah dilakukan penyetelan.

CD/DVD ROM

CD/DVD ROM adalah media yang digunakan untuk membaca suatu data atau dokumen yang berada dalam keping CD atau DVD, selain berfungsi sebagai media untuk membaca keping CD, CD/DVD Rom juga berfungsi sebagai media untuk melakukan penyalinan data dari komputer ke keping CD/DVD dengan metode pembakaran (burning) yang dibantu dengan perangkat lunak pendukungnya.

Itulah informasi tentang”Pengertian Output Device, Fungsi dan Macam Jenis Output Device Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya:
BACA JUGA :  Cara Download Video Live Streaming Instagram Orang Lain, Sangat Mudah!

You must be logged in to post a comment Login

Shares