Informasi

Pengertian Input Device, Fungsi dan Macam-Macam Input Device Lengkap

By

on

Pengertian Input Device, Fungsi dan Macam-Macam Input Device Lengkap – Input Device atau Peranti Masukan adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer.

Secara umum, pengertian input device adalah perangkat masukan pada personal komputer yang berfungsi untuk memasukkan perintah dari pengguna komputer baik berupa perintah teks, gambar, maupun suara yang nantinya akan diolah kembali oleh perangkat processing untuk di tampilkan oleh perangkat penampil atau output device.

Macam Macam Input Device

Berikut ini macam-macam input device atau perangkat masukan diantaranya yaitu:

Keyboard

Keyboard atau papan ketik adalah sebuah perangkat input yang bersifat primer bagi setiap komputer, maksudnya setiap pengguna komputer pasti membutuhkan keyboard untuk mengoperasikan komputernya, berbeda dengan mouse yang juga sama-sama perangkat input, karena tanpa mouse komputer masih bisa di operasikan, namun jika tanpa adanya keyboard komputer akan sulit untuk di operasikan.

Keyboard merupakan perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+V yang berfungsi untuk memberi perintah Paste (tempel) pada komputer.

Mouse

Mouse atau alat klik dan kursor adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse yaitu untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

BACA JUGA :  Cara Nelpon Gratis di Android Dengan Bluetooth Tanpa Pulsa dan Internet, Sangat Mudah!

Webcam

Webcam atau kamera portable adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam ini yaitu untuk melakukan video call (panggilan video) bahkan juga bisa digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini sudah dilengkapi dengan web cam.

Joystick

Joystick atau alat bermain game adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

Scanner

Scanner atau alat pengganda hard copy adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar ataupun file PDF.

Barcode scanner

Barcode scanner atau alat pemindai kode barcodeadalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya yaitu untuk memindai barcode. Barcode yaitu kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

Flashdisk

Flashdisk atau penyimpanan portable merupakan jenis input komputer tidak langsung yang berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat portable. Flashdisk juga bisa digunakan sebagai media untuk menyalin suatu data dari komputer satu ke komputer yang lainnya, atau hanya dari komputer ke flashdik.

Selain diatas, berikut input device lainnya:

  • Fingerprint (Pemindai Sidik Jari)
  • Touchpad
  • Trackball
  • Light Pen
  • Microphone dan Headphone
  • Graphic Pad
  • CD atau DVD
  • CD/DVD ROM
  • Card Reader
  • Kabel Data
BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Iklan Yang Mengganggu Di Browser Dengan Mudah

Itulah informasi tentang”Pengertian Input Device, Fungsi dan Macam-Macam Input Device Lengkap“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares