jaringan komputer

Jenis Jenis Kabel yang Digunakan Pada Jaringan Komputer

By

on

Pro.Co.Id – Apakah yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer merupakan sebuah interkoneksi (saling keterhubung) antara kelompok komputer satu dengan kelompok komputer lainnya. Dengan menggunakan jaringan komputer, komputer komputer akan menjadi satu-kesatuan untuk dapat saling mengakses dan bertukar data tanpa harus ribet membawa usb dan perangkat lainnya untuk memindahkan data antara komputer satu ke komputer lainnya. Namun bagaimanakah cara untuk terhubung menggunakan jaringan komputer? Saat ini mungkin anda sudah akrab sekali dengan jaringan komputer berbasis wireless, perlu di ingat bahwa sebelum adanya jaringan wireless untuk terhubung dalam jaringan komputer masih menggunakan jaringan kabel. Simak penjelasan selanjutnya terkait jaringan kabel dibawah ini.

Jaringan kabel adalah sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media utama dalam melakukan transmisi paket data. Koneksi jaringan menggunakan kabel dapat diterapkan pada hampir seluruh jenis jaringan, Kabel jaringan saat ini masih banyak digunakan meskipun sudah ada alternatif lain yaitu menggunakan jaringan wireless. Alasan yang mendasari jenis jaringan ini masih banyak digunakan secara luas karena jaringan kabel mampu menyuplai kebutuhan jaringan hingga kedaerah pelosok, yang belum teraskes point secara wireless. Biaya untuk membagun jaringan kabel masih jauh lebih murah dibanding membangun jaaringan wirelees. Jaringan kabel cenderung lebih stabil dalam mentransmisikan data, dan jaringan komputer juga cenderung tidak terpengaruh cuaca.

Selain alasan alasan diatas, pada jaringan komputer pula memiliki beberapa kelemahan, antara lain :

  • Membutuhkan jumlah kabel yang cukup banyak untuk membangun suatu jaringan dan juga besar
  • Penempatan kabel harus diperhatikan, hal ini dilakukan untuk meng antisipasi kabel agar terhindar dari gigitan hewan atau masalah yang lainnya.
  • Karena melibatkan banyak kabel maka terkadang banyak kabel yang terlihat tidak rapih dan berantakan

Fungsi dari sebuah jaringan kabell itu sendiri adalah mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel. Dengan adanya jaringan kabel ini, maka sebuah jaringan bisa dibangun hanya dengan cara mengkoneksikan kabel dengan server, client, dan juga perangkat keras jaringan lainnya.

Terdapat tiga jenis kabel dalam jaringan yang dapat digunakan untu membentuk suatu jaringan, Ketiga jenis kabel tersebut adalah Kabel Coaxial, Kabel Twisted Pair, dan Kabel Fiber Optik. Penjelasan lengkapnya simak uraian dibawah ini.

Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar, yang letak penghantarnya berada dibagian tengah kabel dan dikelilingi oleh penghatar yang satu dengan pola melingkar. Prinsip kerja kabel Coaxial yaitu dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber tujuan. Saat ini kabel coaxial hampir tidak digunakan lagi dalam jaringan komputer karena port konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.

kabel coaxial

Kabel coaxial merupakan jenis kabel yang terdiri dari kawat tembaga, yang dilapisi oleh isolator, konduktor, dan kemudian pada bagian luar dari kabel coaxial ini dilindungi dengan menggunakan bahan PVC. Sekilas, kabel coaxial ini juga sama seperti kabel antenna televisi.

Kelemahan kabel coaxial

– Memiliki jaringan transmisi data yang terbatas
– Jaringan menggunakan kabel dinilai kurang fleksibel
– Memiliki jangkauan yang terbatas

Kabel Twisted Pair

Kabel twisted pair merupakan kabel yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan/berlilitan dan membentuk spiral. Cara kerja kabel ini mirip dengan kabel coaxial yaitu dengan menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel jenis ini merupakan jenis kabel yang umun digunakan untuk membuat sebuah jaringan local atau LAN.

Kabel twisted pair mempunyai tiga jenis kabel utama, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair), FTP (Foiled Twisted Pair).

kabel twisted pair

Kabel UTP
Kabel UTP dalam penggunaannya didukung sebuah perlindungan proteksi dari kumpulan spiralnya. Kabel ini tidak memiliki perlindungan didalam bagian kabelnya, maka jenis kabel UTP ini memiliki kelemahan utama, yaitu rentan dan sensitive terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel jenis ini banyak digunakan pada kabel jaringa telepon, dan jaringan LAN kapasitas kecil.

Kabel FTP
FTP memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP, karena lapisan kabelnya dilindungi oleh semacam foil, sehingga hal ini membuat kabel jenis FTP memiliiki ketahanan yang lebih baik terhadap noise dan gangguan magnetic dibandingkan dengan kabel UTP.

Kabel STP
Kabel STP juga memiliki perlindunga didalam kabelnya mirip dengan kabel FTP namun yang membedakan hanya pada bahan yang digunakan untu melapisi susunan kabel twisted pair nya saja. Kabel STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

Kabel Fiber Optik

Jenis kabel jaringan ini merupakan jenis kabel yang tediri atas kumpulan serat-serat fiber dengan ukuran yang lebih kecil dan juga lebih fleksibel dibandingkan dengan kabel twisted pair. Pada awalnya kabeil ini hanya digunakan untuk keperluan khusus seperti penggunaan pada jaringan backbone pada suatu perusahaan besar. Namun lambat laun kabel ini populer dan digunakan untuk keperluan jaringan secara umum.

kabel fiber

Meskipun kabel fiber optic banyak digunakan secara luas, namun pada kabel ini terdapat pula kelebihan dan kekurangan. Tabel berikut merupakan bebrapa kelebihan dan keungggulan yang dimiliki kabel fiber optic .

KelebihanKekurangan
Mampu mentransmisikan sinyal dengan kecepatan tinggiHarga instalasi yang tinggi
Simple dan juga fleksibelTidak semua provider mau mendukung jaringan menggunakan fiber optic
Dapat mentransmisikan sinyal cahayaApabila digunakan pada jaringan sederhana dan kecil, tidak akan berpengaruh banyak
Tahan terhadap gelombang radioKecepatan transmisi masih dibatasi oleh provider

Kesimpulan

Secara umum dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan berupa perbedaan yang dimiliki oleh masing masing jenis kabel jaringan, antara lain.

Perhatikan tabel dibawah ini

Kabel CoaxialKabel Twisted PairKabel Fiber Optic
Dapat digunakan untuk jaringan dengan topologi bus dan juga ringHarga relative jauh lebih murahMampu mentransmisikan data lebih cepat dan optimal
Memiliki kapasitas transmisi data yang terbatasMudah diperolehTahan terhadap gangguan magnetic dan gelombang radio
Sudah jarang digunakan dan didukung oleh perangkat keras jaringanInstalasi yang tidak repotMemilki biaya atau cost investasi yang sangat mahal
Sayangnya untuk jenis UTP, tidak memiliki ketahanan terhadap noise atau gangguan magnetik

Itulah penjelasan yang dapat disampaikan seputar jenis jenis kabel jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Pro.Co.Id

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares