Informasi

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 Paling Mudah

By

on

Kursor yang hilang di Windows merupakan masalah yang sering terjadi dan cukup membuat bingung pengguna. Apalagi jika kursor tiba-tiba hilang ketika komputer/laptop sedang digunakan untuk bekerja, pasti sangat mengganggu dan membuat pekerjaan kita menjadi terhambat. Untuk itu kita mengetahui cara mengatasi kursor hilang di Windows, baik di Windows 10, 8, 8.1 ataupun Windows 7.

Kursor merupakan fitur penting dalam komputer/laptop yang digunakan sebagai perantara untuk melakukan aktivitas seperti membuka, menutup, menunjuk, berbagai aplikasi yang terdapat pada komputer/laptop. Dengan kursor, kita dapat melakukan berbagai perintah dengan mudah dan nyaman.

Jika kursor dalam komputer/laptop hilang, maka aktivitas kita menjadi terganggu saat menggunakan Komputer/laptop. Secara umum masalah ini terjadi karena beberapa sebab seperti error pada saat komputer/laptop dinyalakan atau komputer dalam keadaan hang. Selain itu masalah hilangnya kursor juga disebabkan karena mouse yang bermasalah atau touchpad tidak berfungsi khusus bagi pengguna laptop. Jika demikian, maka kali ini kita akan memberikan cara mengatasi kursor hilang di Windows.

Baca Juga : Cara Blokir Program/Aplikasi dengan Windows Firewall

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 

1. Gunakan Tombol Function

Cara paling simpel untuk mengatasi kursor hilang di Windows yaitu dengan menggunakan tombol function di Keyboard. Tombol function disetiap keyboard laptop memiliki fungsi yang berbeda-beda, jadi silahkan coba satu persatu tombol hingga akhirnya menemukan tombol yang berfungsi untuk menyembunyikan atau menampilkan kursor mouse. Tombol function sendiri yaitu tombol F1, F2 dan seterusnya yang berada di bagian atas keyboard.

2. Gunakan Mouse USB

Bagi pengguna laptop, masalah kursor hilang di Windows biasanya terjadi karena sistem bug sehingga menyebabkan touchpad tidak berfungsi dan mengakibatkan kursor hilang. Untuk itu, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu cukup dengan menggunakan mouse USB.

3. Restart Komputer

Kursor yang tidak terdeteksi bisa saja sebuah pertanda adanya sistem komputer yang sedang tidak merespon. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kursor yang hilang di Windows selanjutnya bisa dengan cara melakukan restart komputer/laptop.

Karena kursor sedang tidak berfungsi, maka cara melakukan restart digunakan dengan mengunakan bantuan tombol kombinasi keyboard, yaitu:

  • Restart dengan cara tekan tombol kombinasi Alt + F4.
  • Lalu cari Restart melalui tombol power dengan menggunakan bantuan kursor di keyboard.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Monitor Out of Range di Komputer Windows .

4. Cek Pengaturan Kursor

Kursor hilang di layar monitor juga disebabkan karena adanya kesalahan pada pengaturan sistem Device and Printer. Untuk mengatasinya, simak langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama buka Control Panel 
  • Pilih Hardware and Sound, lalu pilih Device and Printer, lalu Mouse dan Pointer Option.
  • Selanjutnya hapus centang pada opsi “Hide Pointer While Typing”.
  • Selesai.

Dengan melakukan cara ini, maka akan otomatis muncul dengan sendirinya.

5. Update Driver Mouse atau Touchpad

Mouse atau Touchpad memiliki driver yang jika tidak terinstall dengan baik atau kadaluarsa dapat menyebabkan masalah, salah satunya kursor yang tiba-tiba hilang di layar windows. Jika demikian, maka cara mengatasi kursor hilang di Windows yaitu dengan mengupdate atau menginstall ulang driver kursor.

Setiap merk laptop memiliki jenis driver yang berbeda-beda. Dengan begitu, anda harus hati-hati ketika melakukan download driver kursor. Download driver yang sesuai dengan merk laptop yang anda gunakan. Untuk memudahkan anda, berikut ini kumpulan link download driver kursor pada jenis-jenis merk laptop.

  • Acer (http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers)
  • Axioo (http://www.axiooworld.com/region/index.php?act=download&goto=download)
  • Toshiba (http://support.toshiba.com/drivers)
  • Dell (http://support.dell.com/support/downloads/index.aspx?c=us&l=en&s=gen)
  • HP (http://www8.hp.com/us/en/support-drivers.html)
  • Advan (http://advandigital.com/download.php)
  • Zyrex (http://www.zyrex.com/index.php/download-driver.html)
  • Sony (http://www.sony.co.id/section/downloads)
  • Lenovo (http://www.307.ibm.com/pc/support/site.wss/product.do?doctypeind=9&template=/productselection/landingpages/downloadsDriversLandingPage.vm&sitestyle=lenovo)

Setelah berhasil melakukan download driver, selanjutnya install driver seperti biasanya dan restart laptop anda.

6. Reinstall Driver

Jika sebelumnya anda pernah melakukan proses install driver dan terjadi masalah kursor hilang, bisa jadi disebabkan karena driver yang bermasalah. Untuk itu cara mengatasi kursor hilang bisa dilakukan dengan melakukan reinstall melalui Device Manager seperti dibawah ini.

  • Buka menu RUN dengan tekan tombol Win+R
  • Lalu ketikkan “devmgmt.msc“ dan tekan Enter
  • Tekan tombol Tab, lalu gunakan kursor panah untuk membuka menu
  • Mice and orther pointing devices
  • Tekan ENTER pada Driver Mouse
  • Buka pada tab Driver, dan tekan tombol Update Driver.
  • Tunggu hingga proses selesai, lalu restart komputer anda.

7. Install Ulang Windows

Jika dengan beberapa cara diatas, belum bisa mengatasi masalah kursor hilang di Windows, maka cara paling yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan proses install ulang windows.

Biasanya dengan melakukan proses install ulang, masalah kursor yang tadinya hilang bisa teratasi. Install ulang juga dilakukan untuk memperbaiki sistem yang rusak.

Baca Juga : Cara Install Ulang Windows 7, 8, 8.1, dan 10

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Kursor Hilang di Windows. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login