Cara Mengatasi windows Explorer Error "Not responding & Has stopped working" Paling Mudah | Pro.Co.Id

sistem Informasi

Cara Mengatasi windows Explorer Error “Not responding & Has stopped working” Paling Mudah

By

on

Window memiliki satu fitur yang berfungsi sebagai user interface (UI) yaitu Windows Explorer. Sebagai salah satu fitur penting pada Windows, tidak dipungkiri jika Windows Explorer juga kadang mengalami satu masalah. Salah satu masalah yang terkadang terjadi pada Windows Explorer yaitu sistem berhenti bekerja atau Stopped Working (Force Close).

Munculnya masalah di Windows Explorer biasanya terlebih dahulu akan “not responding” dan selanjutnya muncul notifikasi Windows Explorer Has Stopped Working“ hingga membuat icon dan taskbar di Windows menghilang. Selain itu, Windows Explorer juga bisa mengalami crash dan tiba-tiba tertutup lalu diikuti dengan tampilan Windows blank. Jika sudah demikian maka seluruh aplikasi didalamnya tidak bisa diakses karena tampilan Windows Blank.

Ketika sistem Windows Explorer berhenti bekerja maka kita tidak akan bisa mengakses seluruh file yang ada didalamnya serta program-program lain pun tidak bisa berjalan. Jika masalah ini didiamkan maka bisa mengganggu aktivitas pekerjaan kita dalam komputer karena kita tidak bisa membuka file yang tersimpan pada Windows Explorer. Untuk itu, kita perlu mengatasi masalah ini dengan mengetahui Cara Mengatasi windows Explorer Error Not responding & Has stopped working.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kursor Hilang di Windows

Cara Mengatasi windows Explorer Error

Cara Mengatasi windows Explorer Error ini bisa dilakukan pada sistem operasi Windows 10, 8, (8.1) dan window 7. Untuk lebih lengkapnya berikut ini Cara Mengatasi windows Explorer Error.

Restart explorer.exe

Cara untuk mengatasi error di windows Explorer bisa dengan membuat explorer.exe kembali sehingga akan memuat ulang program dari awal dengan cara melakukan restart secara paksa menggunakan fitur RUN di Task Manager. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi windows Explorer not responding atau tiba-tiba tertutup dan membuat tampilan layar menjadi kosong atau blank. Berikut cara restart explorer.exe.

  • Jika layar monitor dalam keadaan Blank, maka cara buka Task Manager dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + Delete , pilih Task Manager.
  • Namun jika tampilan Windows masih normal, maka anda dapat mengakses Task Manager dengan cara klik kanan Task bar dan pilih Task Manager.
  • Setelah jendela Task Manager terbuka, selanjutnya hentikan secara paksa explorer.exe dengan cara klik kanan  file explorer.exe dan pilih End task.
  • Selanjutnya, masih di jendela Task Manager, klik pada menu File, pilih Run new task, lalu ketik explorer.exe dan Enter.
  • Setelah itu, Windows Explorer akan dimuat ulang.

Cek Storage Hardisk

Cara selanjutnya untuk mengatasi error di windows Explorer bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan pada Storage hardisk. Hardisk merupakan tempat terinstallnya Windows sehingga masalah pada sistem bisa saja berkaitan dengan hardisk.

Bad sector merupakan salah satu masalah pada hardisk yang mengalami kerusakan hingga membuat data didalamnya tidak bisa terbaca. Bad Sector biasanya disebabkan karena adanya masalah suplay daya listrik yang tidak stabil, hardisk tergoncang atau jatuh.

Dengan adanya masalah Bad Sector maka Windows akan mengalami penurunan performa sehingga menyebabkan terjadinya beberapa error, salah satunya windows Explorer Stopped Working.

Untuk melakukan pengecekan storage hardisk, bisa dengan menggunakan software seperti HDTune. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Monitor Out of Range di Komputer Windows .

Scan system Menggunakan CMD

Error di Windows Explorer juga bisa diatasi dengan menggunakan CMD atau Command Prompt. Windows sendiri memiliki fitur System File Checker (SFC) yang dapat dijalankan melalui perintah CMD. SFC sendiri memiliki fungsi untuk memperbaiki file sistem yang korup yang dapat menyebabkan masalah seperti menyebabkan Windows Explorer berhenti bekerja hingga muncul notifikasi Windows Explorer Has Stopped Working. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut cara Scan system Menggunakan CMD.

  • Cara pertama buka Command Prompt (CMD) dengan ketik cmd di kolom search Windows. atau dengan cara klik pada Start menu -> All programs -> Accessories -> klik kanan Command prompt -> Run as administrator.

  • Setelah jendela Command Prompt (CMD), ketikkan perintah “sfc /scannow” (tanpa tanda petik).
  • Selanjutnyam SFC akan melakukan proses scaning pada file sistem. Tunggu hingga tampilan indikator mencapai 100%.
  • Setelah selesai, selanjutnya Restart komputer dan coba cek Windows Explorer anda.

Gunakan System Restore

System Restore merupakan salah satu fitur Windows yang memiliki fungsi untuk mengembalikan kondisi Windows pada waktu tertentu. Dengan adanya fitur ini tentu sangat membantu pengguna Windows untuk memperbaiki berbagai error yang terjadi, salah satunya untuk mengatasi Windows Explorer nor responding.

Untuk menjalankan proses System Restore pada setiap Windows berbeda-beda tergantung versi Windows yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca di artikel tentang :

Perbaiki thumbnail pada file gambar

Error pada windows Explorer bisa juga disebabkan oleh file gambar atau foto yang korup. Biasanya error ini ditandai dengan munculnya notifikasi error setiap kali pengguna membuka folder berisi file gambar atau foto. Masalah ini bisa diperbaiki dengan melakukan perbaikan thumbnail pada file gambar yang korup seperti dibawah ini.

Cara pertama buka Folder Option. Pada Windows 8, 8.1, dan 10 windows Option bisa dibuka dengan langsung ketik “folder option” (tanpa tanda kutip) di search bar. Sedangkan untuk pengguna Windows 7, buka Folder Option melalui Explorer -> klik Organize lalu dibagian pojok kiri atas pilih Folder and search options.

Setelah itu pada jendela File Explorer Option, pilih Tab View, lalu beri centang pada opsi seperti dibawah ini. Lalu klik OK.

Dengan melakukan perubahan tersebut, maka Windows Explorer akan mengubah settingan file gambar menjadi icon saja.

Selanjutnya, coba buka kembali folder pada Windows Explorer, jika berhasil, langkah selanjutnya yaitu hapus file gambar corupt yang menyebabkan error.

Tambah ukuran virtual memory

Cara lain untuk mengatasi error di windows Explorer yaitu dengan menambah ukuran virtual memory. Seperti yang kita ketahui, virtual memory memiliki fungsi untuk membantu kerja RAM ketika ruang penyimpanan tidak mencukupi untuk menopang kerja sistem yang sedang berjalan. Virtual memory memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlalu mencukupi untuk membantu kerja RAM. Untuk itu, kita perlu menambah ukuran virtual memory di Windows. Lebih jelasnya baca artikel tentang Cara menambah virtual memory di Windows

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi windows Explorer Error “Not responding & Has stopped working” . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login