Informasi

Cara Mengatasi File Corrupted/File Missing di Windows 10 100% WORK

By

on

Bagi pengguna OS windows 10 pasti pernah mengalami sistem error dan komputer berjalan lambat atau lemot hingga akhirnya muncul pesan error “file corrupted” atau “file missing” pada saat pertama kali menyalakan Windows 10. Munculnya pesan error tersebut disebabkan karena terdapat file sistem yang hilang atau rusak. Untuk itu bagi anda yang sedang mengalami masalah tersebut, anda dapat mengetahui Cara Mengatasi File File Corrupted/Missing di Windows 10 dibawah ini.

Terdapat beberapa alasan atau penyebab file sistem di Windows 10 mengalami kerusakan atau hilang hingga menjadi corrupt. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi yaitu akibat infeksi virus yang dapat merusak sistem windows 10. Selain itu, file sistem juga dapat mengalami corrupt akibat penggunaan aplikasi modifier yang biasanya digunakan untuk mengubah tampilan Windows. Jika demikian, lalu bagaimana cara paling mudah untuk memperbaiki masalah File Corrupted/File Missing di Windows 10?

Baca Juga : Cara Mengatasi Your Computer Is Low On Memory Di Windows

Cara Mengatasi File Corrupted/File Missing di Windows 10

Cara paling ampuh untuk mengatasi File Corrupted/File Missing di Windows 10 adalah dengan mengganti file sistem yang rusak dengan sistem yang aslinya. Windows 10 sendiri memiliki tools yang dapat digunakan untuk mengecek dan memperbaiki sistem yang rusak/missing/corrupt. Dengan begitu kita tidak perlu lagi melakukan install aplikasi tambahan untuk memperbaiki masalah yang ada.

Namun, pertu dipahami jika tools ini tidak memiliki antarmuka sehingga untuk mengaksesnya harus menggunakan Command Prompt. Cara ini tidak berpengaruh terhadap file selain milik Windows, sehingga file dan dokumen didalam komputer tetap aman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows

Lebih jelasnya berikut cara mengatasi file corrupt dengan Command Prompt.

  • Buka Command Prompt dengan ketik CMD di Start Menu kemudian klik kanan opsi Command Prompt pilih Run as Administrator.

  • Setelah jendela Command Prompt, selanjutnya masukkan kode perintah dibawah ini dan tekan ENTER.
    DISM. exe /online /Cleanup-image /Restorehealth

  • Setelah itu Dism.exe akan melakukan pemindaian file sistem. Jika terdapat kesalahan pada sistem, maka Dism.exe akan memperbaiki file tersebut.
  • Proses pemindaian akan selesai ketika muncul pesan Restore operation completed successfully di jendela Comand Prompt.
  • Setelah muncul pesan diatas, selanjutnya ketikkan kode perintah dibawah ini dan ENTER.
    sfc /scannow

  • Selanjutnya sistem akan berjalan selama kurang lebih 10 menit. Tunggu hingga proses selesai lalu restart komputer.

Baca Juga : Cara Membersihkan File Sampah / File Temporary di Windows 10

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi File Corrupted/File Missing di Windows 10 . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login