Blogger

Panduan Cara Membuat Blog / Website di WordPress dan Blogger

on

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger Terbaru

Cara Membuat Blog – Saat ini dunia Bloging makin di gemari dan di kenal oleh semua kalangan masyarakat indonesia yang memang lebih banyak di dominasi oleh anak muda. Pada setiap blogger berbeda-beda cara menulis dan Nice yang di pakai seperti Blogger Tekno, Fashion, Tutorial, Kesehatan dan masih banyak macamnya. Unutk menciptakan Blog sebenarnya ada banyak sekali di antaranya WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy dan  lainnya. Tetapi, Umumnya Blogger indonesia lebih banyak menggunakan Platform Blogger dan WordPress. Maka dengan waktu yang singkat ini akan di ulas bagaimana cara membuat Blog Gratis yang populer di gunakan oleh para Blogger.

Postingan ini di buat khusus semata-mata bagi anda yang belum mengerti dan ingin tahu bagaimana membuat Blog Gratisan baik pada Blogspot, WordPress, Jigsaw dan lainnya. Jadi bagi anda yang memang sudah paham cukup memberikan sedikit komentar atau tambahan jika ada yang kurang. bagi anda yang belum tahu dan ingin memppunyai Blog silahkan lanjutkan membaca.

Sebelum kita menuju ke tutorial, yang harus anda tahu adalah meskipun semua blog yang akan di bahas di sini sama-sama gratis, Namun memiliki perbedaan yang Signifikan baik dari penempatan Tools atau Penerbitan artikel. maka perlunya untuk tahu secara jelas dari artikel kali ini yang akan kita ulas secara Lengkap dan tentunya anda bisa memilih Platform mana yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan.

I. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress (WP)

Sebenarnya Engine WordPress bisa digunakan untuk layanan Premium dengan menggunakan Domain serta layanan Hosting sendiri baik di VPS, Shared Hosting atau Dedicated Server. Namun, dalam ulasan kali ini kita hanya membahas cara membuat Blog gratis menggunakan WordPress.com, Sehingga pengguna bisa menikmati segala layanan yang di sediakan dengan Gratis. baik dengan mendapatkan Sub Domian serta Hosting. Untuk Tutorial lengkapnya silahkan lihat di bawah ini :

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi Website WordPress, dengan cara buka Browser kesayangan anda kemudian ketikan wordpress.com pada Addres Bar
    Cara Buat Blog WP 1
  2. Jika sudah, maka nanti akan di tampilkan halaman WordPress, Selanjutnya anda bisa mengetikan alamat web/blog sesuai dengan keinginan Contohnya wordpress.com. Setelah itu silahkan Klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat pada gambar di bawah ini:
    Cara Buat Blog WP 2
    Cara Buat Blog WP 2-1
  3. Akan ada sebuah tampilan halaman baru. Di halaman kali ini, Pengguna harus mengisi kolom yang di sediakan, baik E-Mail, user atau nama Pengguna “digunakan untuk login”, Password serta alamat Blog.
    Alamat email: silahkan isi dengan alamat E-Mail yang masih aktif

    • Nama pengguna: Gunakan nama yang mudah di ingat dan kalu bisa dikombinasi dengan angka contohnya : blogpendidikanku
    • Password: Untuk kolom yang ini pastinya anda sudah tahu pastikan menggunakan pasword yang sangat rahasia Kombinasikan dengan angka dan Huruf besar
    • Alamat blog: Patikan alamat blog sesuai dengan yang sebelumnya di buat “blogpendidikanku.wordpress.com”
    • Kemudian perhatikan bahwa “pengguna menggunakan alamat layanan yang gratis”
    • Jika kesemua kolom telah terisi, Saatnya klik tombol “Buat Blog” letaknya ada di bagian bawah.
      Cara Buat Blog WP 3
      Cara Buat Blog WP 3-1
  4. Maka nanti WordPress akan mengirimkan sebuah Link Verifikasi ke alamat E-Mail yang digunakan saat melakukan pendaftaran, Silahkan bukan emailnya kemudian temukan Email yang baru saja masuk dari wordpress.com kemudian selanjutnya Klik link Url yang ada di dalam email tersebut. Lihat gambar di bawah ini :
    Cara Buat Blog WP 4
  5. Jika anda sudah verifikasi seperti yang telah di jelaskan di atas yakni Klik Link Url Verivikasi, maka selanjutnya akan terdapat Tab baru yang mana akan tampil sebuah halaman dashboard WordPress anda. Lihat gambar di bawah ini :
    Cara Buat Blog WP 5

Sampai Disini tahap melakukan pendaftaran dan membuat Blog WordPress Selesai maka selanjutnya akan masuk ke tahap pengenalan Tools dan bagaimana melakukan Psotingan serta penerbitan artikel pertama anda.

Pengaturan, Desain Serta Posting Pertama Anda di Blog WordPress

Semua tahap di atas telah kita lewati dan sekarang selamat, anda sudah memiliki Blog WordPress. sehingga anda bisa melihat hasil buatan Blog dengan langsung mengtikan nama Blog yang sebelumnya telah di daftarkan dengan Sub domain WordPress Contoh : blogpendidikanku.wordpress.com

Memang akan tampak sebuah tampilan dasar yang kurang menarik, tapi tenang anda bisa mengubahnya seperti pada blog Profesional lainnya dengan beberapa setingan di Blog WP milik anda, Seperti misalnya Membuat Judul Blog, Tag Line serta deskripsi singkat, ganti Themes atau memasang Widget lainnya.

Pengaturan Blog WordPress

Beberapa pengaturan Blog WP anda bisa dengan melakukakannya langsung lewat dashboard WP dengan cara bukan tombol “Pengaturan“. Dalam menu pengaturan ini terdapat Sub kategori yang mana pengaturan bisa anda ubah. namun secara umum yang plaing pentig dalam tahap pengaturan ini di antaranya seperti Pengaturan umum, menulis, membaca, diskusi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada ulasan berikut ini :

  • Umum
    Di bagian ini anda bisa merubah judul atau title yang sesuai dengan keinginnan, serta bisa menambhkan sebuah tagline di Blog anda. tidak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan beberapa pengatura pada laman lainna, seperti contohnya menambahkan Favicon, merubah Format waktu dan tanggal. setelah semua pengaturan anda konfigurasi jangan lupa Save.
  • Menulis
    Terdapat pula Pengaturan untuk menulis, yang memungkinkan anda bisa melakukan perubahan tulisan Default.
  • Membaca
    Dalam bagian ini anda bisa mengkonfigurasu tulisan yang nantinya akan tampil di halaman utama Blog anda. selain itu anda pun bisa membuat halaman baik jenis laman yang statis ataupun dinamis, Sangat di sarankan jika anda menggunakan Wordpres untuk blog maka lebih baik menggunakan halaman yang dinamis. kemudian di dalam pengaturan ini anda juag dapat menentukan jumlah artikel yang di munculkan pada laman utama. jika anda tidak menginginkan hal yang bisa di bilang penting maka biarkan saja pengaturan ini tetap Default.
  • Diskusi
    Di dalam pengaturan ini anda bisa mengkonfigurasi dalam hal memunculkan komentar serta pengaturan lainnya yang terkait dengan Komentar. Namun jika anda kebutuhan yang penting, maka biarkan saja pengaturan ini tetap Default.

Desain Blog WP

Pada tahap selanjutnya adalah pada segi desain yang mana dalam hal ini anda bisa melakukan perubahan Themes blog serta menambahkan Widget pada Blog WordPress milik Anda. dengan merubah themes serta penamban Widget akan membuat tampilan Blog anda semakin baik dan tampak profesional. Caranya silahkan anda klik “Tampilan” yang letaknya pada dashboard wordpress. Beberapa kebutuhan penting diantaranya Tema, Widget, Menu. untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasannya di bawah ini :

  • Tema
    Dalam hal ini anda bisa merubah tampilan dengan menggunakan theme sesuai dengan keinginan anda. Anda tak perlu khawatir kesusahan mencari Themes yang bagus, Karena Di WordPress.com telah tersedia banyak sekali pilihan tema yang bisa anda gunakan secara Gratis.
  • Widget
    Pada bagian ini memungkinkan anda untuk menambahakn beberapa widet yang nantinya akan terlihat pada bagian Sidebar Blog anda. di sarankan untuk tidak banyak menginstal Widget karena akan mempengaruhi Loading Blog.
  • Menu
    Untuk bagian yang ini anda bisa menambahkan atau membuat menu. Misalnya yang biasa di gunakan menu untuk melihat laman about, halaman kontak, privacy policy dan sesuai dengan pilihan anda.

 

Posting Konten di WordPress

Jika langkah di atas semuanya di mengerti dan telah selesai saatnya membuat postingan artikel. untuk melakukan Posting artikel atau artikel lainnya, anda cukup mengklik Tombol link “Tulisan”. Coba anda perhatikan Link yang letaknya di dashboard :

  • Menu Tulisan : Pada bagian ini merupakan link yang memunginkan untuk anda melihat semua Postingan artikel Blog milik anda
  • Tambah Baru : Kemudian bagian ini merupakan Link untuk membuat Artikel/Postingan baru di blog anda
  • Kategori : Kalau yang ini memiliki fungsi untuk melihat atau menambahkan kategori baru pada blog WordPress anda.

Bagi anda yang ingin membuat tulisan pertama anda atau selanjutnya bisa di bilang sangat mudah, Bahkan WordPress merupakan Engine yang paling mudah di bandingkan yang lainnya. Untuk caranya silahkan lihat pada tutorial di bawah ini :

  • Judul konten: Silahkan anda buat judul sesuai konten yang akan di bahas
  • Halaman konten: Dengan menu ini anda bisa menambahkan berbagi kebutuhan membuat Kontent seperti gambar,text atau Video
  • Menu formating: Silahkan anda lihat pada menu formating yang tertera di halaman WordPress. di bagian ini anda bisa mengatur Text, Warna Text dan lainnya layaknya seperti MsWord Office
  • Kategori dan Tag: Setelah semua artikel telah di buat maka jangan sampai kelewat untuk menambahkan kategori dan tag pada setiap Konten anda. Hal ini memiliki fungsi sebagai memudahkan Pengunjung untuk membaca Blog anda
  • Anda sudah yakin dengan tulisan artikel anda tersebut, maka langkah yang terakhir adalah dengan menekan tombol “Terbitkan” letaknya ada di sebelah kanan pada halaman kerja WordPress anda.
    Cara Buat Blog WP 6

Sampai disini apakah semua ulasan di atas sudah jelas, dengan ini berarti anda di nyatakan telah berhasil membuat Blog WordPress Sendiri. Langkah yang telah di ulas di atas memang bisa di bilang cukup simpel dan sederhana, Nah bagi anda yang ingin lebih baik lagi tampilannya maka bisa berkreasi dan banyak-banyak mencari sumber Refrensi dan tutorial.

Penting Untuk dibaca:

  • Sudah tentu anda akan bertanya, bagaimana masuk ke halaman Login sehingga anda bisa menulis artikel atau membuat postingan yang lebih banyak, Untuk caranya gunakan Browser apa saja kemudian ketikan com/wp-admin Contoh : blogpendidikanku.wordpress.com/wp-admin , Kemudian silahkan masukan Username dan Password yang sebelumnya telah di buat.
  • Wajib anda simpan user dan password WordPress anda dengan baik-baik, yang kedepannya akan memudahkan anda saat login ke blog.

Halaman 2 Cara Membuat Blog Gratis di Blogger (Blogspot)

Pages: 1 2

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares