Informasi

Pengertian Software, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Software (Perangkat Lunak) Lengkap

By

on

Pengertian Software, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Software (Perangkat Lunak) Lengkap – Software atau perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang di format dan disimpan secara digital termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.

Software merupakan program komputer yang menjadi jembatan bagi pengguna dengan hardware (perangkat keras). Software juga definisikan sebagai aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman.

Software merupakan suatu data yang di program dan disimpan secara digital dan tidak berwujud, akan tetapi berada di dalam komputer. Software adalah kumpulan data-data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Software dibuat oleh programmer dengan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya di kompilasi hingga menjadi sebuah kode yang bisa dikenali hardware. Software dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, seperti untuk menghitung, membuat dokumen, mengolah gambar dan lain-lain.

Fungsi Software

Adapun fungsi software diantaranya yaitu:

  • Mengatur berbagai perangkat keras untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga mampu diterima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.

Macam Macam Software

Berikut ini macam-macam jenis software dan contoh software, diantaranya yaitu:

Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Operating System (OS) adalah perangkat lunak yang berfungsi mengatur seluruh hardware nan terintegrasi dengan CPU, memberi instruksi pada processor untuk mengerjakan permintaan users, mengatur segala proses yang terjadi dalam CPU dan menjadi platform guna menjalankan software aplikasi.

Biasanya, OS hanya memberi ijin pada perangkat lunak untuk mengoperasikan satu aplikasi dalam satu waktu. Tapi ada juga yang multi tasking. Berikut contoh-contoh sistem operasi diantaranya: Microsoft Windows, UNIX, Macintosh Operating System, Linux.

Program Aplikasi (Siap Pakai)
Program Aplikasi (Siap Pakai), yaitu suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Program Aplikasi dibedakan dalam beberapa jenis aplikasi diantaranya:

  • Pengolah kata (word processor), contohnya Ms. Word, Word Star, Word Perfect
  • Pengolah angka (spread sheet), contohnya Ms.Excel, Lotus, Quattro pro
  • Pengolah data (database), contohnya Ms. Access, Dbase, Foxpro
  • Pengolah citra (drawing, contohnya Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio.
BACA JUGA :  Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker PC Komputer, Sangat Mudah!

Program Bantu (Utility) 
Program Bantu (Utility) adalah suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. Contoh program bantu (Utility) diantaranya: Moxilla firefox, Anti Virus, Winamp, FLV Player, PC Tools

Bahasa Pemograman
Bahasa Pemrograman adalah suatu program yang berbentuk assambler compiler atau interpreter. Contoh bahasa pemrograman yaitu ASP, HTML, Visual Basic, Pascal, Java, Delphi, PHP.

Freeware
Freeware adalah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa dengan batasan waktu. Freeware umumnya disumbangkan pada komunitas, tetapi memiliki hak sebagai pengembang dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya. Freeware akan memberikan source kode apabila pengembang aplikasi berhenti mengembang produk freeware pada pengembang lain atau mengumumkan freeware tersebut bebas untuk dikembangkan secara bersama-sama.

Shareware
Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur tertentu seperti ketersediaan, fungsi dan kenyaman yang tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Shareware bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut dan sebagai strategi marketing pengembangan aplikasi Shareware. Shareware disebut juga dengan Trialware.

Firmware
Firmware adalah aplikasi perangkat lunak yang tersimpan di ROM (Read Only Memori). Firmware tidak bisa berubah meski tidak dialiri oleh listrik dan tidak bisa diubah tempat penyimpananya di ROM namun bisa dimodifikasi bergantung dari jenis ROM nya seperti EEPROM atau Flash ROM, masih bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

Commercial Software
Commercial Software adalah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang bisa dibeli pendistribusi, pengembang software, atau rekan pengembang software. Pengguna yang membeli software tersebut tidak bisa menyebarluaskan atau membagikan ulang software secara bebas dan tanpa izin penerbitnya akan diilegalkan. Contoh software berbayar (commercial software) yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Microsoft Visual Basic NET. Commercial Software dilindungi Undang-Undang Hak Cipta.

BACA JUGA :  3 Cara Mengirim dan Balas DM Instagram di PC atau Laptop, Sangat Mudah!

Free Software
Free Software adalah perangkat lunak yang bebas digunakan, disalin, dimodifikasi dan diubah dengan beberapa keharusan yang bisa dinikmati oleh pengguna berikutnya. Dalam konsep kebebasan, setiap orang dalam perangkat lunak bebas ini bisa mengkomersialkan dan mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya, serta bisa menyebarkan luas secara gratis. Istilah free software diciptakan Richard Stallman dan Free Software. Sekarang ini, perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun atau dikembangkan oleh suatu komunitas terbuka. Menurut Richard Stallman, Free Software adalah perihal kebebasan, bukan harga.

Open Source Software
Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan dan disebarluaskan karena sifat perangkat lunak sumber terbuka adalah pengembangan oleh suatu komunitas atau kelompok yang terbuka mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka.

Malware
Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya. Jenis-jenis malware meliputi virus komputer, kuda troya (trojan horse), perangkat iklan (adware), cacing komputer, rootkit, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak jahat lainnya.

Itulah informasi tentang”Pengertian Software, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Software (Perangkat Lunak) Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

You must be logged in to post a comment Login

Shares