fbpx

Informasi

9 Cara Memperbaiki Masalah No Service atau Searching Pada Jaringan iPhone, Mudah!

By

on

9 Cara Memperbaiki Masalah No Service atau Searching Pada Jaringan iPhone, Mudah! – Apakah iPhone atau iPad (Wi-Fi + Cellular) yang kalian gunakan menampilkan error No Service atau Searching di bagian Status Bar kiri atas? jika iya, ada beberapa cara pengecekan dan perbaikan masalah no service dan searching yang bisa kalian lakukan. Berikut cara memperbaiki iphone yang mengalami masalah no service atau searching:

Cara Memperbaiki Masalah No Service atau Searching Pada iPhone

Cek Apakah Cakupan Sinyal Normal

Pastikan daerah tempat kalian berada saat ini merupakan daerah yang mendukung sinyal selular dari operator yang digunakan. Biasanya daerah yang tidak termasuk cakupan sinyal selular yaitu di bawah tanah, daerah tepian kota yang sepi atau hutan dan sejenisnya.

Cek Pengaturan Cellular Data

Silakan coba aktifkan pengaturan Cellular Data untuk mengatasi masalah No Service atau Searching di perangkat iPhone atau iPad.

Masuk ke aplikasi Settings – Cellular Data – ON.

Jika kalian sedang berada di luar negeri, pastikan pengaturan Roaming juga sudah diaktifkan. Caranya masuk ke bagian Settings – Cellular – Cellular Data Options – Data Roaming ON.

Restart Perangkat iPhone atau iPad

Mungkin perangkat kalian sedang bermasalah atau mengalami error sehingga menampilkan kendala No Service atau Searching di bagian sinyal, coba lakuka Restart perangkat tersebut. Panduan Restart perangkat iPhone dan iPad bisa dicek di laman Apple Support jika belum pernah melakukan Restart sebelumnya.

Lakukan Update Carrier Settings

Carrier Setting merupakan pengaturan selular yang diberikan oleh operator, terkadang operator selular perlu memberikan update pengaturan, berhubungan dengan keamanan atau lainnya. Cara melakukan update Carrier Settings yaitu hubungkan perangkat iPhone ke koneksi Wi-Fi. Setelah itu, masuk ke bagian Settings – General – About.

BACA JUGA :  Cara Hemat Kuota Internet Saat Tethering dan Portable Hotspot di Android

Apabila ada update Carrier Settings yang diperlukan, tampilannya akan hadir di layar dan silakan pilih update. Setelah itu Restart jika diperlukan.

Cabut, Pasang atau Ganti SIM Card

Mungkin ada debu atau kotoran lain yang membuat koneksi SIM Card bermasalah. Jadi, silakan cabut SIM card dan kembali masukkan. Selain itu, bisa juga dengan mengganti SIM Card yang kalian gunakan ke pihak operator. Bisa saja, SIM Card tersebut sudah rusak atau bermasalah sehingga menampilkan masalah No Service atau Searching di perangkat iPhone.

Lakukan Reset Network Settings

Lakukan reset network settings dengan cara masuk ke Settings – General – Reset – Reset Network Settings. Pengaturan Reset Network Settings tidak akan menghapus data, tapi hanya pengaturan seputar Wi-Fi Password, Cellular Settings, VPN dan APN yang hilang.

Update iOS

Jika kalian sudah lama tidak melihat pengaturan Software Update di perangkat iOS, coba lihat dulu mungkin ada Software Update yang perlu diunduh. Silakan masuk ke Settings – General – Software Update untuk mengunduh pembaruan iOS. Kalian juga bisa melakukan update iOS atau restore iOS melalui aplikasi iTunes di komputer.

Kendala Hardware, Bawa ke Apple

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun iPhone atau iPad masih mengalami masalah No Service atau Searching maka kemungkinan penyebab utamanya berada pada hardware. Apabila masalah hardware maka perlu penanganan dan pengecekan lebih lanjut. Silakan bahwa ke Apple Authorized Service atau Apple Store terdekat.

Jika perangkat masih dalam garansi 1 tahun dari Apple, perbaikan atau penggantian perangkat akan bersifat gratis. Alternatif lainnya, kalian bisa membawa perangkat yang bermasalah ke teknisi pihak ketiga yang terpercaya.

BACA JUGA :  5 Tanda Untuk Mengetahui WhatsApp Kita Di Blokir Teman

Itulah “9 Cara Memperbaiki Masalah No Service atau Searching Pada Jaringan iPhone, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

You must be logged in to post a comment Login

Shares