Informasi

Pengertian Windows Update, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Windows Update Terlengkap

By

on

Pengertian Windows Update, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Windows Update Terlengkap – Windows Update adalah layanan Microsoft yang menyediakan pemutakhiran untuk sistem operasi Microsoft Windows dan komponennya. Atau dengan kata lain, windows update mampu meningkatkan kinerja sistem operasi windows dengan mengupdate, menambahkan dan juga memperbaiki bugs yang terjadi.

Pada dasarnya, windows update akan melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Windows. Dengan kata lain, efek windows update yaitu untuk membantu pengguna dalam mengatasi bug atau error yang terjadi serta memperbarui Windows kepada update terbaru.

Windows memberikan opsi pada pengaktifan Windows Update ini, di mana pengguna bisa mengaktifkannya maupun menonaktifkannya. Jika pengguna ingin selalu sistem dan juga program yang ada dalam Windows selalu terbaru maka disarankan tetap mengaktifkan fitur ini. Sebaliknya, jika pengguna tidak terlalu aktif menggunakan komputer maka pengguna bisa menonaktifkannya sementara kemudian bisa dilakukan Windows Update apabila dirasa banyak bug atau error dan harus ada hal yang diperbarui.

Saat pengguna mengizinkan Windows untuk melakukan Windows Update maka komputer akan secara otomatis mengecek apa saja yang perlu diupdate atau perbarui. Setelah download selesai, biasanya komputer akan merestart terhadap semua file yang diupdate. Dalam proses ini, sistem akan menginstall file yang sudah didownload sebelumnya. Lama waktu install tersebut tergantung seberapa banyak update dan juga kecepatan koneksi internet yang tersambung.

Fungsi Windows Update

Adapun fungsi windows update diantaranya yaitu:

  • Memeriksa Ketersediaan Pembaruan
  • Mengatasi Kesalahan
  • Meningkatkan Keamanan
  • Memperbarui dan Menambah Sistem
  • Membantu Perangkat Beroperasi Secara Efisien

Kelebihan dan Kekurangan Windows Update

Kelebihan Windows Update, diantaranya yaitu:

  • Membantu mengatasi bug atau error yang terjadi pada perangkat sistem operasi Windows.
  • Memberikan perlindungan keamanan dengan update database terkait secure atau keamanan.
  • Perangkat akan lebih segar dengan sistem terbaru yang tersedia.
BACA JUGA :  Cara Mengganti Password atau Kata Sandi Yahoo Mail, Dengan Mudah!

Kekurangan Windows Update, diantaranya yaitu:

  • Ketika fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis lalu dilakukan Windows Update maka akan terjadi penumpukan update yang mengakibatkan banyaknya file yang harus di download.
  • Ketika fitur diaktifkan secara otomatis maka Windows Update akan berjalan di belakang layar dengan terhubung dengan internet pastinya.
  • Fitur Windows Update ini mengharuskan perangkat terhubung dengan koneksi internet untuk mendownload dan menginstall pembaruan yang tersedia.
  • Semakin banyak update yang menumpuk maka semakin lama waktu proses Windows Update dan ini juga bergantung pada kecepatan koneksi internet.

Nah, itulah informasi dan tutorial “Pengertian Windows Update, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Windows Update Terlengkap“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares