Hardware

Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware (Perangkat Keras) Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware (Perangkat Keras) Pada Komputer Lengkap – Hardware atau perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Secara garis besar, hardware dibagi menjadi 3 yaitu input hardware, process hardware, output hardware. Hardware merupakan komponen yang saling berkaitan dengan sofware dan brainware pada komputer. Jika hardware tidak ada, maka tidak ada komputer.

Fungsi Hardware

Fungsi hardware yaitu memudahkan pengguna komputer dalam bekerja atau dengan adanya hardware yang lengkap maka sistem komputer bisa berjalan dengan baik. Setiap jenis hardware memiliki fungsi masing-masing.

Jenis-Jenis Hardware

Hardware terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu input hardware, process hardware, dan output hardware

Hardware Input (Input Device)
Harware input atau input device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer yang kemudian data tersebut masuk ke tahap pengolahan atau proses. Banyak jenis perangkat untuk mengiput dan mengontrol sebuah komputer. Contoh harware input diantaranya Mouse, Keyboard, scanner, mouse pen, disk drive, joystick, tracball dan lain-lain/

Hardware Process (Process Device)
Process device atau perangkat pemrosesan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memproses dan mengolah data pada komputer. Perangkat ini disebut juga otak komputer, karena perangkat ini penting untuk melakukan proses terhadap data yang di input atau dimasukkan. Contoh Hardware Process diantaranya CPU, VGA, Ram dan lain sebagainya.

Hardware Output (Output Device)
Hardware output adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dan menampilkan informasi hasil dari inputan data hardware input dan telah melewati pemrosesan oleh hardware proses. Contohnya hardware output diantaranya yaitu monitor, speaker dan printer.

BACA JUGA :  3 Cara Simpan Status Foto dan Video WhatsApp Teman Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Selain itu ada pula perangkat hardware lain yang membantu dalam pengoperasian komputer, seperti Periferal (perangkat tambahan) yaitu perangkat yang berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan instruksi atau perintah pengguna, contohnya modem yang berfungsi untuk komunikasi dengan jaringan internet. Ada pula, Storage (perangkat penyimpanan), seperti hardisk yang berfungsi untuk menyimpan berkas atau file-file didalam komputer.

Contoh Hardware Dan Fungsinya

Berikut contoh-contoh hardware dan fungsinya :

  • Casing, berfungsi untuk melindungi bagian dalam komputer (motherboard).
  • Powes Supply, berfungsi sebagai penyedia daya untuk digunakan motherboard.
  • Motherboard, berfungsi sebagai papan sirkuit utama yang sebagai penghubung komponen hardware lainnya.
  • Processor, berfungsi sebagai pemroses data/otak dari komputer.
  • RAM berfungsi untuk menyimpan data yang dibutuhkan CPU secara acak dan sementara dan data akan hilang jika komputer dimatikan.
  • ROM, berfungsi sebagai memori pada komputer yang dapat menyimpan data lebih lama dibandingkan dengan RAM. ROM berhubungan dengan BIOS komputer.
  • Hard Disk Drive, berfungsi sebagai perangkat penyimpan data pada komputer.
  • DVD/ CD ROOM, berfungsi untuk membaca dan menulis data ke media CD/DVD.
  • Keyboard, berfungsi sebagai papan ketik.
  • Mouse, berfungsi sebagai penunjuk.
  • Webcam, berfungsi untuk mengambil dan merekam gambar.
  • Mikrofon, berfungsi untuk mengambil suara.
  • Scanner, berfungsi untuk memindahkan berkas.
  • Touchpad, berfungsi sama seperti mouse, namun hanya ada di laptop saja.
  • Trakball, berfungsi seperti mouse tapi lebih mudah digunakan.
  • Monitor, berfungsi untuk menampilkan visual dari komputer ke layar monitor.
  • Speaker, berfungsi sebagai pengeras suara.

Itulah informasi tentang”Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware (Perangkat Keras) Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Baca Artikel Lainnya:
BACA JUGA :  Cara Blokir Aplikasi dan Game Tidak Pantas di Play Store Android, Sangat Mudah!

You must be logged in to post a comment Login

Shares