Informasi

Pengertian Access Point, Fungsi dan Cara Kerja Access Point Lengkap

By

on

Pengertian Access Point, Fungsi dan Cara Kerja Access Point Lengkap – Access point adalah suatu perangkat dalam jaringan komputer yang bisa menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point akan dihubungkan dengan router/hub/switch melalui kabel Ethernet dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Untuk bisa terhubung dengan jarigan local yang sudah dikonfigurasikan tersebut, perangkat harus melalui access point.

Access point terdiri dari antenna dan transceiver dan bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima sinyal dari dan untuk client server. Access point tidak bisa mengatur aliran data seperti router, access point hanya akan menyambungkan atau tidak menyambungkan suatu perangkat yang mencoba untuk terhubung dengan jaringan, berdasarkan benar atau tidaknya password yang diberikan pengguna perangkat.

Dengan access point, jumlah perangkat yang terhubung dengan jaringan akan jauh lebih banyak. Akan tetapi, kalian juga tetap bisa membatasi siapa yang bisa terhubung, sebab pengguna harus mengetahui password yang diminta access point untuk bisa masuk ke jaringan lokal kalian.

Fungsi Access Point

Fungsi access point yaitu untuk mengizinkan aau menolak perangkat yang memiliki akses wifi untuk terhubung dengan jaringan lokal yang sama. Berikut fungsi access point selengkapnya:

  • Untuk memancarkan atau mengirimkan sinyal koneksi data dan internet melalui gelombang radio. Semakin baik kekuatan sinyal access point, maka area jangkauannya jukan akan semakin luas. Biasanya ukuran sinyal dituliskan dalam satuan dBm atau mW.
  • Sebagai Hub, access point akan menghubungkan jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan nirkabel atau wireless.
  • Untuk mengatur agar access point berfungsi sebagai DHCP (Dynamicc Host Configuration Protocol) Server.
  • Dengan demikian, secara otomatis access point akan bisa memberikan IP Address untuk setiap perangkat yang terhubung.
  • Untuk mengatur akses yang diperoleh suatu perangkat. Akses tersebut diatur berdasarkan MAC Address (Media Access Control) yang merupakan identifikasi unik yang dimiliki network card perangkat.
  • Untuk menerapkan fitur keamanan Wired Equivalent Privacy atau WEP dan Wi-Fi Protected Access atau WAP. WEP atau sering disebut Shared Key Autenthication, yaitu metode pengamanan jaringan nirkabel (wireless) dengan otentifikasi kecocokan kunci yang di berikan client pada access point. Sedangkan WAP yaitu metode keamanan yang dibuat untuk melengkapi metoda WEP dengan menambahkan decryption.

Cara Kerja Access Point

Access point merupakan gerbang penghubung perangkat nirkable deng jaringan lokal. Access point bekerja dengan menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh wifi dengan jalur data elektrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet. Selain itu, access point juga melakukan pengontrollan akses, enkripsi data, toleransi kesalahan, serta manajemen jaringan.

Saat ada perangkat client yang mencoba mengakses jaringan melalui access point, access point akan menentukan untuk mengizinkan atau tidak perangkat tersebut untuk terhubung ke jaringan. Access point akan menjalankan fitur control pengaksesan yang dimilikinya. Selanjutnya, fitur keamanan access point akan bekerja.

Access point akan mengenkripsi sandi, memeriksa kecocokan sandi pada access point dengan sandi yang diberikan perangkat. Perangkat tersebut akan diizinkan terhubung dengan jaringan apabila sandi yang diberikan cocok. Selanjutnya, access point akan berfungsi sebagai DHCP yang memberikan alamat IP untuk perangkat tersebut.

Setelah terhubung ke access point, jendela peramban (browser) yang di buka akan menampilkan laman berisi permintaan untuk memasukkan kata sandi agar bisa terhubung dengan jaringan, apabila kata sandi yang dimasukkan tepat, access point akan mengizinkan kita untuk terhubung dengan jaringan. Access point akan memberikan alamat IP pada perangkat kita sehingga perangkat bisa berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan lokal.

Itulah informasi tentang”Pengertian Access Point, Fungsi dan Cara Kerja Access Point Lengkap“, semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares