fbpx

Informasi

Pengertian Cloud Computing, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Lengkap

By

on

Pengertian Cloud Computing, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Lengkap – Cloud Computing atau komputasi awan adalah suatu teknologi yang menggabungkan kemampuan dari komputer (computing) dengan pengembangan yang berbasis internet (cloud).

Biasanya cloud computing menjalankan suatu program tanpa melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses data-data yang ada di dalam aplikasi tersebut dimana pun dan kapan pun. Contoh cloud computing dalam bentuk penyimpanan seperti Google Drive, Drop Box, ataupun bentuk aplikasi lain seperti Gmail, Yahoo Mail, Windows Azure, Amazon dan lain-lain.

Cara Kerja Cloud Computing

Cloud Computing adalah gabungan dari perangkat komputer dan jaringan internet. Disini internet berkedudukan sebagai server dar suatu program atau aplikasi yang digunakan. Para pengguna bisa mengakses data atau melakukan perubahan sistem akun itu sendiri dan tanpa melakukan proses instalasi. Kalian bisa mengirim perintah ke sistem dari program tersebut melalui interface yang disediakan. Perintah yang dikirim tersebut selanjutnya disimpan secara virtual untuk kemudian ditindaklanjuti.

Dengan cara kerja seperti itu, maka prosesnya akan lebih cepat dan akurat. Cara kerja sistem cloud juga akan lebih terjamin keamanannya.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Cloud Computing

  • Meminimalisir biaya, terutama bagi suatu perusahaan.
  • Lebih mudah mengakses data dimanapun dan kapanpun.
  • Walaupun memiliki kapasitas terbatas, kalian tidak perlu mengkhawatirkan efektifitasnya. Jika kapasitas penyimpanan penuh, kalian bisa mengajukan peningkatan kapasitas.
  • Sangat membantu konsumen karena hanya dibutuhkan pemahaman mengenai cara kerja dan penggunaannya.

Kekurangan Cloud Computing

  • Kerahasiaan masih diragukan.
  • Karena menggunakan server dari perusahaan penyewa hosting cloud computing maka tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu server down atau terjadi kerusakan, meskipun kemungkinan sangat kecil. Jadi pastikan kalian memilih penyewaan hosting yang teruji dan berkualitas.

Itulah informasi tentang”Pengertian Cloud Computing, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Lengkap“. Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares