fbpx

Android

4 Cara Update iOS iPhone, iPad, dan iPod Touch Semua Model MUDAH 100% WORK

By

on

Cara Update iOS iPhone, iPad, dan iPod Touch – Sama seperti sistem operasi Android yang selalu mengembangkan perangkatnya setiap waktu. iOs juga setiap waktunya mengembangkan sistem operasinya. Agar tetap bisa menggunakan fitur terbaru, pengguna iOS harus melakukan update atau upgrade sistem secara rutin. Ada 4 Cara Update iOS iPhone, iPad, dan iPod Touch Semua Model dengan cara yang hampir sama.

iOS adalah perangkat sistem operasi yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Berbeda dengan Windows Phone (Microsoft) dan Android (Google) yang melisensikan OS nya untuk digunakan pada perangkat lain, namun tidak dengan iOS. iOS hanya digunakan untuk produk mereka sendiri seperti iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV.

iPhone adalah smartphone besutan Apple yang memiliki pengguna yang cukup banyak, Meskipun demikian spesidikasi hardware yang dimiliki iPhone lebih rendah dibandingkan dengan Android. Namun dari segi performa iPhone memiliki performa yang lebih bagus.

Sistem operasi iOS sudah memiliki versi 10 keatas. Semakin tinggi versi iOS yang digunakan maka akan lebih aman serta makin banyak fitur dan memiliki perbaikan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Bagi anda yang ingin melakukan update iOS baik dari iPhone, iPad, dan iPod Touch dapat mengikuti 4 Cara Update iOS iPhone, iPad, dan iPod Touch Semua Model.

Baca Juga : Cara Mengatur Hotspot Pribadi di Iphone dan Ipad

4 Cara Update iOS

Cara Update iOS Menggunakan OTA

OTA (Over The Air) menjadi cara paling simpel untuk update iOS. Untuk mengupdate iOS lewat OTA pengguna tidak perlu menggunakan Macbook atau PC. Pengguna dapat mengupdate secara langsung dari iPhone. Hanya saja pengguna memerlukan koneksi internet yang stabil agar lancar pada saat melakukan proses update iOS.

Cara update iOS Menggunakan OTA adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal buka menu Settings pada iPhone
  • Selanjutnya pilih General
  • Pada menu general pilih Software Update
  • Langkah terakhir pilih Download and Install.
  • Secara otomatis iPhone akan melakukan proses instalasi hingga selesai.

Nantinya, ukuran file update iOS akan menyesuaikan jenis iPhone dan versi iOS yang sebelumnya dimiliki.

Selain memerlukan koneksi internet yang stabil, penyimpanan internal dialokasikan untuk update, baterai diatas 50% serta terlebih dahulu lakukan back up data agar data tetap aman.

Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Automatic Update di iOS 12


Cara Update iOS Menggunakan iTunes

Selain dengan OTA, cara selanjutnya untuk update iOS adalah dengan menggunakan iTunes. Tentunya cara ini membutuhkan PC atau Macbook yang terlah memiliki software iTunes.

Cara update iOS Menggunakan iTunes adalah sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu pastikan Macbook atau PC telah terinstal iTunes
  • Pastikan anda telah melakukan back up data agar data aman.
  • Setelah itu hubungkan iPhone ke macbook atau PC menggunakan kabel data
  • Jika iPhone sudah terhubung dengan perangkat PC atau Macbook, selanjutnya pilih icon lambang iPhone dibagian kiri tengah iTunes.
  • Setelah itu akan ditampilkan informasi detail tentang versi, kapasitas, dan menu untuk update dan restore iOS.
  • Selanjutnya klik tombol Update atau Check for Update. Jika tombol
  • Update tersedia maka klik tombol Update.
  • Setelah menyetujui semua persyaratan yang ada maka secara otomatis iPhone akan mengunduh firmware atau IPSW.
  • Setelah proses unduh selesai maka secara otomatis iPhone akan melakukan update.
  • Tunggu hingga proses update selesai. Biasanya ditandai dengan iPhone akan melakukan Reboot dan telah menggunakan iOs versi terbaru.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan True Tone Pada iOS 11


Cara Update iOS Menggunakan IPSW

Cara selanjutnya untuk update iOS dengan mengunduh file firmware secara manual. Dengan cara ini anda dapat menentukan sendiri iOS yang akan digunakan. Selain itu, anda juga bisa leluasa melakukan update beberapa iPhone yang sama tanpa harus mendownload ulang IPSW.

Untuk melakukan update iOs dengan IPSW anda membutuhkan PC atau Macbook yang memiliki aplikasi iTunes.

Cara update iOS Menggunakan IPSW adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal buka situs https://ipsw.me/
  • Lalu unduh file IPSW (firmware) untuk iOs, pilih yang sesuai dengan model perangkat iPhone yang anda gunakan. Perlu dicatat, pilih IPSW yang tepat dengan iPhone anda, karena jika tidak sesuai akan berakibat fatal untuk perangkat iPhone anda.
  • Setelah itu di perangkat iPhone matikan fitur Find My Phone, dengan cara membuka menu iCloud pada menu settings.
  • Selanjutnya hubungkan iPhone pada PC atau Macbook menggunakan kabel ori iPhone
  • Setelah itu buka software iTunes di PC atau Macbook.
  • Lalu pilih Device dan pilih Summary
  • Selanjutnya anda bisa langsung memilih tombol Update yang dibarengi dengan menekan tombol Shift pada windows atau option pada Macbook.
  • Setelah itu cari file IPSW yang sebelumnya telah anda download. Lalu ikuti proses dan perintah yang muncul hingga proses update iOS selesai.

Baca Juga : Cara Backup Data iPhone, iPad dan Ipod Touch


Cara update iOS Secara Otomatis

Cara selanjutnya untuk update iOS dapat dilakukan secara otomatis. Dengan iOS 12 anda bisa mengupdate iOS secara otomatis. Cara update iOS secara otomatis adalah dengan menghidupkan notif pembaruan otomatis dengan cara Buka Pengaturan >> Umum >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Pembaruan Otomatis.

Dengan pengaturan tersebut maka secara otomatis iOs akan update ke versi iOS terbaru. Namun, sejumlah pembaruan mungkin perlu diinstal secara manual.

Setelah selesai melakukan proses update iPhone, anda harus kembali menggunakan ID Apple. Karena itulah penting untuk mengingat Email dan Sandi yang digunakan. Jika anda mengaktifkan otentikasi dua faktor, maka anda harus memasukkan kode verifikasi. Setelah itu anda dapat menikmati versi terbaru dari iOS.

Itulah Cara Update iOS iPhone, iPad, dan iPod Touch Semua Model . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares