fbpx

Android

Fitur Terbaru iOS 13 dan Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 13

By

on

Fitur Terbaru iOS 13 dan Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 13  – Apple secara resmi telah mengumumkan iOS 13 pada acara Worldwide Developer Conference pada 3 Juni 2019. Dengan sistem operasi terbarunya, pengguna dapat membuka kunci gadget dengan FaceID 30% lebih cepat dibandingkan diversi sebelumnya. Selain itu, kecepatan akses aplikasi juga akan naik 2x lipat dengan fitur terbarunya.

Biasanya iOS meluncurkan versi tebarunya bersamaan dengan diluncurkannya ponsel baru. Dengan demikian, maka iOS 13 akan diluncurkan bersamaan dengan debut iPhone 11 yang diperkiraan akan rilis pada musim gugur tahun ini atau kuartal III-2019.

Namun tidak semua iPhone bisa mengupdate ke versi iOS 13, seperti iPhone 6 dan versi dibawahnya tidak dapat menggunakan pembaruan ini. Sistem operasi iOS 13 hanya dapat digunakan oleh iOS 12.

Berikut daftar iPhone yang bisa menggunakan iOS 13, antara lain:

  • iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8 dan iPhone 8 Plus
  • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
  • iPhone 6S dan iPhone 6S Plus
  • iPhone SE
  • iPod touch (generasi ketujuh)

Baca Juga: Cara Mengatur Hotspot Pribadi di Iphone dan Ipad

Dilansir dari CNBC International, Sistem operasi ini akan ada perombakan desain yang dilengkapi dengan mode gelap atau Dark Mode yang akan memberi latar belakang gelap untuk sistem menu dan aplikasi. Selain itu akan ada banyak fitur-fitur terbaru yang bisa anda nikmati.

Fitur Terbaru iOS 13

1. Mode Gelap atau Dark Mode
Fitur dark mode menjadi fitur yang paling ditunggu dari iOS 13. Dengan fitur dark mode akan membuat tampilan lebih nyaman dimalam haru dan hemat baterai di layar amoled. Pengguna dapat mengaktifkan mode gelap secara manual atau otomatis. Anda juga bisa mengatur sendiri kapan light mode dan dark mode akan berganti secara otomatis.

Tidak hanya support untuk wallpapernya saja, dark mode juga tampil hampir disemua bagian iPhone, mulai dari Settings, notifikasi, widget, Safari serta di semua aplikasi bawaan iPhone.

2. Peningkatan Kinerja Sistem
Hampir sama pada saat merilis iOS 12, pada versi iOS 13 juga Apple kembali meningkatkan kinerja sistem. Seperti yang telah diklaim sebelumnya jika pengguna bisa membuka Face ID 30 lebih cepat dibandingkan diversi sebelumnya. Selain itu, aplikasi itu juga dijanjikan dapat berjalan dua kali lebih cepat pada iOS 13.

Baca Juga : Cara Mematikan Fitur Activity Status di Instagram iPhone

3. Sign in with Apple
Salah satu permasalahan yang banyak diangkat oleh perusahaan adalah masalah privasi. Karena itu pada versi iOS 13 ini Apple meluncurkan metode login yang disebut dengan Sign In With Apple.

Mirip pada saat ingin login with google atau login with facebook, pengguna juga bisa masuk ke aplikasi dengan menekan login with Apple. Selain itu, otentifikasi baru unu juga telah mendukung Face ID.

4. Aplikasi Maps Terbaru
Fitur terbaru yang disematkan diversi iOS 13 selanjutnya adalah Aplikasi maps dengan peningkatan yang signifikan. Seperti memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menyimpan spot favorit dan tombol teropong yang berfungsi seperti street view di Google Maps.

5. Pilihan Wifi dan Bluetooth di Control Center
Diversi terbarunya, pengguna dapat memilih jaringan Wi-Fi dan koneksi bluetooth secara langsung dari control center.

6. Family Hotspot Sharing
Dengan fitur ini, ketika pengguna tidak memiliki koneksi internet maka dapat terhubung secara otomatis ke family sharing. Selain iPhone, fitur ini juga bekerja untuk mac atau iPod.

7. Insight tentang Cara Aplikasi Melacak Pengguna
selain menghadirkan pembatasan akses lokasi untuk berbagai aplikasi, diversi ini juga dapat menampilkan informasi tentang peta tempat-tempat yang dilacak secara berkala oleh aplikasi.

8. Slider Volume Baru
Fitur selanjutnya yaitu slider volume terbaru. Fitur terbaru ini bekerja dengan membawa slider ke samping kiri dan akan mengecil setelah beberapa waktu.

9. Unisntal di halaman update
Diversi terbarunya, iphone menyematkan fitur untuk dapat melakukan uninstall aplikasi melalui halaman update di App Store. Untuk menggunakan fitur ini, cukup geser ke kiri aplikasi yang dimaksud lalu pilih delete.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Iphone

10. Blokir Panggilan Spam
Versi iOs 13 juga menyematkan fitur penyaring panggilan yang bisa digunakan untuk memblokir panggilan dari nomor tidak dikenal. Fitur ini berada di Setting >> Silence unknown callers.

11. Smart Battery Charging
Fitur ini akan mengatur baterai tidak akan terisi hingga 100%. Perangkat hanya akan mengisi baterai hingga 80%, dan 20% selanjutnya akan diisi sebelum pengguna mencabut perangkat dari charger.

12. Keyboard Swipe Baru
Akhirnya, iOS merilis keyboard buatan sendiri yang dilengkapi gesture swipe untuk mengetik. Penggunaan keyboard ini pengguna cukup menggeser papan ketik untuk menulis pesan.

13. Pemutar Lagu (Podcast) dengan Siri
Dengan fitur terbarunya, pengguna iPhone bisa memutar musik lebih mudah meskipun sedang membuka aplikasi favoritnya. Dengan fitur ini pengguna hanya perlu memerintah siri untuk memutar musik tanpa perlu membuka aplikasi musik atau podcast.

14. Peningkatan Apple Musik
Selain pemutar lagu, Apple musik juga disematkan fitur terbaru termasuk tombol khusus lirik dan tombol baru untuk melihat apa yang akan diputar selanjutnya.

15. Fitur Reading Goals
Apple menyematkan fitur yang dapat membantu pengguna merampungkan bacaannya. Apple meluncurkan Reading Goals yang digunakan untuk membaca buku atau mendengarkan audiobook.

16. Text Selection Lebih Baik
Text selection menjadi salah satu fitur yang cukup penting. Di versi barunya, apple meningkatkan kemampuan text selection dengan beberapa kemampuan baru, lebih lengkap dengan kemampuan intelligent text selection, untuk memilih alamat, nomor telepon, hingga e-mail.

Baca Juga: Cara Mengganti Bahasa dan Suara Siri di iPhone

17. Aplikasi Reminders
Aplikasi reminders juga mengalami pembaruan yang signifikan. Di versi terbarunya, aplikasi reminders ini memiliki tab “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All”, untuk menyaring agenda yang dibuat.

18. Secara otomatis menutup Tab di Safari
Oleh sebagian orang fitur tab safari sangat mengganggu, namun pada versi terbaru ios 13 ini menyematkan fitur yang bisa digunakan untuk menutup tab safari secara otomatis dan berkala, mulai dari harian, mingguan hingga bulanan.

19. Pembaruan Apple Mail & Notes
Fitur mail & notes juga mendapat versi pembaruan dengan adanya format desktop di apple mail dan tampilan mirip galeri untuk semua notes yang dibuat.

20. Foto Profil iMessage
Di versi iOS 13, iMessage pada iPhone akan lebih mirip dengan whatsapp karena dapat dipasang dengan foto profil dan dispaly name. Pengguna juga bisa menggunakan memoji sebagai foto profil.

21. Low Data Mode
Fitur terbaru dari iOS 13 yaitu menyematkan fitur Low Data Mode. Fitur ini berguna untuk mengurangi penggunaan kuota di iPhone. Jadi ketika memiliki kuota yang menipis, pengguna bisa mengaktifkan fitur ini.

22. Pintasan pilih Wifi + Bluetooth
Jika pada versi sebelumnya untuk mengatur wifi dan bluetoth pada iPhone harus masuk ke menu setting. Pada versi terbarunya saat ini iPhone sudah menyematkan fitur pintasan untuk wifi & bluetoth sehingga pengguna cukup tab dan tahan wifi di control center dan daftar koneksi wifi akan ditampilkan.

Baca Juga : Cara Mengubah Tema WhatsApp iPhone 

23. App Store
App store juga mendapatkan fitur terabru yaitu adanya tab Apple Arcade. Fitur ini memungkinkan dapat bayar bulan dan bisa mengakses semua game yang ada disana. Lalu di setting, dan anda bisa unduh aplikasi berukuran besar dengan data seluler.

24. Mail Making Advanced
Mail disematkan berbagai fitur terbaru seperti adanya text formating advanced sehingga anda bisa mengatur style text, alligment text, bahkan font dan warnanya. Anda juga bisa masukkan foto, dokumen, tanda tangan, sampai scan dokumen menggunakan kamera. Selain itu, saat anda tap tombol reply akan banyak muncul opsi seperti move message, arcive message, mute, bahkan juga print.

25. Text Editing Lebih Praktis
iOS 13 juga memiliki fitur terbaru untuk text editing yang lebih praktis. Jadi ketika kita membuka dokumen panjang, kita bisa tab tahan saja lalu scroll ke bawah atau ke atas. Lalu tap dan swipe untuk memilih teks, pinch 3 jari utk copy, dan spread 3 jari untuk paste. Undo dan Redo juga bisa dilakukan dengan swipe tiga jari, swipe ke kiri untuk undo atau ke kanan untuk redo.

26. Share Sheet
Fitur terbaru selanjutnya yaitu menu share yang juga berubah total. Menu share terlihat lebih dinamis dengan adanya suggestion. Selain itu juga ada lebih banyak opsi mulai dari deretan rekomendasi kontak di Messages, deretan icon aplikasi, dan sederet panjang menu pilihan yang ada banyak fitur lainnya.

26. Apple Music cocok untuk karaoke
Pada versi terbarunya, iPhone menyematkan fitur untuk pengguna yang senang berkaraoke karena saat ini Apple Musik sudah mensinkronkan lirik dan lagu sehingga cocok untuk berkaraoke.

Baca Juga : Cara Menelpon Menggunakan Private Number di iPhone

Itulah Fitur Terbaru iOS 13 dan Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 13. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares