Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows Mudah ANTI RIBET | Pro.Co.Id

Informasi

Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows Mudah ANTI RIBET

By

on

Sebagai salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan, Windows juga kerap mengalami berbagai masalah yang bisa saja terjadi ketika sistem sudah mulai tua atau lama tidak di upgrade. Salah satu masalah yang sering muncul biasanya terjadi setelah komputer/laptop di matikan atau di restart dan sistem tidak bisa melanjutkan proses booting sehingga muncul notifikasi error 0xc000000f. Masalah tersebut biasanya sering dialami oleh windows Xp, Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10 akibat sistem tidak dapat membaca data dari boot sector. Lalu bagaimana cara mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows? untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini.

Error Code 0xc000000f adalah salah satu error blue screens of death yang kapan saja bisa terjadi akibat sistem tidak dapat membaca data dari boot sector. Dengan munculnya notifikasi Error Code 0xc000000f, maka komputer tidak bisa membaca konfigurasi booting sehingga komputer akan menampilkan layar biru dengan menampilkan informasi agar anda memperbaiki komputer.

Ada beberapa penyebab munculnya Error Code 0xc000000f, antara lain seperti:

  • Operasi sistem tidak membaca data konfigurasi boot
  • Hardisk rusak akibat pemadaman listrik
  • Sistem file korupt akibat komputer/laptop shutdown tidak semestinya
  • Terdapat perangkat hardware yang rusak
  • Kerusakan pada sektor boot Windows
  • Baterai CMOS habis atau BIOS di-reset

Baca Juga : Cara Restore Windows 10 Menggunakan System Restore Point

Jika terjadi masalah Error Code 0xc000000f, maka ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya, antara lain seperti dibawah ini:

Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f

Sebenarnya tidak ada satu solusi untuk mengatasi dan memperbaiki masalah error code 0xc000000f. Hanya saja solusi paling tepat yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbaiki penyebab spesifik dari adanya kesalahan atau masalah pada komputer/laptop anda. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Error Code 0xc000000f pada Windows baik untuk Windows 10, windows 8.1, windows 8, windows 7 maupun windows xp.

Biasanya tampilan error code 0xc000000f pada setiap jenis windows memiliki tampilan yang berbeda, seperti pada tampilan windows 7, error 0xc000000f akan menampilkan layar berwarna hitam dengan menampilkan informasi tentang penyebab kerusakan. Pada windows 8 (8.1) dan windows 10 error 0xc000000f akan menampilkan layar berwarna biru dengan menampilkan error code dan menampilkan informasi kerusakan.

Baca Juga : Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 

Untuk mengatasi error code 0xc000000f dapat diatasi dengan beberapa cara dibawah ini, antara lain:

I. Cek Prioritas Boot BIOS

Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error code 0xc000000f di Windows yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan Parameter Boot dan mengatur Prioritas boot sistem dengan cara berikut ini.

Langkah pertama, Restart komputer/laptop anda, lalu pada saat menyala tekan tombol Del / F2 / F1 / F8 untuk masuk Menu BIOS (Biasanya setiap vendor pembuat komputer/laptop memiliki tombol yang berbeda untuk masuk ke menu BIOS).

Setelah masuk menu BIOS, lalu tab ke Boot dan buka Parameter Boot Sequence atau Boot Device Priority, Set Boot Priority, dll.).

Selanjutnya pilih Hardisk sebagai prioritas booting (1st Boot Device), Save perubahan dan Restart perangkat Komputer/laptop anda.

II. Cek Hard Disk

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error code 0xc000000f di Windows yaitu dengan mengecek kondisi hardisk pada perangkat komputer/laptop dengan cara berikut ini.

  • Langkah pertama buka Command Prompt
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, lalu ketikkan perintah “Chkdsk /f /r” (tanpa tanda petik).

Kode tersebut berfungsi untuk mendeteksi hardisk dari error dan jika memungkinkan dapat memperbaiki masalah pada hardisk.

Baca Juga : Cara Melihat Product Key atau Lisensi Windows 10

III. Gunakan Boot Sector

Jika dengan cara diatas belum bisa mengatasi error code 0xc000000f, maka terdapat kemungkinan boot sector perangkat anda mengalami corrupt yang dapat disebabkan oleh serangan virus, penurunan tegangan listrik, kegagalan sistem dan berbagai hal lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara restore windows boot, berikut ini cara yang bisa anda lakukan, antara lain:

Langkah pertama yaitu dengan membuka jendela Command Prompt dan memasukkan perintah atau kode.

  1. Kode pertama yang bisa anda gunakan untuk memulihkan boot sector yang lama yaitu dengan memasukkan kode perintah “bootrec /Fixboot” . Setelah itu restart komputer/laptop anda.
  2. Jika dengan perintah diatas belum dapat memulihkan komputer/laptop anda, maka selanjutnya pindai Windows dengan memasukkan kode perintah “bootrec /scanOs”. Selanjutnya lakukan boot ulang area booting dengan kode perintah “bootrec /RebuildBcd”.
  3. Selain dengan cara diatas, pada kasus error yang sudah parah dan beberapa cara diatas belum membantu, maka coba dengan menggunakan kode perintah “bootrec.exe /FixMbr” atau “bootrec.exe /nt60 all /force”.

Namun, jika berbagai cara diatas masih belum dapat mengatasi masalah error code 0xc000000f, maka jalan pintas yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan install ulang Windows.

Baca Juga : Cara Install Ulang Windows

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login