sistem Informasi

Cara Menghilangkan Notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7 Paling Mudah

By

on

Sejak terhitung mulai tanggal 14 Januari 2020 lalu, Microsoft telah menghentikan seluruh dukungannya terhadap Windows 7. Dengan dihentikannya dukungan tersebut, maka terhitung mulai tanggal 15 Januari 2020 Windows 7 tidak lagi mendapatkan beberapa dukungan penting seperti update software, update keamanan hingga dukungan teknis dari Microsoft dan Microsoft akan mengaktifkan layar penuh pada perangkat Windows 7 serta merekomendasikan kepada pengguna untuk beralih menggunakan Windows 10.

Akibat diaktifkannya layar tersebut, maka beberapa pengguna Windows 7 akan menjumpai notifikasi pada layar dengan munculnya informasi “Your Windows 7 PC is out of support”.

Munculnya notifikasi tersebut merupakan program yang dijalankan oleh EOSnotify.exe yang terinstall secara otomatis dari update KB4530734. EOSnotify merupakan program yang dibuat Microsoft dengan tujuan agar pengguna Windows 7 segera melakukan Ugrade OS ke Windows 10.

Seperti yang kita ketahui, windows 10 merupakan sistem operasi terakhir yang diproduksi windows yang rilis pada tahun 2015 lalu dengan memberikan berbagai fitur unggulan terbaik yang selalu di upgrade secara berkala untuk memberikan layanan terbaik baik penggunanya.

Meskipun demikian, tidak diragukan lagi bahwa Windows 7 merupakan sistem operasi favorit yang banyak digunakan sehingga pengguna masih banyak pengguna yang tetap menggunakan sistem operasi Windows 7 meskipun Microsoft telah menghentikan dukungannya terhadap OS tersebut. Untuk itu, bagi pengguna yang merasa terganggu dengan munculnya notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7, berikut ini akan kami berikan ulasan tentang cara menghilangkan notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows

Cara Menghilangkan Notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7

Bagi anda pengguna Windows 7 dan merasa terganggu dengan munculnya notifikasi Your Windows 7 PC is out of support, maka anda dapat menghilangkan atau menonaktifkan notifikasi tersebut dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini, yaitu.

  • Langkah pertama, buka dialog RUN dengan cara tekan Win+R pada keyboard, dan ketikkan perintah “regedit” lalu ENTER untuk membuka jendela Registry Editor.

  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, selanjutnya masukkan kode perintah dibawah ini pada kolom alamat Registry Editor yang terletak dibagian bawah jedela.

[su_note note_color=”#aab0bd” text_color=”#111010″ radius=”0″] HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\EOSNotify [/su_note]

Kode perintah diatas digunakan untuk membuka folder EOSNotify yang ada didalam folder CurrentVersion. Selanjutnya cari entri “DiscontinueEOS” pada folder tersebut, lalu klik dua kali untuk mengeditnya.

Selanjutnya pada kotak dialog Edit DWORD, pada value name tertera DiscontinueEOS, lalu pada value data ubah nilai 0 menjadi 1. Lalu OK. Perintah tersebut digunakan untuk menonaktifkan popup full screen “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7.

Baca Juga : Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 

Namun jika anda tidak menemukan kotak dialog Edit DWORD, maka lakukan langkah dibawah ini untuk menemukan folder ‘EOSNotify’ di bawah ‘CurrentVersion’.

Langkah pertama, klik kanan pada folder “CurrentVersion” dan pilih “New” untuk membuat Binary Value baru dan beri nama “EOSNotify”.

Selanjutnya klik folder EOSNotify yang telah anda buat untuk memuat isinya. Lalu klik kanan pada kotak dan buat Nilai DWORD (32-bit) lalu selanjutnya ubah nilai Value Data menjadi 1.

Setelah menonaktifkan notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” maka komputer/laptop anda tidak lagi muncul notifikasi tersebut. Namun perlu diketahui, dengan tidak melakukan Upgrade OS baru, maka Windows 7 lebih rentan terhadap virus atau Malware karena sistem operasi windows 7 tidak lagi mendapatkan dukungan dari Microsoft seperti tidak adanya pembaruan keamanan, pembaruan perangkat lunak, dan tidak adanya dukungan teknis. Karena itulah dengan munculnya notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support”, Microsoft merekomdasikan anda untuk beralih dan melakukan Upgrade ke Windows 10 agar anda tetap mendapatkan layanan fitur keamanan dan perlindungan dari malware berbahaya.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Menghilangkan Notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login