Cara Mengatasi Koneksi Internet Terputus/Mati di Windows 10 MUDAH | Pro.Co.Id

Informasi

Cara Mengatasi Koneksi Internet Terputus/Mati di Windows 10 MUDAH

By

on

Salah satu masalah yang masih kerap mucnul di Windows 10 adalah koneksi internet/Wifi yang tidak dapat terhubung ke internet atau tiba-tiba terputus ketika melakukan upgrade Windows 10 meskipun kita memasukkan Password dengan benar atau kemungkinan wifi tidak berfungsi sebagaimana fungsinya setelah komputer/Laptop dihidupkan. Masalah tentunya sangat berpengaruh terhadap aktivitas kita di dunia maya. Karena itu, penting bagi pengguna Windows 10 untuk mencari solusi tentang Cara Mengatasi Koneksi Internet Terputus/Mati di Windows 10.

Tahukah anda, bahwa untuk mengatasi masalah koneksi terputus/mati di Windows 10 tidaklah sulit. Karena untuk mengatasi masalah yang sering muncul di Windows 10 dapat dideteksi dan diketahui dengan memperhatikan masalah yang muncul karena biasanya akan muncul notifikasi pemberitahuan sebelum terjadinya error.

Namun, sebelum kita mengetahui cara mengatasi koneksi internet yang terputus atau mati di Windows 10, terlebih dahulu ketahui beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi internet di Windows 10 dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7

Masalah Koneksi Internet di Windows 10

Berikut ini beberapa masalah yang sering muncul dan terjadi akibat problem koneksi Internet di Windows 10, antara lain:

  1. Koneksi internet pada Windows 10 sering terputus dan nyambung lagi setelah melakukan upgrade pembaruan Windows 10.
  2. Masalah koneksi internet muncul setelah menginstall update build/patch.
  3. Driver Wifi tidak terbaca pada Windows 10. Masalah ini biasanya dapat terdeteksi dengan tidak muncul logo Wifi pada Tray Icon Network pada sudut Taskbar.
  4. Driver Wireless Network Adapter sudah terpasang dengan benar dan icon wifi muncul di sudut taskbar, tapi koneksi internet belum terdeteksi dan tidak terhubung ke Internet.

Dari berbagai masalah yang terjadi pada Windows 10 diatas, maka dapat disimpulkan bahwa masalah koneksi terputus/mati di Windows 10 tidak lepas dari Driver Wifi atau Driver Wireless Network Adapter. Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus berfokus pada perbaikan Driver itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi koneksi wifi terputus/mati di Windows 10.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows

Cara Mengatasi Koneksi Internet Terputus/Mati di Windows 10

Cara I.

Cara pertama untuk mengatasi wifi terputus/mati yaitu dengan melakukan pengaturan pada fitur Wifi Sense. Berikut langkah yang dilakukan, antara lain:

Langkah pertama yaitu dengan masuk ke Menu setting lalu ikuti proses seperti dibawah ini.

Settings -> Network & Internet -> Wi-Fi -> Manage Wi-Fi settings.

Lalu pada bagian Wifi Sense, matikan Connect to Suggest open hotspots dan Connect to networks shared by my contacts.

Setelah itu, coba koneksikan kembali ke Wifi router atau wifi hotspot yang biasa anda gunakan.

Namun sebaiknya, koneksikan komputer/laptop ke internet dengan menggunakan USB Theatering melalui smartphone, atau gunakan kabel LAN yang disambungkan ke Wifi router.

Cara II.

Cara kedua untuk mengatasi masalah koneksi wifi terputus/mati di windows 10 adalah dengan melakukan pengecekan Windows Update. Cara ini merupakan solusi paling umum yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah yang dilakukan, antara lain:

Langkah pertama yaitu dengan masuk ke Menu setting lalu ikuti proses seperti dibawah ini.

Settings -> Update & Security -> Windows Update -> klik Check for Update.

Setelah itu tunggu hingga muncul notifikasi pembaruan, apakah sudah up to date atau belum.

Dengan melakukan pembaruan sistem atau upgrade sistem maka akan memperbaiki kinerja Windows 10 serta membantu mengatasi bug dan berbagai masalah pada komputer/laptop termasuk masalah koneksi wifi.

Baca Juga : Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 

Cara III.

selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi wifi terputus/mati di Windows 10 yaitu dengan Restart WLAN AutoConfig. Dengan melakukan langkah ini, maka akan memulai ulang service terkait Wifi. Berikut langkah yang dilakukan, antara lain:

Buka dialog RUN dengan cara tekan Win+R pada keyboard, lalu ketikkan perintah services.msc dan ENTER.

Selanjutnya cari opsi dan klik WLAN AutoConfig, lalu klik Stop dan Start.

Setelah itu tunggu hingga proses restart selesai, dan coba koneksikan wifi ke komputer/laptop anda. Jika masih belum bisa, maka restart komputer/laptop anda terlebih dahulu.

Cara IV.

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah koneksi wifi di Windows 10 yaitu dengan melakukan pengecekan VPN Software. Jika sebelumnya anda pernah menggunakan fitur VPN Software, maka kemungkinan hal tersebut menjadi penyebab masalah koneksi wifi terputus/mati setelah melakukan Upgrade sistem.

Jika demikian, maka solusi yang bisa anda lakukan adalah segera kunjungi situs dukungan Microsoft Windows 10, lalu download tool troubleshooter secara otomatis.

Cara V.

Cara mengatasi wifi terputus/mati lainnya di windows 10 dapat dilakukan dengan melihat produsen chip pada komputer desktop yang menggunakan wi-fi card. Caranya dengan menggunakan Device manager untuk melihat nama chip wi-fi card. Umumnya, chip yang biasa digunakan seperti Intel, Realtek, Qualcomm atau Broadcom.

Setelah mengetahui jenis Chip yang digunakan, selanjutnya kunjungi situs dari jenis chip tersebut lalu download Driver yang sesuai dengan perangkat komputer/laptop anda. Sebagai contoh, jika anda menggunakan chip jenis Intel, maka situs akan mendeteksi perangkat wifi dan sistem operasi yang anda gunakan dan situs akan memberikan driver yang sesuai dengan perangkat yang anda gunakan.

Cara VI.

Cara lain untuk mengatasi wifi terputus/mati di windows 10 dapat dilakukan dengan mengunjungi situs produsen komputer/laptop yang anda gunakan. Selanjutnya cari dibagian dukungan/suport, dan gunakan Tool untuk menganalisa masalah di komputer/laptop anda. Setelah itu download Driver yang disarankan oleh tool tersebut.

Cara ini dinilai paling efektif untuk mengatasi wifi terputus/error di Windows 10. Mengingat pada umumnya setiap produsen komputer/laptop pasti menyediakan tool untuk menganalisa masalah di komputer/laptop.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Koneksi Internet Terputus/Mati di Windows 10. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login