fbpx

Android

Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android Agar Kuota Tidak Cepat Habis

By

on

Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android – Penggunaan Smartphone saat ini telah menjadi kebutuhan manusia untuk menunjang berbagai kegiatan bahkan pekerjaan. Akan tetapi, untuk menunjang hal tersebut penggunaan smartphone juga membutuhkan akses internet untuk beberapa aplikasi agar dapat bekerja secara maksimal. Akses internet bisa didapatkan melalui wifi dan melalui paket internet reguler.

Sayangnya, tidak semua tempat menyediakan layanan Wifi, sedangkan harga paket internet juga dibanderol dengan harga yang tidak murah. Jadi terkadang banyak pengguna mengeluh paket internet cepat habis padahal masa berlaku masih ada. Hal ini umumnya terjadi karena anda tidak bisa menghemat penggunaan data internet. Padahal anda dapat menerapkan Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android Agar Kuota Tidak Cepat Habis. Cara ini dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan karena android memiliki fitur untuk memonitoring dan mengontrol penggunaan data internet.

Baca Juga : Menghemat Kuota Nonton Netflix

Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android

Hanya dengan melalui setting di android anda sudah bisa mengatur batas penggunaan data internet. Selain itu anda juga dapat menerapkan pembatasan sesuai dengan jumlah paket data internet yang tersedia. Simak langkah dibawah ini untuk Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android.

Langkah awal buka menu Pengaturan / Setting


Selanjutnya klik koneksi

Selanjutnya akan muncul halaman koneksi dengan berbagai perintah kerja, Pilih penggunaan data

Baca Juga : Menghemat Kuota Data Instagram

Lalu akan muncul laman penggunaan data. Tampilan atas menunjukkan penggunaan data seluler dari tanggal 1 – 31 Oktober. Selanjutnya klik penggunaan data seluler.

Selanjutnya muncul halaman penggunaan data seluler, Klik tanda roda Gear di pojok kanan atas.

Baca Juga : Cara Internetan Gratis Seumur Hidup

Lalu akan muncul halaman siklus tagihan dan peringatan data. Dihalaman tersebut anda bisa mengatur peringatan data. 

Dan setel peringatan data yang anda inginkan.

Selanjutnya anda juga dapat mengatur batas data yang anda gunakan dengan cara, geser tombol atur batas data. Lalu anda dapat mengatur batas data yang digunakan.

Baca Juga : Menggunakan SSH Untuk Internet Gratis Di Android

Selain itu, penggunaan data internet juga akan dihitung setiap bulannya oleh fitur smartphone Android. Jadi saat penggunaan data mencapai tanggal tertentu setiap bulannya maka perhitungan penggunaan data seluler akan di setel ulang. Cara menyetel sikul perhitungan data, dengan klik mulai siklus tagihan data dan atur tanggal setel ulang yang diinginkan.

Anda tidak perlu melakukan save pengaturan, karena sistem akan secara otomatis menyimpan pengaturan yang telah dilakukan.

Langkah diatas, penulis menggunakan smartphone Samsung type J5Prime. Sebenarnya, cara yang digunakan hampir sama dengan pengaturan yang digunakan pada beberapa type HP, hanya saja letak dan menu yang tertera berbeda posisi.

Perlu diingat, bahwa tercapai atau tidaknya batas penggunaan data diatas dipengaruhi oleh intensitas penggunaan data anda. Batas penggunaan data bisa saja tercapai dalam satu hari, satu minggu, satu bulan bahkan lebih dari satu bulan. Karena itu disarankan untuk membuat batasan dengan pertimbangan seberapa sening anda menggunakan internet.

Tips yang perlu diingat adalah, menentukan batas maksimun yang terlalu rendah dapat berakibat jaringan data terputus saat jaringan internet sedang di butuhkan, sedangkan terlalu tinggi menentukan batas maka tagihan jaringan data tetap tinggi sehingga tidak ada bedanya dengan tidak mengatus batasan penggunaan data.

Baca Juga : Menghemat Penggunaan Kuota Data Android

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares