fbpx

Android

Cara Membuat Podcast di Spotify Untuk Pemula, Mudah dan Cepat

By

on

Cara Membuat Podcast di Spotify Untuk Pemula – Saat ini Podcast menjadi fenomena digital baru yang mulai banyak diminati masyarakat. Mungkin belum banyak yang mengetahui lebih jauh dari Podcast. Podcast merupakan salah satu platform digital yang memuat rekaman audio. Seperti layaknya mendengarkan radio, itulah pengertian singkat dari Podcast. Hanya saja Podcast tidak mengandalkan frekuensi agar bisa didengarkan oranglain, ia mengandalkan media atau platform seperti Spotity, dan beberapa platform yang memiliki fitur podcast. Untuk lebih jelasnya simak uraian tentang Cara Membuat Podcast Untuk Pemula.

Baca Juga : Cara Upload Video Berdurasi Panjang di Instagram Stories

Apa itu Podcast?

Sebelum memulai cara membuat podcast, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu podcast agar anda lebih paham mengenai podcast.

Podcast adalah platform digital yang muncul pada tahun 2005, namun mulai berkembang pesar di tahun 2011 hingga saat ini. Podcast merupakan singkatan dari iPod Broadcasting dan Apple menjadi perusahaan yang mengenalkan dan mempopulerkan konsep Podcast hingga saat ini podcast sudah bisa didengan melalui smartphone apapun.

Seperti penjelasan diatas, Podcat memang memiliki banyak kesamaan dengan radio. Meskipun keduanya juga memiliki perbedaan yang mendasar. Persamaan yang paling mendasar dari podcast dan radio yaitu bentuknya yang sama-sama berupa audio, meskipun saat ini sudah mulai bermunculan Podcast Video. Karena memang diawal kemunculannya Podcast berbentuk audio jadi tidak heran jika ketika mendengarkan podcast akan terlintas ingatan saat mendengarkan radio.

Kesamaan lainnya antara podcast dan radio yaitu anda bisa memilih kategori atau topik Podcast yang ingin anda dengarkan, sama seperti mendengarkan radio. Jadi anda bisa memilih topik atau kategori yang anda sukai untuk didengarkan.

Sedangkan perbedaan paling mendasar antara podcast dan radio adalah dari segi perekaman. Pada audio Podcast yang kita dengarkan adalah sebuah rekaman, sedang pada audio radio adalah live alias langsung. Meskipun ada juga siaran radio berupa rekaman, tapi hal ini sangat jarang terjadi kecuali dalam kondisi mendesak.

Perbedaan selanjutnya antara podcast dan radio yaitu pada podcast kita tidak terganggu dengan adanya iklan. Sedang pada radio menampilkan iklan setiap beberapa menit sekali.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan jika Podcast memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Radio seperti Podcast memiliki banyak kategori yang bisa dipilih, tidak menampilkan iklan, dapat didengarkan kapan saja, bisa meminta pemberitahuan saat muncul episode baru dari chanell podcast favorit dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Upload Video Di IGTV Lewat PC

Cara Membuat Podcast

Setelah mengetahui apa itu Podcast, selanjutnya cari tahu cara membuat Podcast di Spotify. Saat ini sudah mulai banyak orang yang tertarik pada POdcast. Mulai dari sebagai pendengar hingga pembuat podcast. Namun masih ada banyak orang yang belum mengetahui cara membuat podcast di berbagai platform, seperti Spotify. Berikut ini adalah cara membuat podcast di Spotify.

Tentukan Topik yang diinginkan

Topik adalah bahan pertama yang harus ditentukan sebelum membuat Podcast. Karena dengan topik itulah yang nantinya akan didengarkan oleh pendengar podcast anda.

Untuk menentukan topik podcast anda tidak perlu mencari atau membicarakan topik yang disukai banyak orang sedangkan anda tidak menyukai topik tersebut atau tidak menguasai topik tersebut. Ini penting karena jika dipaksakan akan cenderung terdengar kaku dan memaksakan ketika anda membahasnya.

Pilihlah topik yang anda sukai, serta pilih topik yang bisa anda bahas secara panjang sehingga anda tidak kehabisan pembahasan ditengah-tengah proses perekaman sedangkan durasi rekaman yang anda siapkan masih panjang.

Baca Juga : Cara Upload Video ke Youtube Dengan Hp Android

Mulai Perekaman

Setelah menentukan topik yang akan dibahas di podcast, maka langkah selanjutnya adalah mulai perekaman. Untuk mendapatkan hasil perekaman yang berkualitas tinggi, anda bisa menggunakan perlengkapan alat yang memadai dan canggih seperti microphone berkualitas baik, mixer, dan peralatan rekaman lainnya.

Namun, jika anda tidak memiliki kelengkapan peralatan diatas, anda juga tetap bisa menggunakan aplikasi perekam yang ada si smartphone anda. Dengan beberapa tips seperti, anda bisa merekam ditempat yang memiliki ruangan cukup redam seperti diruang tidur. Juga pastikan jarak dengan mic smartphone tidak terlalu jauh sehingga suara akan terlihat jelas.

Dengan tips-tips diatas, maka kualitas rekaman suara yang dihasilkan sudah cukup baik meskipun tidak menggunakan peralatan canggih.

Unggah di Soundcloud atau Anchor

Selanjutnya untuk membuat podcast di spotify yaitu dengan mulai unggah rekaman suara ke platform online. Namun sebelumnya anda terlebih dahulu bisa melakukan proses editing terlebih dahulu dengan aplikasi pengedit audio yang banyak tersedia di internet.

Namun jika anda merasa suara anda sudah oke dan tidak ada kesalahan maka anda bisa langsung memindahkan rekaman ke platform online. anda bisa memiliki antara Souncloud atau Anchor, karena ketika anda mengunggah podcast ke akun tersebut, maka podcast anda langsung tersedia di Spotify.

Anda dapat mengunggah POdcast dengan durasi maksimal 3 jam ke Soundcloud serta akan dibebankan biaya. Sedangkan pada platform Anchor tidak ada beban biaya yang anda keluarkan.

Baca Juga : Cara Upload Banyak Foto/Video Ke Instagram

Cara Upload Podcast di Spotify

Masih banyak pengguna yang merasa kesulitan untuk menyebarluaskan Podcast-nya karena mereka tidak mengetahui cara upload Podcast di SPotify. Tidak dipungkiri, jika saat ini Spotify menjadi platform yang sangat mempopulerkan Podcast.

Sudah ada banyak pendengat Podcast di Spotify sehingga perlu sekali bagi anda yang ingin podcastnya didengar banyak orang untuk mengetahui cara upload podcasti di spotify. Berikut langkahnya:

  • Terlebih dahulu masuk halaman Spotify for Podcaster
  • Lalu LOGIN menggunakan akun Spotify
  • Selanjutnya centang pada kotak laman Terms and Conditions, lalu tekan Continue
  • Selanjutnya masukkan link RSS feed milik anda pada kolom yang disediakan
  • Setelah judul dan cover image Podcast muncul di kotak yang berada disebelah kanan, maka klik NEXT
  • Selanjutnya lengkapi informasi yang diperlukan seperti negara, bahasa, dan kategori pada menu Add Podcast Info, klik NEXT
  • Lalu tinjau ulang detail Podcast, jika sudah tepat pilih SUBMIT
  • Selanjutnya tunggu persetujuan dari tim SPotify terhadap Podcast anda. Lamanya proses ini bisa memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari.

Baca Juga : Cara Upload atau Memasukkan Video Ke YouTube

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membuat Podcast di Spotify Untuk Pemula. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares