fbpx

Android

Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS MUDAH

By

on

Cara Aktifkan Instagram Dark Mode – Saat ini fitur Dark Mode sedang menjadi tren terbaru bagi aplikasi Ponsel Android dan iOS. Tak terkecuali juga dengan aplikasi Instagram. Baru-baru ini Instagram resmi meluncurkan Dark Mode pada instagram atau Instagram dark mode sebagai tampilan aplikasi terbaru di platfrom Android 10 dan iOS 13. Lalu? Bagaimana Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS.

Dengan mengaktifkan Dark Mode di Instagram maka akan membuat latar belakang Instagram berubah warna dari warna terang menjadi gelap dan teks berubah menjadi putih. Selain itu, warna pada setiap postingan juga akan terlihat lebih kontras dengan latar belakang hitam.

Fitur Instagram Dark Mode ini hadir dalam pembaruan instagram versi 114.0 di perangkat iOS maupun Android. Dengan syarat utama perangkat harus menjalankan pada iOS versi 13 dan Android versi 10. Namun terdapat beberapa kasus, pengguna android versi 9 juga sudah bisa menggunakan fitur dark mode instagram.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di YouTube Android

Manfaat Instagram Dark Mode

Selain menampilkan latar belakang berwarna gelap, berikut ini juga terdapat manfaat dari dark mode pada instagram. Antaralain sebagai berikut:

  • Menghemat Baterai Ponsel
    Dengan adanya tampilan gelap pada layar latar belakang, maka akan membuat smartphone tidak perlu lagi bekerja lebih keras untuk menyalakan LED atau OLED yang ada dibagian dalam layar. Dengan demikian smartphone tidak lagi perlu mengeluarkan enerhi sehingga bisa lebih menghemat baterai yang dimiliki.
  • Mengurangi Ketegangan Mata
    Dengan mode layar terang akan membuat mata bekerja lebih keras untuk lebih fokus membaca sehingga membuat mata tegang. Dengan adanya mode dark maka secara otomatis akan mengurangi ketegangan pada mata.
  • Meningkatkan Mood
    Berdasarkan ilmu psikologi warna, hitam merupakan warna yang melambangkan sebuah misteri, elegensi, formalitas, kekuatan dan prestige. Karena itu, dengan warna hitam maka akan membuat orang jauh lebih mudah memberikan mood berkonsentrasi ke satu titik.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di WhatsApp

Cara Aktifkan Instagram Dark Mode

Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada instagram cukuplah mudah. Tidak ada tombol khusus dalam aplikasi atau pengaturan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan secara manual. Karena Dark Mode instagram akan mengikuti pengaturan layar yang ada di smartphone secara otomatis. Berikut beberapa hal yang digunakan untuk mengaktifkan mode dark pada instagram, antara lain:

  • Terlebih dahulu pastikan jika anda menggunakan instagram versi terbaru. Untuk pengguna iOS, pastikan pengaturan layar ada pada mode gelap. Pada perangkat iOs 13 mode gelap dapat diaktifkan di menu “Display & Brightness”. Lalu pilih opsi “Dark” untuk mengaktifkan mode gelap. Maka secara otomatis tampilan instagram akan berubah menjadi gelap.
  • Sedangkan untuk pengguna Android, dapat mengaktifkan mode gelap instagram dengan cara mengupdate instagram ke versi terbaru.
  • Setelah itu masuk ke menu pengaturan smartphone untuk mengaktifkan dark mode instagram. Masuk ke “Display” lalu pilih “Night Mode” atau “Mode Malam”. Maka secara otomatis tampilan instagram akan berubah menjadi dark mode.
  • Jika pengaturam utama sudah berada di mode gelap maka tampilan instagram akan secara otomatis berubah menjadi mode gelap.
  • Sedangkan untuk mematikan mode gelap di instagram dan mengembalikan ke mode terang, anda harus menonaktifkan mode gelap di pengaturan layar smartphone.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode di iOS 13

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares