jaringan komputer

Perbedaan RAM dan ROM pada Perangkat Komputer, Laptop dan Gadget Lainnya

By

on

Pro.Co.Id – RAM dan ROM merupakan perangkat memori yang terdapat pada perangkat komputer, laptop maupun gadget lainnya. Memori merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Informasi tersebut dapat berupa perintah ataupun data-data.

Dapat diartikan bahwa fungsi dari RAM dan ROM dalam komputer adalah sebagai media penyimpanan data sementara pada sebuah proses komputer. Dalam setiap program yang dijalankan pada sebuah komputer ini pasti memerlukan transfer data agar program bisa berjalan. RAM dan ROM lah yang memiliki peran untuk menyimpan data dalam sebuah program yang sedang berjalan. Kapasitas dari RAM berbeda-beda. Semakin besar jumlah kapasitas RAM yang digunakan pada sebuah komputer maka akan semakin baik pula kinerja dari komputer tersebut.

 Untuk lebih jelasnya simak uraian selanjutnya dibawah ini.

Pengertian RAM

RAM atau Random Acces Memory merupakan penyimpanan data sementara perintah dan data dalam komputer yang hanya bekerja saat komputer sedang bekerja. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari hardisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. Pada umumnya RAM memiliki kapasitas dalam besaran Megabyte yang memiliki kecepatan dalam chip serta nanodetik yang bisa membaca data lebih cepat daripada ROM. RAM biasanya juga berupa instruksi atau program yang dapat digunaan untuk memanfaatkan kinerja komputer agar maksimal.

Pengertian ROM

ROM atau Read Only Memory merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat merubah data dan perintah yang disimpan di ROM.

Perintah-perintah yang disimpan di ROM tetap dibutuhkan oleh komputer, misalnya perintah-perintah yang dijalankan pada saat komputer pertama dihidupkan. Perintah-perintah diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM

  • Pada RAM kita dapat menulis data apapun dan kapan saja asal komputer masih dalam keadaan nyala.
  • RAM masih berupa data, jika komputer mati maka data yang kita kerjakan akan hilang dengan sendirinya.
  • RAM merupakan penyimpanan data sementara.
  • Pada umumnya RAM pada komputer dibuat dengan jenis Intergrates sircuit atau IC

Perbedaan ROM

  • ROM merupakan penyimpanan data yang bersifat permanen.
  • ROM dapat bekerja meskipun komputer dalam kondisi mati
  • ROM biasanya berisikan program sistem bawaan dari pabrik komputer.

RAM dan ROM adalah dua buah hardware yang ha,pir sama penggunanya dalam sebuah operasi komputer. Namun sebenarnya antara RAM dan ROM memiliki perbedaa yang dignifikan. Pada intinya fungsi dari RAM yaitu media transfer dan penyimpanan data sementara ketika pengguna komputer menjalankan suatu aplikasi. Sedangkan ROM adalah media penyimpanan data yang paling mendasar dalam sebuah komputer. Yang artinya ROM akan langsung bekerja ketika komputer dinyalakan dan menanyangkan pengaturan bios dari komputer tersebut. Keduanya memiliki fungsi yang penting dalam komponen perangkat komputer,laptop dan gadget lainnya. Jadi, tanpa adanya RAM dan ROM maka komputer tidak akan bisa bekerja.

Itulah Perbedaan RAM dan ROM yang dapat penulis berikan, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares