fbpx

Informasi

Pengertian Optical Drive, Fungsi dan Cara Kerja Optical Drive Lengkap

By

on

Pengertian Optical Drive, Fungsi dan Cara Kerja Optical Drive Lengkap – Optical drive atau optical disc drive (ODD) atau dalam bahasa Indonesia berarto penggerak cakram optis adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis.

Optical Drive atau Optical Disk Drive (ODD) adalah salah satu perangkat keras yang umumnya terdapat pada PC maupun laptop. ODD digunakan untuk membaca dan menulis data ke CD dan DVD, yang dikenal dengan istilah burning. ODD menggunakan sinar laser pada spektrum untuk membaca dan menulis data ke piringan CD maupun DVD.

Fungsi Optical Disk Drive

Fungsi Optical Disk Drive (ODD) yaitu sebagai perangkat untuk menuliskan data pada media simpan CD maupun DVD dan membaca data dari media simpan tersebut.

Sebagai perangkat pembaca data, ODD umumnya digunakan untuk melakukan installing suatu software komersial, menonton film, dan melakukan pembacaan data untuk keperluan copying atau burning.

Sedangkan, sebagai perangkat untuk menuliskan data ke media simpan baik CD atau DVD. Hingga sekitar 7 tahun lalu menyimpan data di dalam media simpan seperti CD dan DVD ini menjadi pilihan banyak orang karena memiliki tingkat keamanan dan proteksi yang tinggi terhadap kerusakan data dan serangan virus.

Cara Kerja Optical Disk Drive

Pada umumnya, ODD memiliki bentuk persegi dimana terdapat tempat untuk meletakkan CD maupun DVD, yang digerakkan secara otomatis menggunakan motor. Motor ini akan menggerakkan tempat CD dan DVD keluar dan masuk apabila kita menekan tombol open. ODD hanya bisa bekerja jika terhubung dengan daya.

ODD bekerja membaca dan menulis data dari dan ke CD maupun DVD melalui sinar laser pada spektrum cahaya mendekati spektrum cahaya tampak. Sinar laser pada ODD memiliki intensitas yang lebih kuat saat digunakan untuk menulis data, dibandingkan saat menjalankan fungsi untuk membaca data. Laser ini akan mencetak dan membaca data dari kepingan CD ataupun DVD yang berputar.

Umumnya perangkat ODD memiliki kecepatan memutar kepingan CD dan DVD sebesar 1.600 hingga 4.000 rpm. Kecepatan ini masih kalah jauh dibandingkan perputaran optik pada HDD. Kapasitas kecepatan perputaran sebuah ODD menunjukkan kecepatan perangkat tersebut dalam membaca dan menulis data.

Lebih detailnya, CD atau DVD diletakkan pada tempatnya dan digerakkan oleh motor melalui rel geser dan diposisikan tepat di atas hub disk. CD atau DVD kemudian diputar. Saat diputar, laser ditembakkan dari sumber laser optic dengan diperkuat dan difokuskan oleh lensa dan tertuju pada permukaan CD atau DVD. Saat cahaya laser menyentuh permukaan CD atau DVD, data dicatat dalam bentuk data biner dan kemudian ditransfer menjadi data byte untuk bisa diproses lebih lanjut.

Demikian informasi tentang “Pengertian Optical Drive, Fungsi dan Cara Kerja Optical Drive Lengkap“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares