Cara Menghapus Data Cache Aplikasi di iPhone Untuk Melegakan Ruang Penyimpanan | Pro.Co.Id

Informasi

Cara Menghapus Data Cache Aplikasi di iPhone Untuk Melegakan Ruang Penyimpanan

By

on

iPhone merupakan salah satu smartphone yang memiliki kualitas dan kinerja yang tidak bisa diragukan lagi. Berbeda dengan brand smartphone lainnya, iPhone menggunakan sistem operasi IOS dengan chipset Bionic sehingga membuat kinerja dan performanya menjadi sangat stabil dan memuaskan. Meskipun terbilang mumpuni, pasti ada beberapa kekurangan dari iPhone yang dimilikinya. Salah satunya perangkat iPhone tidak mendukung memori tambahan (memori eksternal) dan hanya menyediakan dukungan cloud. Bagi beberapa pengguna iPhone dengan kapasitas memori internal besar mungkin masalah ini tidak mengganggu, tapi bagaimana dengan pengguna iPhone yang memiliki memori internal terbatas?

Bagi pengguna iPhone dengan memori internal terbatas, pasti masalah ruang penyimpanan yang penuh dan terbatas pasti akan merasa pusing dan kesal. Karena tidak mendukung penambahan memori eksternal, maka ketika ruang penyimpanan penuh akibat seluruh file tersimpan di iPhone dapat menyebabkan munculnya masalah, salah satunya iPhone menjadi lemot bahkan hang. Untuk itu salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus data cache di iPhone untuk melegakan ruang penyimpanan dan membuat kerja perangkat menjadi lebih maksimal.

Baca Juga : Cara Update iOS iPhone, iPad, dan iPod Touch 

Cache merupakan data sampah yang otomatis tersimpan pada sistem guna mempercepat prosesnya dengan menyediakan data-data sementara yang nantinya bisa digunakan kembali. Dengan adanya cache yang tersimpan, maka aplikasi tidak lagi perlu membuat atau mengunduh data baru untuk proses yang sama. Hal ini tentunya berguna untuk mempercepat proses membuka aplikasi atau pencarian data file. Namun cache yang menumpuk dapat menyebabkan ruang penyimpanan cepat penuh dan membuat kerja perangkat menjadi berkurang. Untuk itu kita perlu menghapus file cache tersebut.

Namun sayang, iPhone tidak menyediakan fitur Delete Data Cache aplikasi, untuk itu berikut ini akan kami berikan cara menghapus Data Cache Aplikasi di iPhone

Cara Menghapus Data Cache Aplikasi di iPhone

Restart Perangkat iPhone

Meskipun terlihat sepele, dengan melakukan proses restart iPhone juga termasuk salah satu cara efektif untuk mengatasi memori penuh. Proses restart juga termasuk cara untuk menghapus sebagian memori yang tersimpan dalam perangkat iPhone. Berikut cara restart perangkat iPhone:

  • Caranya tekan tombol Sleep/Wake di samping layar, lalu tunggu hingga muncul pesan slide to power off.
  • Selanjutnya swipe tombol power off
  • Lalu tunggu hingga perangkat benar-benar off, jika sudah kembali tekan tombol Sleep/Wake untuk menghidupkan kembali perangkat iPhone anda.

Baca Juga : Trik Setting VPN Internet Gratis iPhone

Hapus Data Cache Safari

Cache di aplikasi Safari iPhone penting untuk dibersihkan secara rutin. Hanya saja perlu diketahui bawah proses penghapusan data cache tersebut akan membuat seluruh akun yang tersimpan di iPhone secara otomatis akan logOut. Untuk itu, pastikan anda mengingat usernama dan password akun yang anda gunakan untuk login kembali. Berikut cara hapus data cache di Safari iPhone:

  • Buka menu Pengaturan di iPhone
  • Lalu cari aplikasi Safari
  • Selanjutnya masuk menu Safari
  • Dan temukan opsi Clear History and Website Data
  • Selanjutnya proses penghapusan data aplikasi akan dimulai

Hapus Data Aplikasi

Cara paling mudah untuk menghapus cache di iPhone yaitu dengan menghapus data melalui aplikasi yang disediakan oleh iPhone. Berikut cara delete data di aplikasi iPhone:

  • Buka menu Setting di iPhone
  • Lalu pilih opsi menu General lalu iPhone Storage
  • Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di iPhone anda
  • Lalu pilih salah satu aplikasi yang ingin anda hapus datanya
  • Setelah itu tekan Documents & Data untuk melihat data yang telah digunakan
  • Lalu tap Delete App untuk menghapus data aplikasi
  • Proses delete selesai

Setelah selesai, maka aplikasi akan dihapus pada perangkat, dan ketika ingin menggunakan aplikasi itu kembali, maka pasang kembali aplikasi tersebut melalui App Store.

Baca Juga : Cara Mengurangi Memori Penyimpanan Other di iPhone Storage 

Gunakan Aplikasi Cleaner

Ada cara mudah untuk menghapus Data Cache aplikasi di iPhone yaitu dengan menggunakan aplikasi Cleaner. Namun, ada beberapa aplikasi cleaner yang membutuhkan PC/Macbook untuk membersihkan data aplikasi. Berikut ini beberapa aplikasi cleaner yang kami rekomendasikan dan cara menggunakannya, antara lain:

Aplikasi PhoneClean

PhoneClean merupakan salah satu aplikasi andalan yang dapat digunakan untuk menghapus data aplikasi di perangkat iPhone. Namun aplikasi ini hanya bisa bekerja pada perangkat Mac saja. Berikut cara menggunakannya:

  • Terlebih dahulu download dan install aplikasi PhoneClean
  • Selanjutnya hubungkan iPhone ke Mac menggunakan kabel USB original iPhone
  • Lalu buka aplikasi PhoneClean dan klik Scan
  • Tunggu hingga proses scan selesai, kemudian klik Clean untuk menghapus data aplikasi.

Aplikasi iMyFone Umate

Berbeda dengan aplikasi PhoneClean yang hanya bisa digunakan pada perangkat Mac saja, aplikasi iMyFone Umate bisa digunakan pada PC Windows. Berikut cara menggunakan aplikasi iMyFone Umate untuk menghapus data aplikasi di iPhone.

  • Langkah pertama download dan install aplikasi iMyFone Umate
  • Selanjutnya hubungkan iPhone ke PC/Mac menggunakan kabel USB original iPhone
  • Lalu buka aplikasi iMyFone Umate dan klik Scan
  • Setelah itu bersihkan Junk dan temporary files
  • Selanjutnya anda dapat langsung menghapus atau membersihkan file data di iPhone

Aplikasi Memory & Disk Scanner Pro

Jika kedua aplikasi diatas membutuhkan bantukan PC/Mac untuk menghapus data di iPhone. Namun berbeda dengan aplikasi GMemory & Disk Scanner Pro yang dapat digunakan secara langsung di perangkat iPhone.

Aplikasi Memory & Disk Scanner Pro memiliki kemampuan yang cukup bagus untuk menghapus file sampah di iPhone. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini memang bertugas untuk meningkatkan kinerja RAM iPhone serta mengatur penggunakan CPU agar stabil.

Cara menggunakan aplikasi Memory & Disk Scanner Pro juga cukup mudah, selain itu aplikasi ini juga memiliki beberapa widget yang bisa digunakan untuk melakukan penghapusan data. Anda juga dapat memilih file mana yang akan di hapus dan yang dipertahankan.

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache Data Spotify di iPhone

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Menghapus Data Cache Aplikasi di iPhone. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login