Informasi

Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L300 dengan dan Tanpa Software

By

on

Bagi anda yang sering menggunakan mesin pencetak dokumen atau printer pasti kalian sering mengalami error pada printer anda. Karena sebaik dan sebagus apapun printer yang digunakan pasti akan mengalami error juga, apalagi pada printer yang sering digunakan. Salah satu tanda error yang biasanya terjadi pada printer adalah munculnya tulisan seperti Ink waste Is Full, atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live yang menandakan bahwa printer harus di reset ulang. Hal tersebut juga terjadi pada printer Epson L300.

Epson L300 merupakan jenis printer seri L yang banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti mencetak dengan cepat dan dapat mencetak foto dengan kualitas bagus. Karena hal inilah yang membuat printer Epson L300 banyak digunakan.

Meskipun demikian, printer seri L juga kerap mengalami error atau kerusakan, salah satu error yang sering terjadi pada printer Epson L300 seperti masalah pada ink Pad (waste ink pad) yang disebabkan karena penampungan tinta sampah penuh atau akibat jumlah volume cetak printer telah maksimal Sehingga pengguna harus segera melakukan reset agar printer dapat digunakan kembali.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon ip2770/ip2700

Bagi anda yang mengalami masalah ini, diharapkan jangan buru-buru membawa printer ke tempat service, karena masalah ini dapat diatasi sendiri dengan tutorial reset dibawah ini. Untuk itu berikut ini Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L300 dengan dan Tanpa Software.

Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L300

Cara Reset Printer Epson L300 Tanpa Software

  • Pada kondisi printer Epson L300 menyala, tekan tombol tinta (tombol menyala atau berkedip orange) selama 5 detik lalu lepas dan langsung tekan lagi selama 3 detik lalu lepas, dan tekan lagi 1 detik.
  • Jika proses tersebut behasil, maka tombol tinta akan mati yang berarti printer sudah normal kembali.

Namun jika dengan cara diatas belum bisa mengatasi error pada printer Epson L300, maka anda bisa melakukan cara dibawah ini yaitu dengan menggunakan bantuan software Resetter Epson L300.

Baca Juga : Cara Print Langsung Dari Android Ke Printer

Cara Reset Printer Epson L300 Dengan Software Resetter L300

  • Langkah pertama download software Resetter L300
    Lalu ekstrak file download dan jalankan aplikasi dengan Double Click file pada Adjprogcracked.exe di folder resetter.

  • Setelah itu, klik Select untuk memilih tipe Epson yang ingin anda reset. Pilih L300 dan klik Ok.

  • Selanjutnya klik tombol Particular adjustment mode.

  • Pada halaman selanjutnya pilih opsi Waste ink pad counter, lalu klik Ok.

  • Pada halaman selanjutnya klik pada Check Box Main pad counter dan klik tombol Check. Selanjutnya akan muncul kotak pertanyaan yang isinya pesan untuk restart printer anda. Jika demikian maka klik tombol Initialization dan klik Finish.

  • Sedangkan jika print out tidak jelas atau tidak keluar, lalu lanjutkan dnegan melakukan Deep Clean 2 kali, maka printer Epson L300 akan kembali normal.

Baca Juga : Cara Sharing Printer Menggunakan Jaringan LAN

Selain untuk reset Printer Epson L300, software Resetter juga berlaku untuk mereset printer model Epson lain seperti Epson L210, Epson L110, Epson L350 dan Epson L355.

Itulah informasi yang diberikan tentang  Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L300. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login