fbpx

Android

Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error Tidak Berfungsi di Smartphone Android Paling Ampuh

By

on

Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error – Fingerprint adalah fitur keamanan yang dimiliki smartphone untuk mendeteksi dan mengunci layar smartphone dengan menggunakan sidik jari. Dengan teknologi ini, keamanan smartphone lebih terjamin karena kita tidak perlu lagi repot untuk memasukkan kunci pin atau pola yang bisa dengan mudah diketahui orang lain. Namun, masalah utama yang kerap muncul pada fitur ini yaitu fingerprint sering error atau fingerprint tidak berfungsi.

Ada beberapa penyebab kerusakan pada fingerprint, untuk itu kita perlu mengetahui cara memperbaiki fingerprint yang rusak dan tidak berfungsi. Berikut ini cara cepat memperbaiki Fingerprint error tidak berfungsi dengan mudah.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint 

Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error

1. Jaga Kebersihan Fingerprint
Pastikan kebersihan pada smartphone anda, karena salah satu penyebab fingerprint error disebabkan karena fingerprint kotor atau berdebu.

2. Jaga Kebersihan Jari
Untuk mencegah fingerprint error selanjutnya yaitu pastikan jari anda bersih dan tidak terluka. Karena masalah tersebut dapat mengganggu sensor fingerprint untuk mendeteksi sidik jari.

3. Restart Smartphone
Cara selanjutnya untuk memperbaiki fingerprint error yaitu dengan lakukan restart smartphone. Restart smartphone merupakan cara efektif untuk memperbaiki kerusakan atau kehilangan data ringan yang terjadi pada smartphone.

4. Upgrade mui ke versi terbaru
Pada ponsel jenis xiamoi atau jenis yang memiliki costum mui, anda dapat melakukan upgrade mui untuk memperbaiki fingerprint. Upgrade mui dilakukan agar costum mui yang hilang akan terganti dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Membuat Fingerprint di Layar Android

5. Delete Cache Fingerprint
Cara selanjutnya yaitu dengan menghapus cache fingerprint pada pengaturan aplikasi. Caranya dengan masuk menu Pengaturan, kemudian pilih maneger aplikasi, dan pilih aplikasi fingerprint dan Hapus Cache. Cara ini dilakukan utnuk menghapus histori sidik jari smartphone.

6. Delete Data Fingerprint
Selain delete cache, lakukan juga delete data pada fingerprint. Cara yang dilakukan sama saja hanya sajah bukan menghapus cache melainkan menghapus data aplikasi fingerprint. Dengan begitu, fingerprint akan kembali keposisi semula atau terhapus sidik jarinya.

7. Kembalikan ke Setelan Pabrik
Jika dengan cara perbaikan diatas fingerprint masih tidak berfungsi, maka cara paling tepat yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan format ke pengaturan pabrik. Cara ini juga efektif dilakukan ketika anda lupa pola pada smartphone.

8. Flash Smartphone
Jika dengan cara mengembalikan kepengaturan pabrik belum bisa mengatasi masalah error pada fingerprint. Maka cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki error pada fingerprint adalah dengan melakukan flash pada smartphone.

Jika dengan cara diatas belum bisa memperbaiki error pada fingerprint, maka cara paling efektif adalah dengan membawa ponsel ke tukan service Hp.

Baca Juga : Cara Membuat Kamera Menjadi Fingerprint 

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error Tidak Berfungsi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login