fbpx

Informasi

Pengertian Fingerprint, Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint Lengkap

By

on

Pengertian Fingerprint, Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint Lengkap – Saat ini penggunaan Fingerprint sudah sangat luas, terutama dalam bidang keamanan. Nah kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai fingerprint selengkapnya:

Pengertian Fingerprint

Fingerprint adalah suatu alat elektronik yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas. Sensor Fingerprint ini sudah banyal digunakan pada beberapa peralatan elektronik seperti smartphone, pintu masuk, alat absensi karyawan dan berbagai macam peralatan elektronik yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, dan hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu.

Dahulu Fingerprint hanya di terapkan pada peralatan elektronik seperti untuk mengamankan pintu dan untuk absensi karyawan. Tapi semakin berkembangnya zaman, kini Fingerprint sudah di terapkan untuk mengamankan data yang ada di smartphone.

Fungsi Fingerprint

Secara umum, fungsi Fingerprint yaitu untuk mengamankan dan sebagai media verifikasi.

Fungsi sensor fingerprint di smartphone yaitu untuk mengamankan data pengguna smartphone. Pada penerapan alat absensi karyawan, Fingerprint berguna untuk meminimalisir kecuarangan karyawan yang bisa mengakibatkan kerugian perusahaan. Sedangkan penerapan Fingerprint pada sebuah pintu seperti brankas yaitu untuk meminimalisir akses.

Cara Kerja Fingerprint

Secara sederhana, cara kerja sensor Fingerprint yaitu dengan merekam data sidik jari untuk pertama kalinya guna digunakan sebagai acuan. Data sidik jari tersebut akan di simpan dalam database.

Ketika ada yang ingin mengakses sebuah alat yang di pasang sensor Fingerprint, maka akan di lakukan scanning ulang, lalu data sidik jari dari hasil scanning ulang tersebut akan dicocokan apakah sama seperti data sidik jari yang sudah pernah di simpan dalam database. Jika data tersebut sama, maka akses akan dibuka dan jika data berbeda dengan data yang ada di database, maka akses akan tetap tertutup.

Itulah informasi dan tutorial “Pengertian Fingerprint, Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.

You must be logged in to post a comment Login

Shares