fbpx

Android

10 Cara Mudah Bedakan Xiaomi Asli atau Xiaomi Palsu Secara AKURAT

By

on

Cara Bedakan Xiaomi Asli atau Xiaomi Palsu – Xiaomi dikenal sebagai smartphone dengan harga murah dan banyak diminati oleh pengguna smartphone termasuk di Indonesia. Karena memang Xiaomi mengusung smartphone spesifikasi tinggi dengan harga rendah sehingga menambah banyak konsumen yang beralih menggunakan xiaomi. Namun, anda harus memperhatikan secara detail fisik perangkat xiaomi sebelum membelinya. Karena ada beberapa oknum nakal yang menjual Smartphone xiaomi replika atau Xiaomi Palsu.

Di Indonesia sendiri, peminat Xiaomi sangatlah banyak. Mereka mencari smartphone Xiaomi karena vendor ini terkenal menawarkan smartphone dengan build quality yang baik, spesifikasi tinggi serta menawarkan harga yang masuk diakal dan Xiaomi juga memiliki dukungan komunitas yang kuat.

Karena peminatnya yang cukup tinggi inilah kemudian dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak cukup merugikan yaitu dengan membuat replika HP Xiaomi palsu, alias Xiaomi tiruan atau Xiaomi KW.

Baca Juga : Cara Bedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu

Untuk membedakan Xiaomi asli atau Xiaomi palsu sangatlah sulit karena memang tampilan fisiknya sangat mirip dengan yang asli. Jadi sangat disarankan untuk melihat secara detail Xiaomi yang akan beli agar tidak mendapat barang tiruan. Karena itu, cek terlebih dahulu HP Xiaomi yang akan anda beli apakah barang Xiaomi asli atau Xiaomi palsu dengan menggunakan beberapa Cara Mudah Bedakan Xiaomi Asli atau Xiaomi Palsu dibawah ini.

Cara Bedakan Xiaomi Asli atau Xiaomi Palsu

1. Cek Fisik Smartphone Xiaomi
Cara pertama untuk membedakan Xiaomi asli atau palsu yaitu dengan mengecek kondisi fisik HP Xiaomi. Cara ini bisa dilakukan hanya dengan melihat bagian belakang casing HP Xiaomi. Pada Xiaomi asli akan terlihat sertifikasi Replacement, garansi, dan kode keamanan terlihat jelas. Sedangkan pada Xiaomi palsu dibagian belakang tulisan terlihat blur.

Selain itu pada Xiaomi palsu tidak ada sertifikasi dan kode keamanannya. Biasanya pada ujung Xiaomi palsu memiliki ujung bagian kotak yang tidak tajam dan kartu garansi yang tampak murahan dengan kualitas kertas rendah. Jika HP Xiaomi anda memiliki ciri-ciri diatas maka coba cek keasliannya.

Baca Juga : Perbedaan iPhone 11 dan iPhone XR

2. Cek IMEI
Cara selanjutnya untuk membedakan Xiaomi asli atau palsu yaitu dengan mengecek kode IMEI smartphone. Untuk HP Xiaomi, anda bisa menggunakan situs Khusus cek IMEI Xiaomi. Selanjutnya anda lakukan login dengan menggunakan ID Xiaomi. Maka akan muncul deretan nomor IMEI yang bisa anda cocokkan pada dus Xiaomi anda. Jika sama maka smartphone anda dipastikan Xiaomi Asli.

Selain itu, anda bisa gunakan situs https://imei.kemenperin.go.id/ untuk cek IMEI Xiaomi anda. Disitus tersebut anda bisa cek smartphone anda masuk secara resmi di Indonesia atau melalui jalur black market atau HP Batam.

3. Cek Spesifikasi Xiaomi
Sebelum membeli HP Xiaomi sebaiknya perhatikan secara detail spesifikasi HP Xiaomi yang ingin anda beli. Pahami secara detail dan bandingkan dnegan spesifikasi Xiaomi yang akan anda beli. Jika spesifikasi lebih rendah maka dipastikan hp Xiaomi tersebut barang palsu.

4. Cek Baterai
Cara selanjutnya untuk membedakan Xiaomi asli atau Xiaomi palsu yaitu dengan cek baterai ponsel. Xiaomi asli memiliki baterai khusus berwarna Orange. Jika baterai pada Xiaomi anda memiliki tingkat warna yang berbeda maka kemungkinan HP Xiaomi anda palsu.

5. Cek Resolusi Layar
Cara lain untuk membedakan Xiaomi asli atau Xiaomi palsu yaitu dengan cek resolusi layar HP Xiaomi. Xiaomi dikenal memiliki kejernihan dan ketajaman layar yang sudah tidak diragukan lagi. Sesuai dengan spesifikasi bawaan, layar HP Xiaomi memiliki kualitas layar bagus. Berbeda dengan kualitas layar Xiaomi palsu atau tiruan yang memiliki layar buram atau cenderung redup.

Baca Juga : Kekurangan dan Kelebihan iPhone 11

6. Cek Xiaomi dengan MI Recovery
Cara membedakan Xiaomi asli atau Xiaomi palsu lainnya yaitu dengan cek Xiaomi melalui MI Recovery yang sangat mudah dilakukan. Yaitu anda hanya perlu masuk ke MI recovery dan tunggu proses loading. Pada Xiaomi Asli akan muncul pilihan bahasa Inggris atau Chinese. Sedang pada Xiaomi palsu akan langsung menuju ke MI Recovery.

7. Cek Sistem Operasi Xiaomi
Umumnya Xiaomi menggunakan MIUI. Biasanya Xiaomi akan mendapatkan MIUI versi stabil. Sedangkan pada Xiaomi palsu akan tertulis versi beta yang menggunakan ROM MIUI abal-abal. Anda bisa melakukan pengecekan sistem operasi melalui internet. Cek apakah sistem operasi yang digunakan sesuai dengan perangkat Xiaomi anda atau tidak.

8. Reset Xiaomi
Cara selanjutnya untuk membedakan Xiaomi asli atau Xiaomi palsu yaitu dengan melakukan factory reset atau mengembalikan kondisi ponsel ke pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukan factory reset, terlebih dahulu anda harus melakukan backup data agar file yang ada pada HP Xiaomi tidak hilang.

Factory reset ini dilakukan bertujuan untuk menghapus semua software yang terinstall termasuk software yang menutupi kepalsuan perangkat Xiaomi. Setelah dilakukan factory reset, coba perhatikan apakan software yang tersedia sama dengan reset dari HP Xiaomi asli.

Baca Juga : Fitur Terbaru iOS 13

9. Cek Hasil Kualitas Foto
Sudah tidak diragukan lagi jika kualitas hasil foto hp Xiaomi memang jernih dan tajam. Jadi ketika mendapati hasil jepretan dengan kualitas rendah dan cenderung buram maka dapat dipastikan jika HP Xiaomi anda palsu.

10. Cek Garansi Resmi
Sebelum membeli HP Xiaomi sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke penjual, berapa lama garansi yang diberikan dan jenis keresmian garansi yang dimilik. Jika waktu garansi kurang dari 1 tahun dan buka garansi resmi maka mungkin saja HP Xiaomi tersebut palsu.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Bedakan Xiaomi Asli atau Xiaomi Palsu  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares