fbpx

Android

Cara Mudah Membedakan Hp OPPO Asli Atau OPPO Palsu Secara Akurat

By

on

Cara Membedakan Hp OPPO Asli Atau OPPO Palsu – Oppo termasuk salah satu produsen ponsel yang dulu diremehkan dan dipandang sebelah mata. Namun saat ini OPPO berhasil menguasai pasar dan menginvasi pasar tanah air dengan berbagai macam model perangkat seluler yang ditawarkan. Bahkan tahun 2016 lalu, OPPO berhasil membawa penghargaan TOP 4 Global merek dagang ponsel pintar berdasarkan laporan IDC. Karena kepopuleran inilah yang menjadi salah satu penyebab OPPO menjadi target oknum nakal dengan mengambil keuntungan seperti membuat beberapa ponsel OPP versi KW, OPPO Replika atau OPPO Palsu yang mulai banyak bermunculan dimana-mana. Sehingga menyebabkan beberapa penguna HP OPPO tertipu membeli perangkat OPPO Palsu.

Replika Hp OPPO palsu dibuat semirip mungkin dengan versi HP OPPO asli, sehingga membuat pengguna merasa kesulitan membedakan HP OPPO Asli atau OPPO Palsu. Dari segi casingpun tidak bisa dibedakan, karena barang KW biasanya lebih detal dalam membuat replika. Sedangkan pada segi software biasanya akan dibuat semirip mungkin. Untuk itu, agar tidak tertipu barang palsu anda bisa mengunakan beberapa cara Membedakan Hp OPPO Asli dan OPPO Palsu Secara Akurat dibawah ini.

Baca Juga : Cara Bedakan Xiaomi Asli atau Xiaomi Palsu 

Cara Bedakan HP OPPO Asli atau OPPO Palsu

1. Melalui Dial *#06#
Cara pertama untuk membedakan HP OPPO Asli atau OPPO Palsu yaitu melalui dial nomor *#06#. Cara ini digunakan untuk mengetahui kode IMEI HP OPPO. Dengan mengetikan dial nomor *#06# lalu call, maka secara otomatis anda muncul 15 digit kode IMEI HP Oppo anda. Sedangkan jika anda menggunakan dual sim aka akan menampilkan dua kode IMEI berbeda.

2. Cek Kode IMEI
Cara paling mudah untuk membedakan HP OPPO Asli atau OPPO Palsu yaitu dengan mengecek kode IMEI perangkat. Nomor IMEI adalah nomor identitas HP yang dibuat langsung oleh produsen dan tidak bisa dicopy atau dibuat oleh orang luar, serta setiap tipe HP memiliki kode IMEI yang berbeda-beda.

Setiap tipe HP OPPO yang dijual resmi pasti memiliki nomor IMEI sendiri dan sudah tercatat serta bisa di cek via online. Anda bisa lakukan cek kode IMEI di situs Device Authentication OPPO dengan masukkan nomor IMEI yang tertera di HP OPPO. Jika nomor IMEI terdaftar maka dipastikan HP Oppo anda asli.

Baca Juga : Cara Bedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu

3. Cek Kode Rahasia “Engineer Mode”
Cara selanjutnya untuk membedakan HP OPPO Asli atau OPPO Palsu yaitu dengan menggunakan kode rahasia “Engineer Mode”. Kode ini diakses melalui dial *#800# dari HP OPPO. Setelah diakses maka akan muncuk menu “Engineer Mode” dengan beberapa pilihan testing hardware. Selanjutnya anda bisa menguji beberapa pilihan tersebut seperti Hardware, baterai, koneksi dan lainnya.

Seperti contohnya anda melakukan pengujian pada baterai, maka nantinya akan muncul informasi mengenai kesehatan baterai HP Oppo yang anda gunakan. Jika saat dicek baterai ponsel rusak maka dipastikan ponsel OPPo anda palsu. karena HP Oppo Baru namun memiliki baterai yang telah rusak dan harus diganti.

4. Spesifikasi HP OPPO
Cara membedakan HP OPPO Asli atau OPPO Palsu lainnya yaitu dengan mencocokkan spesifikasi HP OPPO yang anda beli dengan informasi yang ada dikotak penjualan. Agar lebih valid, anda bisa cek informasi spesifikasi di situs resmi OPPO.

5. Cek Kejernihan Layar HP OPPO
HP OPPO memiliki tingkat kejernihan layar yang sangat baik. Dengan ini untuk membedakan HP Oppo palsu dapat dilakukan dengan mengecek kejernihan layar HP Oppo. Pada HP Oppo palsu dapat dipastikan memiliki tingkat kejernihan yang tidak berkualitas dengan jumlah kerapatan pixel yang kecil dan terlihat buram.

Baca Juga : Perbedaan iPhone 11 dan iPhone XR

6. Cek Body Smartphone
Selanjutnya untuk membedakan HP OPPO asli dan palsu yaitu dengan cek body smartphone. Biasanya pada body smartphone akan ada sticker putih yang tertera Kode IMEI atau tipe HP OPPO anda. Namun jika anda telah melepas sticker tersebut, anda bisa mengecek melalui dial nomor *#06#.

7. Cek Perbedaan Harga
Oppo termasuk salah satu produsen yang menjual unit HP dengan harga yang lumayan tinggi. Namun, tingginya harga OPPO tidak mengurangi minat masyarakat untuk membeli HP ini. Jadi perlu diingat ketika anda membeli hp OPpo dengan harga jauh dibawah pasaran maka dapat dipastikan jika anda membeli HP OPPO palsu.

Baca Juga : Kekurangan dan Kelebihan iPhone 11

8. Cek Garansi HP OPPO
Cara membedakan HP OPPO asli atau palsu selanjutnya adalah dengan mengecek kartu garansinya. Memang bisa saja oknum pembuat Oppo palsu membuat kartu garansi yang mirip dengan aslinya. Namun, anda bisa mengeceknya melalui jenis kertas yang digunakan. Karena kartu garansi HP OPPO asli dibuat dengan kertas berkualitas tinggi dan cukup tebal. Selain itu pastikan jika kartu garansi berada dibawah bendera PT Indonesia OPPO Electronics.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membedakan Hp OPPO Asli Atau OPPO Palsu  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login