fbpx

Android

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Berfungsi dan Tidak Bisa Dibuka MUDAH

By

on

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error  – Xiaomi adalah salah satu merk dagang smartphone terbesar nomor 2 di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan sebesar 14,55%. Meskipun banyak diminati pasar, tidak dipungkiri juga jika kerap terjadi masalah pada HP Xiaomi, salah satunya masalah Kamera Xiaomi mengalami error tidak berfungsi dan tidak bisa dibuka.

Selain diminati karena harganya yang relatif murah, Xiaomi juga banyak diincar karena memiliki kualitas kamera yang jernih. Seperti pada Xiaomi Redmi Note 5 yang mengusung dual camera sehingga semakin banyak diminati pasar. Tapi sayangnya, masih ada pengguna yang mengeluhkan masalah kamera Xiaomi.

Beberapa masalah yang kerap muncul pada Xiaomi seperti muncul notifikasi error “Cannot Connect to Camera”, kamera tidak berfungsi, kamera tidak bisa dibuka, kamera tiba-tiba keluar sendiri saat mengambil gambar serta kamera menjadi hitam pada tampilannya. Untuk itu ketahui Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Berfungsi dan Tidak Bisa Dibuka berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error

Biasanya Xiaomi yang banyak mengalami masalah camera error ada pada Xiaomi versi lama seperti Redmi Note 5, Pedmi Note 4x dan versi lama lainnya. Sedangkan pada versi terbarunya cukup jarang mengalami masalah ini dan dinilai lebih stabil dibanding pendahulunya. Meskipun ada beberapa pengguna Xiaomi versi baru yang masih mengalami masalah error camera.

Ada beberapa penyebab munculnya masalah pada kamera Xiaomi, seperti adanya penumpukan file cache, kamera yang memang bermasalah, atau karena modul kamera yang mengalami kerusakan seperti terjatuh, terkena air atau karena proses charging yang tidak stabil. Untuk mengatasinya simak Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error dibawah ini.

1. Delete Cache Aplikasi Kamera
Cara pertama mengatasi kamera error pada Xiaomi yaitu dengan membersihkan file cache pada aplikasi kamera dan sistem MIUI. Cara ini dilakukan untuk membuat aplikasi kamera bersih dari file sampah, history, cookies dan file tidak berfungsi lainnya. Anda bisa membersihkan file cache menggunakan aplikasi bawaan seperti keamanan Xiaomi untuk membersihkan file cache lainnya agar lebih maksimal.

Berikut caranya :

Buka menu Setelan >> Aplikasi Terinstall >> Pilih Kamera >> Selanjutnya tap Hapus Data >> kemudian Pilih Bersihkan Cache.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun MI Cloud di HP Xiaomi 

2. Delete Data Aplikasi Kamera
Jika cara pertama belum berhasil, coba dengan menghapus data aplikasi kamera. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan posisi default atau baru pada kamera. Dengan menghapus data aplikasi kamera akan memaksimalkan pengaturan pengguna, cache, cookies, basis data dan lainnya.

Berikut caranya :

Buka menu Setelan >> Aplikasi Terinstall >> Pilih Kamera >> Selanjutnya tap Hapus Data >> kemudian Pilih Hapus Semua Data.

3. Update Sistem MIUI Xiaomi
Cara selanjutnya untuk mengatasi eror pada kamera yaitu dengan melakukan update sistem MIUI agar lebih stabil dan menghapus semua bugs pada kamera. Untuk melakukan update sistem MIUI dapat dilakukan dengan cara berikut:

Buka menu Setelan >> Tentang Ponsel >> Pembaruan Sistem >> Perbarui >> ikuti langkah selanjutnya …

4. Cek Kapasitas Memori
Salah satu penyebab kamera tidak berfungsi lainnya adalah dikarenakan memori data yang overload karena penyimpanan file yang sangat banyak atau karena adanya file-file tidak penting didalamnya. Untuk mengatasinya anda bisa mengurangi atau membuang file yang tidak penting pada memori.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

5. Pergantian Fileware atau ROM Xiaomi
Masalah pada kamera xiaomi selanjutnya yaitu pergantian ROM agar bisa mengupdate fitur terbaru. Sedangkan jika pergantian ROM tidak tepat waktu bisa menyebabkan masalah seperti kamera tidak bisa dibuka atau tidak bisa digunakan.

Jika terjadi masalah tersebut, anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan flash ulang xiaomi dengan ROM bawaan atau ROM Global Stable agar dapat membuka kamera kembali.

6. Flashing Ulang Xiaomi
Cara selanjutnya untuk memperbaiki masalah kamera pada xiaomi yaitu dengan melakukan flashing ulang dengan sistem default atau downgrade sistem ke versi sebelumnya.

Untuk melakukan flashing, dibutuhkan tools tambahan seperti firmware xiaomi, software flashing, fastboot mode, dan sebagainya. Coba searching di Google atau Youtube terkait penjelasan lengkap mengenai metode flashing Xiaomi.

7. Bongkar Smartphone
Jika dengan cara diatas belum mengatasi masalah pada kamera yang tidak berfungsi, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pembongkaran smartphone. Cara ini sebaiknya anda serahkan pada teknisi. Karena cara ini sangat beresiko tinggi jika tidak dipegang oleh ahlinya.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal 4G di HP Xiaomi

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Berfungsi  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares