fbpx

Android

Cara Mengatasi Kamera HP OPPO ERROR Tidak Berfungsi dan Tidak Bisa Dibuka MUDAH

By

on

Cara Mengatasi Kamera OPPO ERROROPPO merupakan salah satu smartphone yang dikenal dengan kamera depan yang begitu memukau dan hasil yang jernih. Apalagi bagi para pecinta selfie, HP OPPO bisa menjadi andalan penggunanya. Mulai dari seri A37 Oppo telah menghadirkan efek beauty yang membuat pecinta seflie tertarik untuk membeli. Meskipun banyak diminati, tidak dipungkiri juga tetap ada beberapa masalah yang kerap muncul pada smartphone OPPO khususnya dari sektor kameranya, seperti kamera error tidak berfungsi dan tidak bisa dibuka baik pada kamera depan atau kamera belakang.

Biasanya, sebelum kamera error akan muncul notifikasi seperti “Camera failed ErrorCallbakOnError “, ”Error Message Handler.handlerMessage (-1)”, “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”. Sebenarnya ada beberapa penyebab kamera HP OPPO tidak berfungsi seperti adanya kerusakan pada perangkat kamera (Hardware) atau terjadi kesalahan pada aplikasi kamera. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah masalah error pada kamera HP OPPO, berikut ini solusinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Berfungsi 

Cara Mengatasi Kamera HP OPPO ERROR Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa masalah yang menyebabkan kamera HP OPPO tidak berfungsi seperti penumpukan file cache, aplikasi kamera yang bermasalah, adanya akses rooting, costum ROM, Kamera terbentur, terkena air, dan beberaoa penyebab lainnya. Untuk mengatasinya berikut ini cara mengatasi kemera HP error tidak berfungsi.

1. Delete File Cache
Cara pertama untuk mengatasi kamera HP OPPO error yaitu dengan membersihkan file cache di aplikasi kamera. Penumpukan file cache yang berlebihan dapat membuat aplikasi kamera tidak bisa beralih atau tidak bisa berfungsi. Ikuti cara dibawah ini untuk membersihkan file cache.

Buka menu Pengaturan >> Setelah Tambahan >> Manajemen APlikasi >> Pilih Kamera >> kemudian Pilih Hapus Cache.

2. Delete Data Aplikasi
Selain delete file cache, cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kamera HP OPPO tidak berfungsi yaitu dengan menghapus data pada aplikasi kamera HP Oppo. Cara ini dilakukan dengan membuat pengaturan kamera kembali pada posisi default dan biasanya akan membuat kamera normal kembali. Dengan menghapus data aplikasi kamera maka akan mengahpus secara otomatis file cache, cookies, dan basis data aplikasi. Ikuti cara dibawah ini:

Buka menu Pengaturan >> Setelah Tambahan >> Manajemen APlikasi >> Pilih Kamera >> Tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Baca Juga : Cara Flashing Oppo A37

3. Gunakan Pusat Keamanan
Selain menghapus data lewat pengaturan, agar bisa lebih maksimal pengguna HP OPPO juga bisa membersihkan cache dengan menggunakan pusat keamanan atau semacam bloatware smartphone OPPO. Aplikasi ini bawan dari HP OPPO yang biasa digunakan untuk membersihkan cache RAM, memori, sistem, virus, basis data dan lainnya. Caranya sebagai berikut :

Buka aplikasi Manajer Telepon >> Bersihkan dan percepat >> Tunggu hingga proses scaning selesai >> Jika sudah tap bersihkan untuk membersihkan file cache secara menyeluruh.

4. Update OS Hp OPPO
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kamera HP Oppo tidak berfungsi yaitu dengan melakukan update sistem (ColorOS) OPPO. Dengan melakukan cara ini , diharapkan dapat menghapus semua bugs yang ada pada kamera dan membuat aplikasi kamera menjadi normal kembali. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

Buka menu Pengaturan >> Pembaruan Sitem >> lalu ikuti langkah-langkah update sistem OS selanjutnya.

Baca Juga : Cara Hard Reset Oppo A37

5. Reboot HP OPPO
Selanjutnya untuk mengatasi kamera tidak bisa berfungsi yaitu dengan melakukan reboot ponsel HP OPPO. Cara melakukan reboot HP OPPO tidaklah sulit, lakukan dibawah ini:

Matikan HP OPPO >> Lepaskan baterai, memori card dan kartu SIM >> Tunggu beberapa saat 20-30 detik agar tidak ada sumber daya yang masuk >> Selanjutnya pasang dan hidupkan kembali smartphone >> Selanjutnya buka kamera semoga kamera bisa normal kembali.

6. Scan Dengan Anti Virus
Kadang kamera tidak bisa berfungsi karena kamera terserang virus. Untuk itu anda bisa gunakan aplikasi antivirus yang powerfull seperti AVG, 360 Security, atau Avast untuk melakukan scaning agar virus-virus pada HP OPPO bisa terhapus dan kamera bisa digunakan lagi.

7. Factory Reset
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kamera mati yaitu dengan melakukan factory reset. Namun sebaiknya anda serahkan ke ahli nya atau bawa ke konter terdekat untuk melakukan faktory reset. Karena cara ini cukup beresiko seperti semua data akan hilang dan hanya tertinggal aplikasi bawaan saja. Jadi sebaiknya sebelum melakukan factory reset, anda bisa lakukan backup data terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Flash Oppo A39

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Kamera Xiaomi OPPO Tidak Berfungsi  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares