Troubleshooting

Cara Mudah Flashing atau Instal Ulang Semua Jenis OS Android

By

on

Inilah Cara Mudah Flashing atau Instal Ulang Semua Jenis SmartPhone Android

Pro.Co.Id – Falshing android atau instal ulang android merupakan teknik menginstal ulang sistem operasi diperangkat androis yang berguna untuk memperbaiki atau memperbarui software bawaan yang mengalami kerusakan. Proses instal ulang ini biasanya dilakukan ketika perangkat android mengalami bootloop.

Bootloop yaitu masalah yang terjadi pada sistem android, proses yang terjadi ketita bootloop biasanya perangkat tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home, tetapi otomatis kembali ke state awal seperti kita meghidupkan smartphone. Hal tersebut terjadi terus menerus yang membuat perangkat anda tidak lagi nyaman untuk digunakan.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan Flashing atau menginstal ulang perangkat android anda. Selain karena masalah bootloop, biasanya flashing dilakukan untuk megupgrade atau downgrade sistem operasi android, seperti Upgrade Costom Rom, namun kebanyakan flashing dilakukan karena berbagai macam penyebab seperti proses sistem android yang tidak normal. Lalu bagaimanakah cara melakukan flashing pada perangkat android? Kali ini Pro.Co.Id akan memberikan informasi seputar cara flashing semua jenis smartphone android.

Sebelum kita melakukan flashing sebaiknya smartphone anda sudah terinstal aplikasi untuk recovery data seperti, ClockworkMod, Arnon_RA, dan lain-lain. Siapkan juga Costom Rom/Firmware yang berguna untuk menginstal ulang ponsel android anda. Gunakan micro Sd dan pasang di ponsel anda, lalu pindahkan custom Rom pada micro SD. Setelah tahap awal sudah disiapkan semua, tahap selanjutnya yaitu melakukan flashing pada perangkat android anda.

Tutorial Flashing Android

  • Siapkan dahulu Costom ROM yang akan di Flashing. File Custom ROM bisa didapatkan dengan berbagai tools yang tersedia Source.Android.
  • Setelah itu pindahkan file Custom ROM pada SD card, buat folder baru untuk menyimpan file Custom ROM.
  • Kemudian matikan Smartphone Android anda lalu masuk ke Recovery Mode
  • Lakukan Backup terlebih dahulu, ROM yang sudah terpasang untuk me-restore atau mengembalikan data seperti keadaan semula jika dalam proses flashing nanti gagal.
  • Selanjutnya lakukan wipe data/reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache. Dengan cara tersebut sistem operasi di ROM Android anda akan terhapus seluruhnya
  • Setelah itu anda lakukan Flashing/install ROM. Tentunya masih berada dalam Recovery Mode dan Instal ZIP from SDcard/ cari flash zip dari SD Card yang sebelumnya sudah anda simpan dan buat folder di SD Card
  • Untuk mengikuti petunjuk di layar karena fungsi layar sentuh tidak berfungsi keatas dan kebawah anda bisa menekan tombol Volume UP (untuk keatas), Volume Down (untuk kebawah) dan Home (untuk pilihan YES )
  • Terakhir hanya restart android anda dengan memilih reboot system now.

Itulah cara flashing atau instal ulang smartphone android . Semoga informasi yang diberikan dapat membantu pembaca bagi yang membutuhkan.

You must be logged in to post a comment Login

Shares