Informasi

6 Cara mengamankan Data Dalam Hardisk Dengan Benar dan Aman

By

on

Pro.Co.Id – Hard Disk merupakan perangkat keras komputer atau laptop yang bekerja secara sistematis menjadi media penyimpanan data. Data yang telah disimpan dalam hard disk tidak akan hilang atau bersifat permanen. Anda pasti serig memasukan dan mengeluarkan data baik itu dari aktifitas browsing, menggunakan aplikasi untuk browsing atau lain sebagainya. Akibat terlalu sering melakukan hal itu, kadang anda lupa untuk mem-backup atau membuat data cadangan jika sewaktu-waktu data yang tersimpan dalam hard disk hilang. Berikut adalah cara mengamankan data penting dalam Hard disk:

1. Menggunakan Hard Disk Eksternal atau Flash Disk
Untuk mengamankan data yang ada dalam Hard disk anda dapat memanfaatkan media penyimpanan internal seperti Hard Disk Eksternal atau Flash Disk yntuk menyalin data-data penting yang ada dalam Hard Disk.
Apabila anda menggunakan Flash Disk maka disarankan untuk menggunakannya secara khusus atau hanya digunakan untuk memback up data yang berukuran kecil saja karena umur flash disk lebih pendek atau lebih cepat rusak di bandingkan dengan Hard Disk Eksternal.

2. Memasang Antivirus
Antivirus berperan penting dalam menjaga data yang ada dalam Hard Disk agar aman dari kerusakan akibat virus. Namun usahakan gunakan antivirus yang bukan bajakan baik itu berbayar atau gratis. Jika sudah ada antivirus maka anda harus rajin meng-update nya agar komputer serta data aman dari serangan virus.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga atau Aplikasi Tambahan
Untuk mengamankan data pada Hard Disk, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan tambahan seperti Comodo Time Machine atau aplikasi lainnya yang sejenis. Namun menggunakan aplikasi ini dapat membuat hard disk cepat penuh dan akan bekerja lebih keras dari sebelumnya.

4. Menggunakan Teknik enkripsi
Untuk menjaga data yang ada didalam hardisk kita juga dapat menggunakan software proteksi data dengan teknik enkripsi. Dengan mengunakan teknik enkripsi ini, data akan diacak dan hanya dapat dibuka dengan kunci yang benar (passsword).

Salah satu software enkripsi yang bagus dan software di tawarkan gratis adalah TrueCrypt. Software ini dapat membuat hardisk virtula ter-enkripsi di dalah media penyimpanan data.

5. Mengaktifkan System Restore
Gunakan System Restore apabila anda ingin menginstall software yang rentan bagi OS, walaupun sebenarnya menginstall software semacam itu memang tidak disarankan tapi terkadang ada yang masih nekat untuk melakukan hal itu sehingga jika terjadi kerusakan yang agak serius, Ia tidak bisa mengatasi dan terpaksa harus melakukan install ulang hingga data menjadi hilang.

6. Gunakan Fitur Backup & Restore
Dengan menggunakan fitur Backup & Restore, data-data anda akan terjamin selama file back up tidak hilang. Backup meenggunkan system Image merupakan cara terbaik untuk mengatasi kehilangan data, namun sering kali orang berpikir dua kali untuk meggunakan fitur tersebut karena ukuran data backup-nuya yang besar.

Itulah informasi singkat tentang Cara mengamankan Data Dalam Hardisk , semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi anda.

 

You must be logged in to post a comment Login

Shares