fbpx

Android

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Android

By

on

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa DibukaGoogle Play Store adalah aplikasi penting pada android yang berfungsi sebagai media untuk mendownload aplikasi dan game android secara bebas gratis maupun berbayar. Sebagai media yang berperan penting untuk mendowload aplikasi, pastinya Google Play Store setiap harinya memberikan update aplikasi terbaru mulai dari aplikasi komersil hingga aplikasi game yang pastinya setiap hari banyak dikunjungi oleh pengguna android. Meskipun demikian tak jarang Google Play Store kerap mengalami masalah seperti Google Play Store mengalami erros seperti Google Play Store Tidak Bisa Dibuka, force close, tiba-tiba berhenti, muncul error (pop up) dan lainnya.

Biasanya errornya aplikasi Google Play Store ditandai dengan muncul pemberitahuan seperti “unfortunately Google Play Store has stopped”, atau “sayangnya Google Play Store telah berhenti”, “maaf, Google Play Store telah berhenti”, “Google Play Store tidak menanggapi”, atau yang lainnya.

Jika Google Play Store tidak bisa dibuka maka akan menyulitkan anda untuk mendowload berbagai aplikasi. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah Google Play Store tidak bisa dibuka? Sebenarnya mengatasi masalah Google Play Store tidak bisa dibuka sangatlah mudah. Untuk itu berikut ini terdapat beberapa cara Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Android.

Baca Juga : Cara Mengatasi Download Pending Di Google Play Store

Penyebab Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Sebelum mengatasi masalah Google Play Store tidak bisa dibuka, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka. Berkut ini Penyebab Google Play Store Tidak Bisa Dibuka, antara lain:

Koneksi Internet Lemah

Masalah koneksi internet lemah akan membuat aplikasi tidak bisa dibuka. Tidak hanya pada Google Play Store, beberapa aplikasi lainnya seperti Browser, WhatsApp, BBM, Facebook, Instagram, Chrome, Twitter dan lainnya juga akan mengalami gangguan sehingga tidak bisa dibuka.

Koneksi internet yang lemah biasanya disebabkan karena lokasi atau tempat yang anda gunakan untuk membuka jaringan tidak memiliki kualitas jaringa yang baik, atau malah karena kuota anda telah habis.

Kapasitas RAM Penuh

Penyebab selanjutnya yaitu karena kapasitas RAM penuh. Sebaiknya cari tahu kapasitas ram yang ada pada ponsel. Karena kapasitas RAM yang kecil dapat membuat Google Play Store terasa berat untuk membuka aplikasi.

Solusinya, sebaiknya anda harus mengurangi penggunaan aplikasi lain saat ingin membuka Google Play Store.

Penumpukan File Cache dan History

Menumpuknya file cache dan file history pada penyimpanan juga menyebabkan Google Play Store tidak bisa dibuka. File Cache adalah file yang bersifat sementara yang dapat mengganggu jalannya aplikasi android jika tidak pernah dibersihkan. Karena itu penting untuk sering membersihkan file cache dan file history pada penyimpanan agar terhindari dari masalah Google Play Store tidak bisa dibuka.

Baca Juga : Cara Blokir Aplikasi dan Game Tidak Pantas di Play Store 

Pengaturan Tanggal dan Waktu tidak Sesuai

Pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai dengan jaringan GSM juga bisa membuat koneksi internet terganggu dan beberapa aplikasi juga akan menyesuaikan tanggal yang ada di android anda. Maka terlebih dahulu cek tanggal dan waktu pada HP anda jika terjadi masalah Google Play Store tidak bisa dibuka.

Terdapat File APlikasi yang Terhapus

Penyebab lainnya bisa jadi file eksekusi Google Play Store ada yang terhapus sehingga membuat Google Play Store tidak bisa dibuka. Solusinya anda bisa menghapus dan install kembali Google Play Store.

Google Play Store Terkena Virus

Bisa jadi Google Play Store teridentifikasi virus yang membuat aplikasi menjadi eror, force close dan tidak bisa dibuka. Agar lebih aman, anda bisa memasang aplikasi antivirus untuk mencegah virus masuk ke smartphone.

Android Memiliki Akses Root

Jika setelah melakukan root terdapat kendala seperti tidak bisa membuka aplikasi, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut menjadi dampak dari proses root. Meskipun berguna untuk mengontrol semua aplikasi semau kita, proses rooting juga dapat membuat aplikasi erros dan tidak bisa dibuka.

Baca Juga : Cara Update Google Play Store

Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Jangan terburu-buru membawa ke tukang servise, karena setelah mengetahui penyebab Google Play Store Tidak Bisa Dibuka diatas, anda bisa mengatasinya. Berikut cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka, antara lain:

Delete File Cache dan History

Cara pertama untuk mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka cepat dan mudah yaitu dengan membersihkan file cache dan history yang ada di penyimpanan aplikasi. Anda bisa membersihkan dengan aplikasi cleaner atau tanpa aplikasi yaitu dengan cara

Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari aplikasi Google Play Store >> Kemudian tap Hapus Cache.

Stop dan Delete data Google Play Store

Cara ini untuk membuat Google Play Store kembali ke pengaturan awal. Caranya dengan

Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari aplikasi Google Play Store >> Kemudian tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Delete Data dan Cache dari Layanan Google Play

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi & notifikasi >> Info Aplikasi >> buka Google Play >> Penyimpanan >> Hapus Cache >> Selanjutnya Hapus penyimpanan lalu Hapus semua data lalu Oke.

Uninstal & instal kembali update Play Store

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi & notifikasi >> Google Play Store >> Uninstal Update >> Oke >> Buka Google Play Store dan download lagi.

Factory Reset Android

Buka Settings > Backup & Reset >> Pastikan menu ‘Back up my data’ sudah aktif >> Pilih akun untuk menyimpan data. Kemudian, ulangi langkah di atas tetapi pilih ‘Factory Data Reset’. Pastikan baterai Anda terisi penuh karena cara ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Android . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares