fbpx

Android

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri Force Close Di Android

By

on

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri Force Close – Sering kali kita alami masalah aplikasi keluar sendiri atau Force Close pada smartphone android saat sedang digunakan. Hal tersebut sangatlah mengganggu aktivitas kita sebagai pengguna. Biasanya sebelum aplikasi keluar sendiri akan ada notifikasi yang muncul di layar seperti “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Application Has Been Stopped”.

Masalah tersebut kerap muncul beberapa perangkat android yang disebabkan oleh beberapa hal seperti menumpuknya sampah pada internal memory dan sexternal memori. Menumpuknya sampah pada memry menyebabkan kinerja aplikasi kurang maksimal dan menjadikan smartphone menjadi lemot. Karena itulah aplikasi akan keluar sendiri atau force close agar android tidak terbebani.

Baca Juga : Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Android 

Selain penyebab sampah pada memory, masih ada juga beberapa penyebab lainnya seperti dibawah ini.

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri Force Close di Android

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi keluar sendiri atau force close. Beberapa penyebabnya antara lain:

  • Spesifikasi HP yang terlalu rendah sehingga menyebabkan aplikasi merasa berat ketika dibuka dan RAM tidak sanggup memprosesnya.
  • Ukuran layar Android tidak sesuai dengan aplikasi yang anda gunakan. Ada beberapa aplikasi yang memang membutuhkan layar besar ketika digunakan. Maka jika ponsel anda tidak mumpuni maka akan terjadi masalah secara otomatis aplikasi keluar sendiri atau force close.
  • Jaringan Internet lambat juga bisa menyebabkan aplikasi keluar sendiri.
  • Terlalu banyak menjalankan aplikasi dalam satu waktu juga menyebabkan aplikasi force close. Hal ini karena RAM terbebani dengan terlalu banyak aplikasi yang dibuka.
  • Android Overheat juga menjadi penyebab berkurangnya performa entah dari bagian baterai atau bagian prosesor. Hal ini biasanya juga menjadi alasan aplikasi keluar sendiri atau force close.
  • OS yang tidak terupdate secara berkala juga menyebabkan beberapa masalah seperti tidak dapat mengupadte aplikasi bahkan menginstall aplikasi.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Google Play Protect

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri Force Close

Clear Cache

Kapasitas cache yang menumpuk pada penyimpanan sementara dapat menyebabkan aplikasi mengalami masalah seperti aplikasi keluar sendiri atau force close. Untuk melakukan clear cache anda bisa menggunakan sistem penghapusan pada smartphone android anda atau dengan memanfaatkan aplikasi cleaner di playstore.

Delete Data Aplikasi

Jika delete cache blm berhasil, maka selanjutnya anda bisa delete dat aplikasi. Data yang terhapus nantinya berupa basis data, cache, history, dan data sementara lainnya. Setelah menghapus data aplikasi, lakukan restart dan cobalah untuk membuka aplikasi.

Delete data aplikasi dengan buka pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> pilih Aplikasi >> Penggunaan memori >> hapus data.

Update OS Android

Lakukan update os pada android anda yang bertujuan agar sistem dan aplikasi didalamnya lebih stabil saat digunakan. Cara ini juga dinilai dapat mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri atau force close.

Update OS dengan cara buka pengaturan >> pembaruan perangkat lunak >> lalu ikuti petunjuk hingga proses update sistem berhasil dilakukan.

Update APlikasi

Selain OS, aplikasi juga perlu diupdate. Pembaharuan aplikasi bertujuan agar bug dan error bisa hilang. Cara update aplikasi yaitu dengan buka Google Play Store lalu pilih aplikasi yang akan di update.

Install Ulang Aplikasi

Jika langkah diatas belum berhasil, coba untuk terlebih dahulu uninstall aplikasi dan install ulang. Caranya dengan terlebih dahulu copot pemasangan aplikasi lalu install lagi di google play store.

Baca Juga : Cara Mengatasi Download Pending Di Google Play Store

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Android . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares