Cara Mengatasi Windows Failed to Start di Windows 7, 8, dan 10 Paling Mudah | Pro.Co.Id

Informasi

Cara Mengatasi Windows Failed to Start di Windows 7, 8, dan 10 Paling Mudah

By

on

Ada beberapa jenis masalah yang sering terjadi pada saat proses booting komputer/laptop. Salah satunya komputer/laptop tidak bisa masuk ke menu Windows melainkan hanya berhenti pada layar hitam dengan tampilan notifikasi Windows Failed to Start. Ini merupakan sebuah error yang menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke Windows meskipun telah di restart dan proses boot hanya stuck dihalaman layar hitam tersebut. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan tentang Cara Mengatasi Windows Failed to Start di Windows 7, 8, dan 10.

Namun sebelum mengetahui cara mengatasi Failed to Start, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari munculnya masalah error Failed to Start.

Baca Juga : Cara Membuat Recovery drive windows 10

Apa Penyebab Windows Failed to Start?

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya masalah Windows Failed to Start, seperti adanya kerusakan pada sistem Windows, baik karena file corrupt atau kehilangan data. Atau akibat bug sistem, kesalahan atau gagal update, hingga kerusakan hardisk. Selain itu virus dan malware yang masuk ke komputer juga dapat menyebabkan file corrupt dan menyebabkan masalah Windows Failed to Start.

Untuk itu, berikut ini ketahui beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi Windows Failed to Start.

Cara Mengatasi Windows Failed to Start

1. Pilih Opsi Last Known Good Configuration (Advanced)

Pada jendela halaman yang error biasanya terdapat banyak pilihan opsi, salah satunya opsi Last Known Good Configuration (Advanced). Tahukah anda, bahwa Opsi Last Known Good Configuration (Advanced) ini berfungsi untuk mengembalikan kesalahan pengaturan pada saat sistem masih normal.

Karena Windows masih dalam keadaan booting, maka untuk memilih opsi Opsi Last Known Good Configuration (Advanced) bisa dilakukan dengan menggunakan tanda panah di keyboard lalu tekan enter.

Baca Juga : Cara Mengatasi Your Computer Is Low On Memory 

2. Gunakan Startup Repair

Cara selanjutnya untuk mengatasi Windows Failed to Start yaitu dengan menggunakan Startup Repair. Proses ini membutuhkan DVD instalasi Windows yang sesuai sistem operasi yang anda gunakan. Berikut ini cara mengatasi Windows Failed to Start menggunakan Startup Repair.

  • Langkah pertama, ubah boot pada BIOS menjadi CD/DVD
  • Lalu masukkan DVD instalasi Windows dan hidupkan komputer/laptop
  • Setelah itu akan muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD… dan tekan Enter
  • Selanjutnya pilih bahasa English dan klik Next
  • Setelah itu klik Repair your computer untuk melakukan perbaikan Windows failed to start
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot
  • Lalu pilih opsi Advanced Options untuk menampilkan opsi-opsi selanjutnya
  • Setelah itu klik Automatic Repair untuk mulai proses perbaikan otomatis menggunakan DVD instalasi.
  • Tunggu hingga proses selesai dan selanjutnya restart komputer/laptop anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f di Windows

3. Menggunakan System Restore

System Restore merupakan fitur yang berfungsi untuk mengembalikan keadaan data pada waktu sebelumnya. Begitu juga untuk mengembalikan sistem yang bermasalah dengan munculnya notifikasi Windows Failed to Start. Berikut caranya:

  • Hidupkan kembali komputer/laptop, lalu pada saat Windows Boot tekan tombol F7 dan F8 berulang-ulang.
  • Lalu pilih opsi Repair your Computer.
  • Selanjutnya pilih opsi System Restore.
  • Lalu langkah terakhir kembalikan keadaan sistem di daftar Restore point yang tersedia.

Untuk menjalankan proses System Restore pada setiap Windows berbeda-beda tergantung versi Windows yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca di artikel tentang :

4. Install Ulang Windows

Jika dengan beberapa cara diatas belum bisa mengatasi masalah Windows Failed to Start, maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan install ulang windows. Berikut ini Cara Install Ulang Windows 7, 8, 8.1, 10, dan Xp.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Windows Failed to Start di Windows 7, 8, dan 10. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login