Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows Paling Mudah | Pro.Co.Id

Informasi

Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows Paling Mudah

By

on

Sebelum komputer/laptop siap digunakan, pada saat baru dinyalakan komputer/laptop akan melewati beberapa propses yang dikenal dengan Booting. Proses Booting meliputi layar BIOS, Boot Screen, layar startup, selanjutnya masuk ke desktop Windows dan siap digunakan. Namun kadang ada beberapa masalah tertentu yang menyebabkan proses booting gagal. Salah satunya muncul pesan error BOOTMGR is Missing, yang akan dibahas dibawah ini.

BOOTMGR merupakan singkatan dari Boot Manager yang termasuk sistem file yang bertanggung jawab terhadap boot dari Windows, baik pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8, hingga pada Windows 10. BOOTMGR berhubungan dengan proses booting saat komputer/laptop sedang loading untuk masuk ke tampilan utama sistem operasi.

Muncul pesan error BOOTMGR is Missing pada saat proses booting terjadi karena sistem tidak menemukan file BOOTMGR yang dibutuhkan. Kemungkinan masalah ini terjadi karena adanya masalah pada sistem software bahkan pada komponen Hardware. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows.

Baca Juga : Cara Membuat Blog / Website di WordPress

Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows

Ada beberapa jenis error yang biasanya muncul terkait file BOOTMGR, seperti BOOTMGR is missing Press Ctrl + ALT + Del to restart, BOOTMGR is missing Press any key to restart dan Couldn’t find BOOTMGR. Berikut beberapa cara mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows, antara lain:

1. Restart Komputer/Laptop

Sebelum melakukan cara yang rumit, cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows yaitu dengan merestart komputer/laptop. Karena kadang error BOOTMGR is Missing terjadi karena adanya kesalahan baca (false read) oleh sistem, atau bad sector ringan. Melalui proses restart, biasanya sistem akan di reset dan melakukan booting ulang.

2. Cek Pengaturan Boot Order

Boot Order adalah pengaturan prioritas hardware penyimpanan untuk menentukan mana yang akan diakses sebagai prioritas saat komputer dinyalakan. Berikut ini cara setting melalui BIOS, antara lain:

  • Nyalakan komputer/laptop anda, lalu pada saat muncul layar BIOS tekan tombol F1, DEL, atau F12
  • Tunggu beberapa saat hingga masuk ke BIOS
  • Lalu cari pengaturan BOOT dilayar BIOS
  • Selanjutnya atur hardisk yang dipilih sebagai prioritas utama
  • Setelah selesai, coba restart komputer/laptop.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Akun iCloud Apple Lupa Password

3. Repair Windows

Saat sistem Windows error, baik karena virus, corrupt atau karena update gagal biasanya bisa diatasi dengan melakukan proses repair windows. Berikut ini cara repair windows untuk mengatasi

  • Hidupkan komputer/laptop dan masuk ke BIOS
  • Lalu masukkan DVD instalasi Windows dan atur DVD Drive menjadi prioritas boot pertama
  • Lalu simpan pengaturan BIOS dan restart
  • Klik Repair Your Computer
  • Lalu klik Cancel dan buka opsi Command Prompt (CMD)
  • Selanjutnya ketik “F:“ (sesuaikan F: dengan DVD Drive), lalu tekan Enter
  • Lalu ketikkan “copy bootmgr c:“, lalu tekan Enter.
  • Jika sudah, restart komputer.

Cara diatas digunakan untuk mengganti file boot manager yang rusak dengan yang baru.

4. Install Ulang Windows

Jika dengan beberapa cara diatas belum bisa mengatasi masalah BOOTMGR is Missing, maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan install ulang windows. Berikut ini Cara Install Ulang Windows 7, 8, 8.1, 10, dan Xp

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login