Informasi

Cara Membuat Recovery drive windows 10 di USB Flashdisk MUDAH Anti Ribet

By

on

Seperti yang diketahui, Windows 10 merupakan sistem operasi terakhir besutan windows yang rilis pada 2015 dengan memberikan berbagai fitur canggih dan handal serta tampilan interface yang menarik. Meskipun memiliki fitur canggih dan handal, tidak dipungkiri OS Windows 10 juga kerap mengalami error atau kerusakan yang menyebabkan komputer/laptop menjadi hang, baik karena infeksi virus maupun penyebab lainnya. Jika sudah demikian, maka cara paling jitu untuk mengatasi masalah pada windows adalah dengan melakukan pemulihan melalui Recovery OS. Recovery atau Backup merupakan senjata paling jitu untuk menormalkan sistem operasi yang bermasalah. Namun sebelum melakukan pemulihan tersebut, terlebih dahulu kita buat Recovery Drive (Recovery Media) Windows dengan USB Flashdisk.

Dengan membuat Recovery Drive, maka ketika nantinya windows mengalami kerusakan hingga menyebabkan Windows gagal booting dapat dilakukan perbaikan menggunakan Recovery Drive yang sebelumnya telah anda buat. Bahkan dengan Recovery Drive tersebut kita dapat melakukan restore Windows ke kondisi semula. Untuk itu, berikut ini akan kami berikan cara membuat Recovery Drive Windows 10 di USB Flashdisk.

Baca Juga : Cara Mengatasi Your Computer Is Low On Memory Di Windows

Cara Membuat Recovery Drive di USB Flashdisk

Untuk membuat Recovery Drive terlebih dahulu siapkan Flashdisk dengan kapasitas yang cukup besar, minimal 8GB lalu tancapkan USB ke komputer/laptop. Recovery Drive sangatlah sederhana karena hanya menggunakan aplikasi bawaan dari Windows 10 yaitu Recovery Media Creator. Untuk lebih jelasnya, simak langkah membuat Recovery Drive di USB dibawah ini:

Langkah pertama ketikkan Create a recovery drive di kolom Search, dan pilih “Create a recovery drive”.

Selanjutnya pada jendela Recovery Drive, beri centang pada Back up system files to the recovery drive, lalu klik NEXT untuk melanjutkan proses recovery drive.

Setelah itu tunggu hingga proses recovery drive selesai, lalu pasang USB flashdisk dan klik NEXT.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Notifikasi “Your Windows 7 PC is out of support” di Windows 7

Lalu pilih USB flash drive dan klik NEXT. Sebagai catatan seluruh file dalam Recovery Drive tersebut akan terhapus

Selanjutnya klik Create untuk mulai membuat Recovery Drive Windows 10 di USB Flashdisk.

Setelah itu sistem akan mulai berjalan untuk membuat drive pemulihan dan biasanya akan berjalan beberapa menit.

Lalu klik FINISH ketika proses pemulihan selesai.

Setelah melakukan proses Recovery Drive diatas maka anda telah mempunyai Recovery Windows 10 yang dapat anda gunakan sewaktu-waktu ketika Windows 10 mengalami masalah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Code 0xc000000f Pada Windows

Cara Melakukan Pemulihan (Recovery)

Setelah anda memiliki Recovery Drive, maka ketika Windows 10 mengalami error atau hang maka dapat diperbaiki dengan menggunakan Recovery Drive yang sebelumnya telah anda buat. Untuk itu berikut ini akan kami jelaskan cara pemulihan menggunakan Recovery Drive.

Langkah pertama masukkan USB yang berisi data Recovery drive pada komputer/laptop anda, lalu tekan Esc selama proses Booting berjalan. Lalu akan muncul Boot Device seperti dibawah ini.

Setelah itu, pilih bahasa yang ingin anda gunakan sewaktu proses pemulihan.

Lalu pilih tata letak Keyboard Layout

Pilih Troubleshoot

Lalu pilih menu Recover from a drive

Selanjutnya pilih metode yang anda gunakan berdasarkan kebutuhan anda.

Lalu klik Recover untuk mengakhiri proses Recovery

Selanjutnya tinggal tunggu beberapa saat untuk menyelesaikan proses recovery data. Lalu di halaman pengaturan akan muncul notifikasi pemulihan selesai.

Setelah proses pemulihan selesai, maka selanjutnya restart komputer/laptop terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membuat Recovery drive windows 10 di USB Flashdisk. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login