fbpx

Android

Cara Flash Xiaomi Mi Note 10 Pro ROM Global Via MiFlash Tool

By

on

Cara Flash Xiaomi Mi Note 10 Pro – Flashing adalah proses yang dilakukan pada smartphone ketika tidak bisa berjalan sesuai dengan semestinya, seperti perangkat smartphone Redmi mati total atau ponsel bootloop. Untuk itu, kita akan berikan ulasan tentang Cara Flash Xiaomi Mi Note 10 Pro via MiFlash Tool lengkap dengan link untuk download ROM dan peralatannya.

Awal tahun ini, Xiaomi memperkenalkan ponsel terbarunya di Indonesia yaitu Mi Note 10 Pro. Mi Note 10 Pro adalah ponsel pertama yang memiliki kamera utama 108 megapiksel, sekaligus mengusung konfigurasi lima kamera belakang. Mi Note 10 Pro menggunakan panel Super AMOLED dengan diagonal 6,47 inci (2.340 x 1.080 piksel, Gorilla Glass 5). Mi Note 10 Pro diperkuat chip Snapdragon 730G, RAM 8 GB, memori internal 256 GB, sertta baterai 5.260 mAh dengan dukungan fast charging 30 watt. Meski terbilang baru, Mi Note 10 Pro masih akan menjalankan sistem operasi Android 9 Pie berlapis antarmuka MIUI 11 terbaru.

Baca JugaCara Flash Xiaomi Redmi 8A

Meskipun memiliki spesifikasi yang mumpuni, perangkat smartphone yang digunakan setiap saat pasti akan memicu timbulnya beberapa masalah pada sistem sehingga membutuhkan perbaikan, salah satunya dengan melakukan install ulang perangkat atau flashing pada Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro. Flashing Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro dapat memperbaiki berbagai masalah seperti Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro bootloop, Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro lupa kata sandi, Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro restart sendiri, Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro hank atau Xiaomi Redmi Mi Note 10 Pro mati total, matot alias hardbrick. Selain untuk memperbaiki berbagai masalah, proses flashing juga digunakan untuk mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM/Firmware aslinya.

Sebenarnya proses flashing yang dilakukan pada smartphone Xiaomi redmi Mi Note 10 Pro hampir sama dengan tipe perangkat Xiaomi lainnya. Hanya saja ada beberapa syarat yang perlu dilakukan saat ingin melakukan flash pada Xiaomi redmi Mi Note 10 Pro.

Baca Juga : Cara Flash Xiaomi Redmi Note 7

CARA FLASH XIAOMI REDMI 8A

Sebelum melakukan flashing Xiaomi Redmi 8A, siapkan terlebih dahulu bahan–bahan berikut:

  • Download Stock ROM Global MIUI Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Download USB Driver Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Download Mi Flash Tool
  • Terlebih dahulu Unlock Bootloader Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Siapkan kabel USB ori atau bawaan smartphone Mi Note 10 Pro
  • Pastikan baterai minimal 60% dan lebih disarankan full charge.

Catatan : Sebelum melakukan Flash sebaiknya, buat cadangan file dan data karena pada proses flashing ini akan menghilangkan seluruh file dan data secara otomatis. Selain itu, pilih Stock ROM yang ditujukan untuk Xiaomi Redmi 8A versi Global agar terdapat Bahasa Indonesia.

Baca Juga : Cara Flash Samsung Galaxy J4 Via Odin

CARA FLASH XIAOMI REDMI 8A VIA MIFLASH TOOL

Sebelum melakukan flashing, sebaiknya pastikan Xiaomi Redmi 8A sudah terbuka dari bootloader atau unbootloader. Jika sudah, selanjutnya ikuti langkah flashing Xiaomi Redmi 8A seperti dibawah ini.

Selanjutnya install driver Xiaomi Redmi 8A dan Mi Flash Tool yang sebelumnya telah di download.

Lalu, ekstrak file Stock ROM Redmi 8A ke dalam PC/Laptop pada folder baru.

Setelah itu, buka Mi Flash Tool, lalu pilih folder hasil kstrak ROM dengan cara klik tombol “select” yang berada di bagian kiri aplikasi Mi Flash Tool.

Selanjutnya dibagian kanan bawah pada aplikasi Mi Flash Tool klik menu Dropdown, dan akan ada beberapa pilihan tipe flash, seperti:

  • “flash_all” jika ingin proses flash yang clean, atau semua data dan memori internal akan terhapus.
  • “flash_all_except_data_storage jika ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal.
  • “flash_all_lock” jika ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali.

Pilih salah satu, namun direkomendasikan pilih flash_all, agar Redmi 8A kembali bersih seperti waktu pertama kali beli.

Selanjutnya, matikan Xiaomi Redmi 8A dan masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power) sampai logo fastboot Xiaomi muncul. Jika sudah muncul, maka segera lepaskan tombol tadi.

Kemudian koneksikan ponsel ke PC.

Selanjutnya pada aplikasi Mi Flash Tool, klik tombol “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel Xiaomi Redmi Note 7 yang telah terhubung ke PC/Laptop.

Setelah ponsel terdeteksi, selanjutnya klik tombol “Flash” untuk mulai proses flashing. Proses flashing bisa berjalan dari 3 – 15 Menit, tergantung besaran ROM yang di gunakan.

Jika proses flashing selesai, maka smartphone akan Reboot dengan sendirinya.

Biasanya booting pertama akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Cara Flash Samsung Galaxy Note 9  

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Flash Xiaomi Redmi 8A . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login