Informasi

7 Cara Mengatasi WhatsApp “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”, Dengan Mudah!

By

on

7 Cara Mengatasi WhatsApp “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”, Dengan Mudah! – WhatsApp merupakan aplikasi instant messaging android yang paling populer digunakan banyak orang. Dengan menggunakan WhatsApp, kalian dapat berkomunikasi dengan teman, saudara, pacar atau yang lainnya dengan chat ataupun melalui panggilan suara atau panggilan video.

Seiring berjalannya waktu, ternyata ada kendala tentang aplikasi whatsapp meskipun itu jarang terjadi. Aplikasi whatsapp yang dimiliki sering muncul pop up pesan error bertuliskan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” atau “Unfortunately, WhatsApp Has Been Stopped”. Maka setelah itu aplikasi whatsapp akan force close atau keluar sendiri secara tiba-tiba.

Penyebab utama whatsapp error yaitu karena penumpukan sampah atau cache pada memori internal dan ekternal yang berlebihan dan secara tidak langsung membuat aplikasi WhatsApp berat dan lemot yang akhirnya WhatsApp muncul pesan error.

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error

1. Hapus File Cache WhatsApp

Saat menjalankan aplikasi, tentunya akan menghasilkan file cache, temporary, history, atau file sampah. Jika file sampah tersebut tidak dihapus akan tertimbun terus menerus di memori internal dan aplikasi akan sering error, lemot dan berat saat dibuka. Cara menghapus cache yaitu buka menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari WhatsApp lalu tap Hapus Cache.

2. Paksa Berhenti Dan Hapus Data WhatsApp

Tujuan memaksa aplikasi whatsapp berhenti yaitu agar tidak berjalan pada latar dan menghapus data di dalamnya. Namun jika kalian melakukan hal ini, maka kalian akan log out dari aplikasi whatsapp. Cara melakukan hal ini yaitu tap Settings > Applications manager > All lalu tap Whatsapp whatsapp hingga masuk tampilan info aplikasi, kemudian tap Force Stop dan Clear Data.

3. Update Aplikasi WhatsApp

Dengan update aplikasi whatsapp maka akan menghilangkan bugs dan kerusakan yang terjadi. Whatsapp membutuhkan update selama seminggu sekali untuk memastikan keamanan, fitur terbaru serta pembaharuan dari whatsapp. Cara update aplikasi whatsapp yaitu buka Google Play Store, lalu cari aplikasi WhatsAp” kemudian tap Update dan Terima.

4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara diatas tidak berhasil maka sebaiknya kalian hapus saja aplikasi WhatsApp di smartphone kalian lalu kalian install kembali.

5. Matikan, Cabut Baterai, SIM, SD Card Android

Mematikan smartphone android kalian, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan beberapa saat, kemudian pasang dan nyalakan kembali android kalian. Nantinya aplikasi WhatsApp Android kalian bisa normal kembali.

6. Update Android OS

Dengan sistem operasi android terbaru, keaman dan fitur akan semakin baik untuk melakukan berbagai tasking termasik menggunakan dan mengirim pesan whatsapp.

7. Lakukan Factory Reset

Jika masih belum berhasil lakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan awal. Hal tersebut akan memperbaiki sistem yang telah rusak yang menyebabkan aplikasi whatsapp tidak bisa dibuka.

Itulah Informasi tentang “7 Cara Mengatasi WhatsApp “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”, Dengan Mudah!”  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

You must be logged in to post a comment Login

Shares