Informasi

4 Tips Cara Mengatasi “Ok Google” yang Tidak Berfungsi di Android, Sangat Mudah!

By

on

4 Tips Cara Mengatasi “Ok Google” yang Tidak Berfungsi di Android, Sangat Mudah! – Google sejak lama sudah mengembangkan asisten digital berbasis artificial intelligence (AI), yang kini dapat digunakan dengan mudah. Fitur Google Now, Google Assistant atau biasa disebut Ok Google tentu saja akan mempermudah aktivitas pencarian atau hal lain yang akan dilakukan, salah satunya yaitu mengirim pesan whatsapp tanpa menyentuh keyboard atau mengetiknya, dengan kata lain kita hanya mengucapkan apa yang akan kita kirim.

Lalu, bagaimana jika fitur tersebut eror? Berikut beberapa tips cara mengatasi Ok Google yang tidak berfungsi di Android.

Cara Mengatasi “Ok Google” yang Tidak Berfungsi di Android

Untuk mengetahui error yang terjadi pada fitur perintah ok google, maka kalian harus memperhatikan hardware dan software yang mendukungnya. Berikut selngkapnya:

1. Cek Fungsi Speaker/Mikrofon Smartphone

Karena aplikasi berbasis suara, maka pertama kalian harus mengecek fungsi hardware yang mendukung aplikasi Google Assistant yaitu speaker yang ada di smartphone android kalian. Sebab lubang speaker/mikrofon merupakan bagian rawan kotor akibat debu atau kotoran kecil lainnya. Untuk itu, coba bersihkan lubang speaker dengan hati-hati. Selanjutnya, tes kembali apakah speaker/mikrofon smartphone sudah bekerja dengan baik atau belum.

2. Periksa Kembali Pengaturan Bahasa

Coba cek kembali pengaturan bahasa yang kalian gunakan, karena bisa jadi hal inilah yang menyebabkan Google Assistant tidak menanggapi perintah suara kalian. Untuk mengatur bahasa, berikut cara lengkapnya:

  • Pertama buka Settings/Pengaturan, lalu masuk ke menu Google.
  • Pada tab Services pilih menu Search > Voice untuk pergi ke pengaturan suara.
  • Selanjutnya, pilih opsi Language. Pilih pengaturan bahasa utama dan bahasa cadangan yang kalian gunakan untuk mengakses Google Assistant.

3. Matikan S Voice atau Bixby pada Smartphone Samsung

Jika kalian pengguna smartphone Samsung, kemungkinan besar pengaturan Google Assistant terganggu karena aplikasi S Voice atau Bixby.

Untuk mengatasi Ok Google yang tidak berfungsi, opsi yang bisa kalian lakukan yaitu menonaktifkan salah satu di antaranya agar tidak terjadi crash. Kalian bisa disable S Voice atau Bixby dengan cara tahan ikon lalu pilih opsi Disable.

4. Reset Pengaturan Google Assistant

Jika cara diatas dirasa tidak berfungsi, maka kalian dapat mereset atau mengatur ulang pengaturan Google Assistant seperti semula di smartphone android kalian. Berikut ini cara mereset Google Assistant, yaitu:

  • Kembali ke menu Google pada Settings, lalu pergi ke opsi Search > Voice. Selanjutnya pilih opsi “Ok Google detection” atau Voice Match.
  • Kemudian, aktifkan toggle pada pilihan Say Ok Google any time, dan kalian akan dibawa ke pengaturan awal Google Assistant.
  • Ikuti langkah pengaturan seperti biasa, dengan menyebutkan perintah Ok Google dan Hey Google seperti pada perintah di layar. Dan kalian pun telah berhasil mereset Google Assistant di Smartphone Android kalian.

Itulah informasi dan tutorial”4 Tips Cara Mengatasi “Ok Google” yang Tidak Berfungsi di Android, Sangat Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

You must be logged in to post a comment Login

Shares