fbpx

Android

Tips Memilih HP Gaming Berkualitas untuk Para Gamers

By

on

Tips Memilih HP Gaming Berkualitas untuk Para Gamers – Saat memilih smartphone untuk gaming pastinya pengguna tidak boleh sembarangan memilih, karena tidak semua smartphone bisa digunakan untuk bermain game. Terdapat beberapa komponen khusus yang perlu diketahui ketika memilih HP gaming, untuk itu berikut ini akan diberikan beberapa Tips Memilih HP Gaming Berkualitas untuk Para Gamers.

Seiring dengan berkembangnya teknologi HP saat ini, membuat game juga turut ikut berkembang dari segi kualitas sehingga bisa bersaing dengan konsol. Bahkan saat ini juga banyak game konsol yang turut dikembangkan dalam versi mobile.

Game mobile memiliki kualitas yang bervariasi, mulai dari game ringan hingga game berat yang memiliki grafis realistis. Jika anda bermain game ringan maka bisa saja menggunakan HP dengan spesifikasi rendah, namun jika anda bermain game berat seperti Mobile Legends, PUBG dan lainnya, maka anda membutuhkan spesifikasi hardware lebih tinggi agar lebih maksimal dalam bermain game.

Untuk itu berikut ini beberapa Tips Memilih HP Gaming Berkualitas untuk Para Gamers, yang bisa dijadikan sebagai referensi anda dalam memilih HP untuk bermain Game.

Baca Juga : Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) HP Android 

Tips Memilih HP Gaming Berkualitas untuk Para Gamers

Prosesor yang Bagus

Tips pertama yang kudu diperhatikan saat memilih HP gaming adalah Prosesor. Karena prosesor akan bekerja memproses game mulai dari membuka aplikasi game hingga saat bermain game.

Jenis prosesor HP berbeda dengan prosesor PC, karena pada prosesor HP terdapat CPU dan GPU.

Saat ini jenis prosesor terbaik untuk bermain Game seperti Qualcomm Snapdragon seri 8, Kirin seri 9, ataupun Exynos seri 9. Tipe prosesor ini umumnya digunakan dalam HP flagship.

Dengan menggunakan prosesor yang bagus dan mumpuni seperti beberapa jenis diatas akan membuat.

Chipset

Selain prosesor, komponen penunjang yang diperlukan untuk dapat bermain game lancar adalah chipset. Chipset menjadi komponen penting yang bekerja meningkatkan performa smartphone. Tanpa adanya chipset yang mumpuni akan membuat ponsel menjadi lebih cepat panas dan akan terasa berat untuk bermain game.

Untuk itu, pilih HP gaming dengan chipset yang mumpuni dan bisa diandalkan. Salah satu jenis chipset yang sering digunakan untuk HP Gaming seperti produk dari Qualcomm lini Snapdragon seri 800 serta Mediatek seri Helio X.

Sedangkan chipset Snapdragon 845 bisa ditemukan pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus versi global.

Baca Juga : Emulator Android Ringan

Pengolah Grafis

Pengolah grafis berguna agar smartphone mengeluarkan gambar kualitas terbaik saat bermain game sehingga pengalaman gaming akan lebih baik dan lebih seru. Untuk menghasilkan gambar terbaik saat bermain game, dibutuhkan graphic processing unit (GPU) mumpuni.

Salah satu pengolah grafis mumpuni yang bisa membuat tampilan gaming lebih berkualitas adalah Adreno 630, biasanya sudah terpasang dengan chipset.

RAM

Salah satu komponen paling penting saat memilih HP gaming adalah pemilihan RAM (Random Acces Memori). Karena semakin besar Spesifikasi RAM maka akan semakin halus ketika melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking.

Dengan spesifikasi RAM yang besar makan bermain game akan lebih kompleks dan bisa dijalancan secara lancar.

Memori

Selain RAM, memori juga memiliki pengaruh yang besar pada saat bermain game. Karena kebanyakan game online berkualitas memiliki kapasitas yang besar bahkan banyak menghabiskan kapasitas penyimpanan memori yang besar.

Karena alasan itulah agar lebih nyaman sebaiknya gunakan smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar serta memori eksternal tambahan.

Baterai

Tips selanjutnya untuk memilih HP gaming yaitu kapasitas baterai. Agar semakin nyaman saat bermain game, gunakan baterai dengan kapasitas besar. Saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat memilih HP gaming. Biasanya ukuran baterai dihitung dalam satuan miliampere hour (mAh).

Baca Juga : Aplikasi Tombol Power Android Terbaik

Resolusi Layar
Saat bermain game, akan lebih nyaman dengan tampilan yang sempurna dan nayman. Karena itu memmerlukan resolusi layar yang mumpuni. Semakin besar resolusi layar yang dimiliki maka akan semakin sempurna saat bermain game.

Dengan resolusi gambar yang mendekati full high definition (Full HD) atau 1080p, serta 4K akan memberikan tampilan layar yang semakin sempurna.

Pendingin

Tidak hanya pada komputer atau laptop saja, pendingin juga dapat dimanfaatkan oleh smartphone. Saat ini banyak ponsel yang telah menyematkan fitur pendingin seperti pada Xiaomi Black Shark, Razer Phone, hingga Asus ROG Phone. Fitur pendingin ini bermanfaat penting agar ponsel tidak terlalu cepat panas atau overheat saat bermain game.

Baca Juga : Aplikasi Pengganti Tombol Home, Back dan Recent Android

Itulah informasi yang diberikan tentang Tips Memilih HP Gaming Berkualitas untuk Para Gamers. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat dijadikan sumber literatur pembelajaran bagi anda.

You must be logged in to post a comment Login

Shares