fbpx

Android

Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi / Tidak Muncul MUDAH

By

on

Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi – Penting untuk diperhatikan ketika Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi atau tidak muncul saat ada pemberitahuan panggilan atau pesan masuk di smartphone kita. Dengan adanya bunyi notifikasi kita akan tahu siapa saja yang sedang menghubungi kita melalui panggilan telepon, SMS, Chatting, atau Video Call. Sedangkan ketika nada notifikasi tidak muncul maka kita akan sedikit kerepotan karena kita harus selalu standbye dengan selalu mengecek HP untuk mengetahui siapa yang menghubungi kita. Untuk itu, cari tau tentang Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi / Tidak Muncul disini.

Nada Notifikasi dapat membuat kita lebih mudah di saat teman atau keluarga kita sedang menghubungi kita, entah itu melalui panggilan telepon, SMS, Chatting, atau Video Call. Penyebab Notifikasi tidak muncul bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti karena izin pemberitahuan telah di non-aktifkan atau belum di aktifkan, file cache yang menumpuk dan membuat aplikasi terjadi error, kerusakan pada aplikasi, kerusakan pada sistem ColorOS.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Lampu LED Notifikasi di HP Oppo

Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi / Tidak Muncul

Terdapat beberapa cara agar Notifikasi pada OPPO bisa normal dan bisa muncul seperti biasanya. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara dan solusi ini dapat diterapkan pada semua tipe OPPO, baik itu OPPO A37, OPPO A59, OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, dan perangkat OPPO lainnya.

1. Delete Cache Aplikasi

Cara paling sederhana untuk Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi yaitu dengan membersihkan file cache pada aplikasi yang tidak memunculkan notifikasi. Seperti misalnya, LINE tidak memunculkan notifikasi, maka anda bisa coba membersihkan cache pada aplikasi LINE. Cara ini berlaku untuk semua aplikasi yang terinstall di android anda. Atau untuk lebih cepatnya, anda bisa gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file cache lebih cepat dan lebih maksimal.

Sedangkan untuk membersihkan cache lewat pengaturan, anda bisa lakukan cara dibawah ini.

Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari “Nama Aplikasi” misal “LINE” >> Kemudian tap “Hapus Cache”.

Baca Juga : Cara Download Video Line Tanpa Aplikasi Tambahan

2. Izinkan Pemberitahuan Aplikasi

Cara selanjutnya anda bisa lakukan cek izin notifikasi pemberitahuan OPPO. Pastikan aktifkan izin notifikasi pada semua aplikasi penting seperti aplikasi LINE, Facebook, WhatsApp, BBM, Instagram, dan lainnya. Berikut cara mengaktifkan izin pemberitahuan aplikasi.

Buka menu Pengaturan >> Pemberitahuan dan Bilah Status >> Kelola Pemberitahuan >> Pilih “NAMA APLIKASI” misal “WhatsApp” >> Aktifkan “Izinkan Pemberitahuan”.

3. Aktifkan Pemberitahuan Prioritas

Pemberitahuan Prioritas berfungsi saat kamu mengaktifkan mode jangan ganggu, yang artinya untuk mengaktifkan pemberitahuan jika anda dalam keadaan sibuk atau tidak mau diganggu dengan deringan smartphone Android. Untuk itu berikut cara mengatifkannya.

Buka menu Pengaturan >> Pemberitahuan dan Bilah Status >> Kelola Pemberitahuan >> Pilih NAMA APLIKASI >> Aktifkan Pemberitahuan Prioritas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

4. Aktifkan Suara dan Getaran Pemberitahuan

Selanjutnya aktifkan juga Suara dan getaran pada pemberitahuan agar bisa berbunyi dan bisa bergetar. Pastikan suara dan getaran pada notifikasi dalam keadaan aktif. Berikut ini cara mengaktifkan suara dan getaran pemberitahuan.

Buka menu Pengaturan >> Pemberitahuan dan Bilah Status >> Kelola Pemberitahuan >> Pilih NAMA APLIKASI >> Aktifkan “Suara dan Getaran Pemberitahuan”.

5. Aktifkan Pemberitahuan Pada Aplikasi Tertentu

Cara selanjutnya untuk mengatasi notifikasi tidak bunyi pada HP Oppo bisa dengan aktifkan pemberitahuan pada aplikasi tertentu. Seperti jika notifikasi WhatsApp tidak bunyi, maka anda anda bisa aktifkan pemberitahuan pada WhatsApp. Berikut ini cara aktifkan pemberitahuan pada aplikasi tertentu dibawah ini.

Buka Aplikasi WhatsApp>> Pengaturan >> Pemberitahuan >> Aktifkan atau Centang “Pemberitahuan”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi LINE Tidak Bunyi

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi / Tidak Muncul  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares