fbpx

Android

Cara Embed / Memasukan Video dari Google Drive ke Blog & Situs Website MUDAH

By

on

Cara Embed / Memasukan Video dari Google Drive ke Blog & SitusCara Embed Video dari Google Drive ke Blog – Belum banyak orang yang mengetahui cara embed atau memasukkan video ke situs website melalui google Drive. Kebanyakan orang menggunakan cara dengan memasukkan video yang di upload di Youtube lalu disematkan ke website. Padahal kita bisa menggunakan Google Drive, karena kecepatan streamingnya juga sama hebatnya dengan Youtube.

Saat ini yang paling populer untuk memasukkan video ke situs web yaitu dengan mengupload video ke Youtube terlebih dahulu, baru setelah itu di embed ke blog. Namun ada satu cara lagi yang bisa dicoba, dan ini sangat cocok untuk anda yang ingin terkesan eksklusif karena tidak ada watermark Youtube di video. Yaitu dengan cara menggunakan Google Drive.

Google drive adalah layanan cloud storage milik google yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Layanan google drive ini merupakan ekstensi dari google docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB.

Google drive memiliki fitur untuk sinkronasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau yang biasa dikenal dengan Desktop Sync Clients. Dengan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan fitur-fitur terintegrasi dengan layanan google lainnya seperti gmail, g+, dan google search. Saat ini Google drive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan foto, cerita, desain, rekaman, maupun video.

Baca Juga : Cara Membuat Webview Tanpa Menggunakan Coding

Cara Embed / Memasukan Video dari Google Drive ke Blog & Situs Website

Simak tutorial dibawah ini untuk cara Embed Video dari Google Drive ke Blog / Situs.

1. Cara pertama yaitu dengan mengambil kode embed video dari google drive, caranya masuk ke google drive. Lalu pada berada di halaman depan dari situs website google drive, lalu klik “Go to Google Drive” atau “Kunjungi Google Drive”.

2. Setelah itu klik tombol Baru, lalu akan ada beberapa pilihan. Pilih buat Folder lalu klik unggah file atau upload file.

3. Selanjutnya pilih file video yang ingin di unggah. Lalu tunggu hingga proses upload selesai, lama atau tidaknya tergantung ukuran file dan kecepatan internet anda.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kualitas Audio di Spotify

4. Setelah itu double klik pada video yang anda unggah / upload. Selanjutnya yaitu klik tombol Bagikan yang sudah saya beri tanda merah pada gambar dibawah.

5. Setelah itu klik tombol “Lanjutan” seperti gambar dibawah.

6. Selanjutnya klik “ubah” pengaturan menjadi “publik”, lalu centang dua-duanya, dan copy kode embed videonya yang paling atas.

7. Setelah proses diatas selesai. Selanjutnya login ke situs website anda, lalu masuk menu html saat anda membuat artikel dan masukan kode yang anda copy sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mengubah Video Menjadi MP3

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Embed / Memasukan Video dari Google Drive ke Blog & Situs Website . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares