fbpx

Android

Pengertian Google Drive, Fungsi dan Manfaat Menggunakan Google Drive Yang Perlu di Ketahui

By

on

Pengertian, Fungsi dan Fitur Google Drive – Sering kita mendengar istilah Google Drive atau bahkan menemukan aplikasi Google Drive di perangkat smartphone, namun kita justru tidak mengetahui tentang apa itu Google Drive dan fungsi didalamnya. Karena itulah, kali ini kita akan bahas tuntas mengenai Pengertian Google Drive, Fungsi dan manfaat Google Drive.

Dilihat dari namanya, pasti sudah bisa ditebak jika Google Drive merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google. Google Drive merupakan layanan yang bisa diakses dari WEB atau Komputer, dan saat ini Google Drive juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di Smartphone. Untuk anda yang belum mengetahui apa itu Google Drive, fungsi dan fitur-fiturnya, simak penjelasan tentang Google Drive lengkap berikut ini.

Baca Juga : Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp di Google Drive

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google untuk menyimpan file atau dokumen yang bisa dinikmati secara gratis maupun berbayar, bergantung pada jumlah kapasitas memori dari dokumen yang disimpan.

Google Drive sendiri menyediakan kapasitas memori yang bisa dinikmati secara gratis sebesar 5 GB. Dan anda masih tetap bisa menambahkan dokumen yang ingin disimpan di Google Drive dengan menggunakan layanan berbayar.

Wikipedia mengungkapkan jika, Google Drive adalah layanan penyimpanan dalam jaringan (daring/online) kepunyaan Google yang telah diluncurkan sejak 24 April 2012.

Sedangkan Google Drive yang anda lihat saat ini merupakan hasil perubahan dari fitur Google sebelumnya yaitu Google Docs. Dari penjelasan tersebut disimpulkan bahwa setiap URL yang tadinya digunakan untuk mengakses Google Docs, akan dialihkan secara langsung ke menu atau fitur Goole Drive. Artinya bahwa URL docs.google.com akan digantikan dengan URL drive.google.com setelah diaktifkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Drive

Manfaat dan Fungsi Google Drive

Saat ini Google Drive memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi google drive, antara lain:

1. Menyimpan Data

Fungsi paling menonjol dari Google Drive yaitu untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dengan terhubung pada koneksi internet. Data yang disimpan pada google drive adalah data yang dibuat melalui menu google drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain diluar google drive.

Google drive bisa diakses melalui drive.google.com, dengan menyediakan 5GB kapasitas secara gratis dan bisa diperbesar kapasitasnya dengan membayar sekitar 2,5 USD perbulannya.

2. Membuat dan mengedit dokumen

Google drive juga bisa digunakan untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja.

3. Mengakses fitur google lainnya

Google drive juga menyediakan beberapa link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya. Dengan demikian Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.

Baca Juga : Cara Menyimpan File Di Google Drive Android

4. File Bisa Diakses Dimana Saja

File atau dokumen yang disimpan pada Google drive bisa anda akses dimana saja dengan menggunakan berbagai perangkat seperti telepon pintar, tablet, ataupun komputer.

5. Bisa Berbagi File dan Folder

File dan Folder pada Google drive juga bisa digunakan untuk berbagi file atau dokumen. Dengan begitu anda bisa lebih cepat mengundang orang lain untu melihat, mengunduh, serta berkolaborasi pada semua dokumen yang anda simpan di Google Drive.

6. Sinkronisasi Data dari Google Drive ke Komputer

Fungsi lainnya dari Google Drive yaitu mirip dengan fungsi DropBox, yaitu melakukan sinkronisasi data dari komputer, dengan begitu anda bisa membuat dan berbagi dokumen di Google Drive yang tadinya disimpan dalam komputer.

Baca Juga : Mengatasi Limit Download di Google DriveĀ 

7. Digunakan untuk Backup Data

Google Drive juga bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk melakukan backup data. Dengan kapasitas yang cukup besar bisa melakukan backup data data kita kedalam google drive, apalagi jika kita ingin melakukan backup data foto dari ponsel android kita bisa menggunakan google foto dan langsung kita backup semua foto foto yang ada di perangkat kita kedalam akun google drive milik kita.

Karena pada intinya Google Drive merupakan layanan yang disediakan untuk membantu dalam masalah penyimpanan data data dan file.

8. Google Drive Sebagai Hosting

Google Drive juga bisa dimanfaatkan sebagai hosting untuk blog atau situs web. Hosting adalah suatu memori penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan sekumpulan resource pembangun dan konten dari sebuah blog ataupun web.

Google Drive sebagai hosting contohnya pada saat membuat blog menggunakan platform gratisan dari google yaitu blogger, ketika kalian mengupload gambar, atau video, dan file file lainnya melalui blogger, file file dan dokumen tersebut akan tersimpan di google drive akun email milik kita.

Baca Juga : Cara Embed / Memasukan Video dari Google Drive ke Blog & Situs Website

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Embed / Memasukan Video dari Google Drive ke Blog & Situs Website . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares