fbpx

Android

Cegah Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Android ini Dari Ponsel Anda

By

on

Cegah Virus Joker, Hapus Aplikasi Android Ini – Bagi anda pengguna smartphone android, anda harus waspada dengan beberapa aplikasi android ini. Karena beberapa aplikasi ini diklaim dapat mengancam ponsel android dengan serangan program jahat. Serangan tersebut adalah virus atau malware jenis trojan bernama “Joker”.

Seorang periset keamanan CSIS Group menemukan virus atau malware trojan ini di puluhan aplikasi Android di toko resmi Google Play Store. “Sejauh ini kami menemukan keberadaan Joker di 24 aplikasi yang secara keseluruhan telah terpasang lebih dari 427.000 kali,” kata peneliti virus dari CSIS Group, Akesejs Kuprins, dalam sebuah posting di Medium.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus di Android

Apa itu Virus Joker ?

Virus joker adalah jenis virus yang bisa mencuri uang dengan cara berlangganan premium tanpa sepengetahuan korbannya. Program pada virus ini dapat menyimulasikan klik iklan, mengintip isi pesan teks di ponsel android, hingga bisa mencuri perangkat dan daftar kontak. Nama Joker sendiri berasal dari salah satu server pengendali (C&C) sang Malware.

Uniknya, virus joker hanya mengincar korban dari negara-negara tertentu. Secara keseluruhan ada sekitar 37 negara incaran dari virus Joker yang tersebar dari benua Amerika, Australia dan Asia, termasuk AS, Mesir, Perancis, Jerman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Malaysia, Singapura, serta Indonesia.

Hingga saat ini belum diketahui siapa dalang dibalik virus joker ini. Namun, jika dilihat dari kode Bot, komentar, komando dan server kontrol serta transkipnya ditulis dalam bahasa Mandarin.

Terkait dengan ditemukannya virus Joker ini, pihak Google dilaporkan telah menghapus 24 Aplikasi yang ditunggangi Virus Joker dari Google Play Store.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Bagi anda yang sempat memangsang atau masih menggunakan aplikasi tersebut, CSIS menghimbau agar pengguna segera menghapus Aplikasi-APlikasi yang dimaksud.

Daftar Aplikasi Yang di Hapus Oleh Google Play Store

  1. Beach Camera 4.2
  2. Mini Camera 1.0.2
  3. Certain Wallpaper 1.02
  4. Reward Clean 1.1.6
  5. Age Face 1.1.2
  6. Altar Message 1.5
  7. Soby Camera 1.0.1
  8. Declare Message 10.02
  9. Display Camera 1.02
  10. Rapid Face Scanner 10.02
  11. Leaf Face Scanner 1.0.3
  12. Board Picture editing 1.1.2
  13. Cute Camera 1.04
  14. Dazzle Wallpaper 1.0.1
  15. Spark Wallpaper 1.1.11
  16. Climate SMS 3.5
  17. Great VPN 2.0
  18. Humour Camera 1.1.5
  19.  Print Plant scan
  20. Advocate Wallpaper 1.1.9
  21. Ruddy SMS Mod
  22. Ignite Clean 7.3
  23. Antivirus Security – Security Scan, App Lock
  24. Collate Face Scanner

CSIS juga melaporkan bahwa virus ini menggunakan kode Java Minimal dan menghasilkan jejak terbatas, yang semuanya dengan harapan dapat menghindari perhatian yang tidak diinginkan.

“Malware Itu menerima kode dan perintah melalui HTTP, menjalankan kode melalui JavaScript-to-Java callback agar tak terdeteksi analisis statis,” ujarnya.

Selain itu, CSIS Security juga menghimbau agar pengguna Android dapat mewaspadai permintaan izin dari aplikasi apapun. “Perhatikan daftar izin apa saja yang diminta di aplikasi yang kalian instal,” jelasnya.

Baca Juga : Cara Mudah Hapus Virus Iklan di Android

Itulah informasi yang diberikan tentang Cegah Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Android ini Dari Ponsel Anda. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares