fbpx

Android

Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor pada Smartphone dengan Mudah

By

on

Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor pada Smartphone – Jenis baterai smartphone ada yang bisa dilepas dan ada juga yang tidak bisa di lepas atau disebut baterai tanam. Teknologi baterai tanam merupakan solusi bagi kebutuhan daya baterai yang besar untuk smartphone, karena baterai tanam memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding dengan baterai handphone yang bisa dilepas. Meskipun demikian, tidak selamanya baterai tanam tetap aman tanpa masalah. Salah satunya masalah baterai tanam bocor pada smartphone.

Baterai tanam yang bocor menyebabkan daya baterai sering cepat habis/boros dalam waktu cepat. Akibatnya pengguna banyak mengeluhkan baterai tanam pada ponsel yang menjadi drop atau bahkan bocor. Untuk itu, bagi anda yang mengalami masalah tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi baterai tanam bocor pada smartphone.

Baca Juga : Aplikasi Pendingin Baterai Hp

Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor pada Smartphone

Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai dapat dilakukan untuk memulihkan performa baterai ponsel yang mulai menurun. Berikut cara kalibrasi baterai smartphone:

  • Pastikan smartphone dalam kondisi baterai yang benar-benar habis total.
  • Lalu charge dalam kondisi ponsel mati hingga mencapai 100%.
  • Setelah itu, gunakan ponsel hingga kapasitas mendekati 0%.
  • Lakukan charge kembali dalam keadaan menyala hingga 100%.
  • Setelah itu gunakan kembali ponsel hingga baterai habis dan mati.
  • Terakhir, charge dalam kondisi ponsel mati hingga mencapai 100%.
  • Lalu hidupkan kembali ponsel anda.

Hindari Menggunakan Ponsel Saat di Charge

Menggunakan ponsel saat dicharge berdampak buruk pada peforma baterai ponsel, terutama pada baterai tanam. Karena itu, tunggu hingga baterai terisi 100% baru dilepaskan dari charger lalu bisa digunakan. Cara ini sangat ampuh untuk membantu memulihkan kinerja ponsel.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai iPhone 

Charge Baterai Sebelum Habis

Jangan biarkan ponsel kehabisan baterai hingga mati total kecuali untuk kepentingan kalibrasi. Sebaiknya charge sebelum kapasitas baterai mencapai 10%.

Jangan Isi Baterai Secara Berlebihan

Mengisi baterai berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan baterai dan baterai mengalami konsleting. Usahakan segera lepas charger saat ponsel sudah mencapai 100%.

Gunakan Charger Original

Charger original memberikan suplai arus sesuai yang dibutuhkan baterai. Karena itulah agar baterai tanam ponsel anda awet sebaiknya gunakan Charger original. Karena Charger palsu, memiliki efek berbahaya dan kemungkinan meledak saat pengecasan dan dalam penggunaan kodisi panjang lama-kelamaan dapat menyebabkan baterai drop atupun bocor.

Jangan Letakan Ponsel Sembarangan

Hindari meletakkan ponsel ditempat yang dapat mempengaruhi temperaturnya, seperti menaruh di atas TV,di atas kulkas, dashboard mobil atau tempat lainnya yang memungkinkan suhu baterai ponsel naik atau turun.

Baca Juga : Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone 

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor pada Smartphone. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login