Informasi

Cara Kalibrasi Baterai iPhone dan Melihat Cycle Count, Mudah!

By

on

Cara Kalibrasi Baterai iPhone dan Melihat Cycle Count, Mudah!  – Perangkat portabel dari Apple dibuat dengan baterai Lithium-ion yang terkadang membutuhkan kalibrasi. Kalibrasi baterai adalah proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi dapat membaca kapasitas baterai seperti seharusnya.

Nah, berikut ini cara kalibrasi baterai iPhone, selengkapnya:

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

1.  Pertama, gunakan iPhone seperti biasa, habiskan baterainya hingga perangkat mati secara otomatis.
2. Selanjutnya, diamkan iPhone dengan baterai yang kosong selama minimal 2 jam.  Ini dilakukan untuk memastikan semua listrik sudah berhenti, baterai dalam kondisi kosong dan dingin.
3. Setelah itu, hubungkan perangkat iPhone ke kabel data dan power adapter untuk mengisi baterai.
4. Perangkat iPhone akan menyala otomatis saat pengisian baterai. Usahakan untuk tidak menggunakan perangkat selama pengisian baterai hingga 1 jam setelah mencapai 100%.

Namun sayang, Apple tidak memiliki tampilan atau keterangan bahwa kalian berhasil melakukan kalibrasi baterai iPhone. Jika kalian sudah melakukan panduan kalibrasi baterai iPhone dan kalian masih merasa ada hal yang aneh di baterai iPhone tersebut, silakan bawa ke Apple Store atau Apple Authorized Service untuk dicek lebih lanjut.

Cara Melihat Cycle Count Baterai iPhone

Sebuah Cycle Count atau siklus pengisian baterai dihitung dari kondisi baterai habis (0%) hingga diisi ulang hingga penuh (100%). Contoh kasus lain yaitu mengisi baterai di perangkat iPhone dari kondisi 50% hingga 100%, lalu dicabut. Setelah itu digunakan lagi hingga 50% lalu disisi ulang kembali hingga 100%, itu artinya 1 Cycle Count telah dilakukan.

Apa pentingnya mengetahui Cycle Count? Baterai yang normal bisa mempertahankan Battery Health di atas 80% pada kondisi di bawah 500 Cycle Count. Jadi misalnya iPhone kalian masih di bawah 300 Cycle Count dan Battery Health yang tampil sudah 70%, berarti kondisi ini tidak normal.

BACA JUGA :  Cara Mengubah Tampilan Android Menjadi Seperti Macbook, Mudah!

Untuk dapat melihat cycle count baterai iphone di iOS, kalian harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bantuan komputer, contohnya seperti Coconut Battery. Caranya yaitu:

1. Pertama, install Coconut Battery di komputer Mac.
2. Selanjutnya, hubungkan perangkat iOS ke komputer tersebut.
3. Setelah itu, buka Coconut Battery dan masuk ke tab iOS Device. Pada bagian bawah ada informasi Cycle Count.

Itulah “Cara Kalibrasi Baterai iPhone dan Melihat Cycle Count, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares